BERBAGI

Sejumlah Pimpinan OPD dan Kepala Bagian melakukan Serah Terima Jabatan di hadapan Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu, Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si dan Sekretaris Daerah Yan Edward Guluda, SH, MH. Kamis (31/01/19), bertempat di Ruang Pogombo Kantor Bupati Poso. Setelah dilantik biasanya pejabat akan melakukan Serah Terima Jabatan (Sertijab), yaitu berupa penyerahan dokumen-dokumen penting serta aset-aset dari pejabat lama kepada pejabat yang baru.

Sertijab bukanlah merupakan suatu tradisi seusai acara pelantikan, melainkan menurut Wabup Samsuri, sertijab juga bertujuan untuk menertibkan administrasi serta aset-aset yang selama ini digunakan atau memfasilitasi kinerja dari seorang pejabat seperti kendaran dinas. “Tertib administrasi merupakan upaya saya bersama Bupati untuk mendisiplinkan para pejabat serta memberikan contoh bagi ASN lainnya agar tertib dalam menggunakan barang-barang yang menjadi milik daerah” ungkap Wabup Samsuri.

Baca Juga :  Pelantikan Pjs. Kades Tolambu

Pejabat yang melakukan sertijab antara lain seperti Jhon Yus Madoli yang menyerahkan jabatan lamanya sebagai Kadis Pendidikan kepada Victor Tumonggi, Mahmudin Jamal menyerahkan Kepala Badan Kesbangpol kepada Ari Pamungkas, Frits Sam Purnama kepada Andi Rifai untuk jabatan Kepala Dispora, Edwiyanto kepada Atmadjaya Mardjun untuk jabatan Kadis Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Selain itu juga untuk eselon III.a dilakukan serah terima jabatan Kepala Bagian Umum dari Darmanto kepada Johny Walukouw dan Kepala Bagian Organisasi Markarma Lasimpala kepada Rulya Alamrie yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris BKPSDM.

Menutup rangkaian acara sertijab, Bupati Darmin kembali menegaskan kepada para pimpinan tinggi pratama hasil uji kompetensi job fit itu, bahwa adanya pergeseran pejabat eselon II.b ini merupakan proses alamiah dalam pemerintahan karena selain untuk penyegaran dalam memantapkan kualitas kepemimpinan dalam OPD juga untuk mengembangkan kemampuan manajerial dan memperluas wawasan serta memperkaya pengalaman pejabat itu sendiri. “Sehingga diharapkan bagi mereka yang baru saja dilantik, mampuh mengemban semua tugas yang dibebankan secara profesional dan proporsional guna pencapaian tujuan yakni peningkatan kualitas pelayanan dan peningkatan kerja” ungkap Bupati Darmin.

Baca Juga :  Bupati Tinjau Langsung TPA dan Gudang Dolog

Bupati yang memiliki jejak karir berdinas di TNI-Angkatan Laut sejak tahun 1988 ini juga mengatakan di hadapan para pejabat eselon II.b dan III.a ini, bahwa ke depannya tantangan yang akan dihadapi oleh tiap-tiap OPD dalam membantu pencapaian visi misi Pemerintah Darmin-Samsuri cukup berat, sehingga dibutuhkan orang-orang yang bekerja luar biasa untuk menyelesaikan permasalahan secara luar biasa. “Untuk itu diperlukan kerjasama dan koordinasi yang baik bersama saya, Wabup dan Sekda serta yang perlu diingat bahwa jabatan merupakan kehormatan dan kepercayaan dari pimpinan yang harus diterima dengan rasa syukur. Oleh karenanya jabatan yang merupakan suatu kepercayaan dan amanah harus diemban dan dipertanggungjawabkan tidak hanya kepada manusia, tetapi juga di hadapan Tuhan Yang Maha Esa.” Tegas Bupati Darmin

Baca Juga :  Meningkatkan Sumber Daya ASN Dengan E-Kinerja

Seorang pemimpin harus mampu menjadi role model bagi bawahannya, harus mampu memberikan teladan serta mampu bersinergi dengan mengedepankan prinsip profesionalitas, akuntabilitas dan transparansi serta mampu menjadi katalisator bagi perubahan atau inovasi positif sehingga dapat meninggalkan legacy yang baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image