BERBAGI

Setelah disambut dengan upacara pemasangan topi adat khas Tampo Bada, Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu disambut hangat oleh para Tetua-Tetua adat, Tokoh-tokoh masyarakat Tampo Bada di Lapangan Volly Desa Gintu, Sabtu 15 Desember 2018. Bupati Darmin yang memimpin rombongan bersama Tim Safari Natal Pemda Poso yang terdiri dari Sekretaris Daerah Kabupaten Poso Yan Edward Guluda, SH, MH dan Pimpinan OPD ini melakukan pelayanan safari natal dengan tuan rumah Gereja Beth Kadosh.

Sesuai dengan tema sentral natal di tahun ini “Yesus Kristus Hikmat Bagi Kita” (Bandingkan 1 Korintus 1 : 30) dalam sambutan Bupati Poso menyampaikan bahwa memiliki hikmat berarti pula memiliki kepekaan secara bijaksana dalam mencermati setiap persoalan terutama dalam menghadapi kontestasi politik. Selaku Kepala Daerah Bupati Darmin mengingatkan agar warga masyarakat memiliki kepekaan dan tetap mawas diri agar terhindar dari hal-hal yang dapat memecah persatuan dan kedamaian di Bumi Sintuwu Maroso.

Baca Juga :  Safari Ramadhan Di Lembah Lore

Perayaan safari natal di wilayah ini tergolong sederhana namun berlangsung dengan sangat khidmat dan dimpin oleh Pdt. Yohanes Parmin Wikarta dengan pesan natal yang disampaikan oleh Bupati Darmin agar masyarakat di wilayah Lore Selatan dan Barat ini dapat menghindari serta menjauhkan perilaku-perilaku konsumtif pemborosan hingga melakukan ekpresi perayaan natal yang berlebihan. Dalam kehidupan di tengah masyarakat luas, Bupati yang dilantik bersama Wabup Samsuri ini mengajak masyarakat juga untuk mengelola perbedaan yang ada sebagai titik pijak untuk membangun semangat dan mengembangkan pluralisme yakni kesediaan membangun komunikasi yang rasional dan aktif untuk saling memahami kesamaan dan perbedaan di Tampo Bada pada khususnya dan di Tana Poso pada umumnya.

Baca Juga :  Pembukaan Pameran Harganas di Poso

Salah satu tujuan perayaan safari natal ini adalah membangun sinergitas antara pemerintah dengan masyarakat di tiap-tiap kecamatan sebagai upaya pemerintah untuk lebih mendekatkan diri dan terjun langsung ke lapangan melihat kondisi masyarakat di seluruh pelosok wilayah Kabupaten Poso. Oleh karenanya Bupati Darmin selalu memboyong Pimpinan-Pimpinan OPD untuk selain menciptakan hubungan yang baik dengan masyarakat juga mengenal serta mengetahui kondisi yang menjadi kebutuhan utama masyarakat di masing-masing wilayah kecamatan.

“Menjaga keesaan sebagai gereja dalam gerakan oikumenis, tetapi juga menjaga kesatuan kita sebagai saudara yang tinggal di Tana Poso dan sebagai satu bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.” Ungkap Bupati Darmin. Karena nilai-nilai persatuan yang telah dijaga dan dibina selama ini oleh seluruh komponen di Kabupaten Poso menjadi pengikat yang semakin solid sehingga natal akan semakin mempererat ikatan persaudaraan sesama warga Tana Poso tanpa membeda-bedakan suku, agama, ras dan antar golongan.

Baca Juga :  Remaja Poso Ukir Prestasi Sebagai Duta Genre di Kancah Provinsi

Di akhir acara, masyarakat Lore Selatan dan Barat menghadiahkan Bupati Darmin sebuah anyaman tikar khas Tampo Bada sebagai bentuk kecintaan rakyat terhadap Pimpinannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image