BERBAGI

Rapat Evaluasi Penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tahun Anggaran 2018 bertempat di Ruang Mpogombo Kantor Bupati Poso Kamis 13 Desember 2018 dihadiri oleh seluruh Pimpinan OPD dan para Camat se-Kabupaten Poso, dipimpin langsung Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu. Sebelum memberikan arahan Bupati Darmin memberikan penghargaan kepada 6 OPD yang berhasil mencapai realisasi PAD 100% serta 3 kecamatan yang berhasil mencapai realisasi PBB-P2 100%.

6 OPD tersebut adalah Badan Kepegawaian & Pengembangan SDM dengan capaian 151,25%, Badan Keuangan dan Aset Daerah 127,78%, Dinas Kominfo dan Persandian 117,11%, Dinas Kesehatan 106,13%, Dinas Pertanian 104,90% dan Bappelitbangda 102,62% sedangkan 3 kecamatan yang mendapatkan penghargaan adalah Kecamatan Lage, Lore Timur dan Lore Barat dengan semua pencapaian 100%. Secara keseluruhan keberhasilan PAD di Kabupaten Poso telah meningkat 94% olehnya Bupati Darmin berterima kasih serta mengapresiasi kinerja OPD yang telah membantu untuk bekerja sama melakukan prestasi-prestasi serta pencapaian yang terbaik bagi pelayanan untuk daerah.

Baca Juga :  BUPATI POSO: SEMUA WILAYAH MENDAPAT PERHATIAN DAN PERLAKUAN YANG SAMA

Kebijakan keuangan daerah diarahkan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah sebagai sumber utama pendapatan daerah yang dapat dipergunakan oleh daerah dalam melaksanakan pemerintahan dan pembangunan daerah sesuai  dengan kebutuhannya guna memperkecil ketergantungan dalam mendapatkan dana dan pemerintah tingkat atas (subsidi). Usaha peningkatan pendapatan asli daerah dilihat dari perspektif yang Iebih luas tidak hanya ditinjau dan segi daerah masing-masing tetapi dalam kaitannya dengan kesatuan perekonomian Indonesia. Pendapatan asli daerah itu sendiri, dianggap sebagai alternatif untuk memperoleh tambahan dana yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan pengeluaran yang ditentukan oleh daerah sendiri khususnya keperluan rutin. Oleh karena itu peningkatan pendapatan tersebut merupakan hal yang dikehendaki pemerintah daerah.

Baca Juga :  Rakor Pemerintah Daerah Kabupaten Poso Dengan Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah

Kepemimpinan Darmin-Samsuri selalu memonitor perkembangan PAD Kabupaten Poso di tiap tahunnya sebagai bahan evaluasi dari setiap kinerja aparatur sipil negara di lingkup pemda Poso demi pertumbuhan dan perkembangan Kabupaten Poso. Karena pendapatan daerah bersumber dari hasil pajak daerah, hasil retribusi Daerah, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan, dan lain-lain pendapatan asli daerah yang sah, yang bertujuan untuk memberikan keleluasaan kepada daerah dalam menggali pendanaan dalam pelaksanaan otonomi daerah sebagai perwujudan asas desentralisasi.

Dalam upaya memperbesar peran pemerintah daerah dalam pembangunan, pemerintah daerah berupaya untuk lebih mandiri dalam membiayai kegiatan operasional rumah tangganya. Oleh karenanya Darmin-Samsuri selalu serius menangani masalah ini dan terus memantau kinerja setiap OPD, karena pendapatan daerah tidak dapat dipisahkan dengan belanja daerah, karena adanya saling keterkaitan dan merupakan satu alokasi anggaran yang disusun dan dibuat untuk melancarkan roda pemerintahan daerah.

Baca Juga :  Wabup Buka Central Celebes Scooter Family #4

Pemerintah berupaya dalam pencapaian pembangunan daerah sesuai dengan tema pembangunan Kabupaten Poso tahun 2019, dengan 9 prioritas pembangunan tahun 2019 diantaranya Peningkatan infrastruktur berbasis tata ruang yang saat ini tengah digerakan seperti pembangunan berbagai fasilitas-fasilitas umum rencana pembangunan jembatan yang menghubungkan Kayamanya dan Bonesompe, Pengentasan kemiskinan dan PMKS yang ditandai dengan naiknya angka kemiskinan 8%, Kesehatan dengan beberapa upaya pengakreditasan puskesmas serta Rumah Sakit, Pendidikan, Revitalisasi pertanian dan perikanan dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan, Pengembangan pariwisata berbasis sumberdaya alam, budaya dan kearifan lokal, Revitalisasi umkm, koperasi dan pengembangan bumdes, Tertib administrasi pemerintahan dan pembangunan daerah, Penegakan hukum, keamanan dan ketertiban sosial kemasyarakatan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image