BERBAGI

Tiga elemen secara bersinergi dalam Aksi Bersih Sungai (ABS) yaitu elemen masyarakat dalam hal ini Front Pecinta Alam Peduli Lingkungan se-Kota Tentena, elemen swasta yakni PT. Poso Energy dan elemen pembuat kebijakan yakni Pemerintah Daerah Kabupaten Poso. Aksi Bersih Sungai ini diawali dengan senam bersama yang bertempat di Taman Kota Tentena, Selasa (11/12/18) dan diikuti oleh seluruh masyarakat setempat, yang terdiri dari para orang tua, anak muda, serta anak-anak sekolah dan unsur Tripika Kecamatan Pamona Puselemba bersama Ketua Umum Majelis Sinode GKST Pdt. Jetroson Rense, M.Th. Adapun peserta ABS ini berjumlah 537 orang yang terbagi menjadi 86 tim yakni 10 tim bertugas di badan sungai dan 76 tim bertugas di bantaran sungai yang dimulai pada pukul 06.00 wita dan berakhir pada pukul 17.00 wita.

Dalam laporan panitia yang disampaikan oleh Yan Bue mengatakan bahwa antusias dari para peserta dalam mempersiapkan acara ini berlangsung selama kurun waktu 3 minggu, kuota peserta sudah terpenuhi sebanyak 500 orang dalam kurun waktu 3 hari. Hal ini membawa harapan bahwa antusias masyarakat menjadi awal yang baik untuk memperbaiki perilaku membuang sampah pada tempatnya.

Rangkaian kegiatan ini dibagi dalam 4 titik meeting point (titik pertemuan, red) yakni di sekitar bantaran sungai dengan menekankan “Safety First” atau keselamatan yang harus diutamakan oleh para peserta. ABS sendiri merupakan langkah awal edukasi kepada masyarakat yang beraktivitas di seputaran sungai, baik itu itu didaerah bantaran sungai maupun di badan air. Sebagai tempat dimana mereka beraktivitas sehari-hari, untuk mulai mengubah perilaku buang sampah pada tempatnya atau lebih bijak dalam memperlakukan sungai sebagaimana mestinya.

Baca Juga :  Fun Bike dalam Rangka HUT TNI Ke-72 Tahun 2017

Kegiatan ini sebagai langkah awal untuk kegiatan pengelolaan lingkungan dalam menjaga kualitas dan kuantitas air sungai. Output yang diharapkan lewat kegiatan ini nantinya adalah dapat merubah perilaku masyarakat dalam memperlakukan sungai secara baik, sehingga sungai yang mengalir menjadi lebih jernih dan bersih. Sedangkan dalam sambutan Manager Teknik dan Supporting PT. Poso Energy Basri Djalal mengatakan, bahwa aksi ini merupakan upaya dini dalam mengantisipasi semakin terabaikannya sungai poso dari perhatian akan sejumlah sampah domestik yang bersumber dari aktivitas di sekitar badan sungai.

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu yang mengikuti kegiatan dari awal. Sebelum melaksanakan Aksi Bersih Sungai dan peninjauan lokasi pembersihan sungai ini, dalam sambutannya Bupati mengatakan bahwa aksi kepedulian ini merupakan langkah cerdas untuk menjaga kelestarian sungai dari pencemaran sampah dan juga limbah lainnya serta bisa menjadi inspirasi bagi warga masyarakat sekitar sungai untuk lebih peduli terhadap kelestarian lingkungan sungai dengan tidak membuang sampah sembarangan khususnya di sungai Poso, karena bisa mengakibatkan kerusakan biota dan ekosistem kehidupan air tawar di sungai Poso. Selaku Kepala Daerah, Ia juga meminta dukungan seluruh pihak dan stakeholder serta masyarakat Poso untuk mendukung program dan upaya-upaya Pemerintah di dalam meningkatkan potensi sungai Poso.

Baca Juga :  Fasilitasi Pokja Pengarusutamaan Gender dan Anak

Upaya yang dilakukan dalam penataan sungai Poso tentu sudah melalui pertimbangan kelestarian dan keseimbangan alam khususnya lingkungan sekitar alur sungai Poso. Masyarakat tentunya patut bersyukur karena di tengah upaya Pemerintah Daerah dalam memajukan Kabupaten Poso pada umumnya dan Kota Tentena pada khususnya, ada perhatian dan uluran tangan dari pihak-pihak swasta serta pihak lainnya yang mau bersinergi dan bekerja sama di dalam meningkatkan potensi air sungai Poso yang manfaatnya dapat dirasakan bersama di tahun-tahun yang akan datang demi kelangsungan anak cucu kita.

Dengan mengangkat tema Sungai Bukan Tempat Sampah diharapkan dapat menyadarkan masyarakat akan bahaya pencemaran lingkungan yang dilakukan apabila membuang sampah di sungai. Kegiatan pembersihan sungai Poso ini, selain diawasi oleh tim PT. Poso Energy baik dari segi keselamatan para peserta juga didukung sepenuhnya oleh Pemerintah Daerah. Dimana melalui Dinas Lingkungan Hidup telah menyediakan sejumlah truk-truk pengangkut sampah yang stand by di beberapa titik untuk mengangkut kantung-kantung sampah yang berhasil dikumpulkan.

Sejatinya Pemerintah telah berupaya untuk menyadarkan serta memberikan arahan yang tepat kepada masyarakat terhadap ancaman serta dampak buruk terhadap perusakan lingkungan lewat membuang sampah di sungai. Sekarang saatnya masyarakat untuk menyadari dan bangun dari ketidak peduliannya terhadap pencemaran lingkungan yang ada di sekitar sungai Poso. “Kalau bukan kita yang membenahi kebersihan lingkungan kita, siapa lagi..?? Dan kalau bukan sekarang kita melakukannya, kapan lagi..??” ungkap Mantan Perwira Penghubung TNI-AL untuk Komando Daerah Militer II/Sriwijaya ini.

Baca Juga :  Di Peringatan Isra Miraj; Organisasi Islam di Poso Nyatakan Dukung Pemerintah

Pembersihan sungai Poso ini merupakan aksi nyata kerja bersama memberikan yang terbaik bagi kehidupan di Tana Poso, agar tidak menyesali bencana-bencana alam yang terjadi akibat pengrusakan lingkungan seperti banjir yang bisa kapan saja datang menyerang warga Pamona dan sekitarnya.

Minimnya kesadaran masyarakat dalam memperhatikan lingkungan atau membuang sampah pada tempatnya, membuat pemerintah daerah serta pihak-pihak yang peduli lingkungan bekerja keras, berupaya memberikan pemahaman tentang arti penting kehidupan yang layak bagi masyarakat. Oleh karenanya dibutuhkan kerjasama serta kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi aktif menciptakan perubahan-perubahan pola hidup yang benar demi kelangsungan lingkungan hidup kita bersama.

Selain Direktur Pengendalian Kerusakan Perairan Darat, Ditjen PDASHL Kementerian Lingkungan Hidup, acara ini juga dihadiri oleh BP DAS HL Palu Poso, Balai Wilayah Sungai Sulawesi 3 dan Rektor UNKRIT. Kegiatan ini juga diramaikan dengan doorprize dengan hadiah utama berupa sepeda serta hadiah hiburan lainnya yakni handphone, peralatan elektronik perlengkapan rumah tangga, TV dan sejumlah hadiah lainnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image