BERBAGI

Kedatangan Tim Project Maroso, yang terdiri dari Tony Shapiro – Phim (Antropologi dan etnografis), Hieu Tran & Phuong Nguyen (Videografer dan filmaker), bersama Sinta Penyami Storms (Seniman Tari dan Artistic Director Modero) diterima di Ruang Kerja Bupati Poso. Jum’at (24/01/19).

Maksud kedatangan tim ini adalah selain untuk melakukan kunjungan eksplorasi dan dokumentasi di Palu, pasca gempa dan tsunami serta untuk mengetahui lebih jauh lagi kebutuhan korban bencana yang nantinya video dokumenter ini akan ditayangkan di Philadelphia, PA, USA .Kunjungan ini juga bertujuan untuk mendokumentasikan kebudayaan Pamona dan mewawancara para pekerja seni untuk memulaikan kolaborasi antara Modero Dance, Pemerintah Daerah Kabupaten Poso dan seniman lokal yang nantinya diharapkan dapat berkerjasama mengangkat kebudayaan Kabupaten Poso di USA dan dunia Internasional.

Baca Juga :  PEMDA POSO SALURKAN BANTUAN KE SATU KELUARGA YANG LUMPUH LAYU

Kunjungan yang direncanakan dari tanggal 24 sampai 30 Januari 2019 ini, berkesempatan mewawancarai Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu, Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M. Si, Sekretaris Daerah Kabupaten Poso Yan Edward Guluda, SH, MH dan Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Poso Rudy Ricardo Rompas.

Memajukan wisata serta mempromosikan Kabupaten Poso di mata dunia memang menurut Bupati Darmin bukanlah hal yang mudah, oleh karenanya di setiap ada kesempatan Bupati Darmin bersama Wabup Samsuri selalu berupaya menerima dengan baik kedatangan para warga asing maupun tamu-tamu lokal lainnya yang berkunjung di Poso. “Karena kalau bukan kita yang melakukannya, siapa lagi? Dan kalau bukan sekarang, kapan lagi?” ungkapan Bupati Darmin yang sering dilontarkan ini juga rupanya telah menjalar hingga ke luar negeri terbukti di awal pertemuan, Sinta Penyami Storms yang telah lama berdomisili di luar negeri ini sempat meniru gaya bicara Bupati Darmin pada saat mengenalkan program ini kepada Pemerintah Daerah.

Baca Juga :  Pelantikan Rektor Unsimar Poso 2015-2019

Dalam pertemuan yang berlangsung selama 2 jam ini selain membahas tentang beberapa upaya-upaya Pemda dalam menangani korban pengungsi bencana alam yang terjadi pada beberapa waktu lalu di wilayah Palu dan sekitarnya, kedatangan tim yang berasal dari kota terbesar di negara bagian Pennsylvania Amerika Serikat ini juga ingin mengetahui tentang progres Kabupaten Poso sejak kepemerintahan Darmin-Samsuri.

Bupati Darmin bersama Wabup Samsuri secara kompak menjelaskan capaian hasil pembangunan sejak kepemimpinannya dimulai dari pembangunan serta perbaikan-perbaikan infrastruktur wajah kota hingga pada akses jalan yang mulai dibenahi untuk melancarkan roda pembangunan serta menciptakan situasi kondisi keamanan yang kondusif bagi masyarakat.

Di setiap kunjungan warga asing di Tana Poso, Bupati Darmin selalu mempromosikan Kabupaten Poso dengan potensi wisata yang juga tidak kalah menarik dengan daerah-daerah lainnya dimana Kabupaten Poso terkenal sebagai daerah 1000 megalit dan negeri 5 dimensi dengan 1450 patung-patung megalitikum tertua di dunia yang tersebar di dataran Tampo Lore.

Baca Juga :  Bupati Tinjau Langsung TPA dan Gudang Dolog

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image