BERBAGI

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu, pagi tadi meninjau langsung kegiatan pengelolaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang berlokasi di kelurahan Kayamanya, Rabu (10/10/18). Kehadiran Bupati Poso itu, dimaksudkan untuk memastikan dan melihat langsung sejauhmana perkembangan serta proses pengolahan sampah sejak diresmikannya TPA modern itu beberapa waktu yang lalu.

Pada kesempatan itu Bupati Darmin menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada jajaran Dinas Lingkungan hidup serta seluruh karyawan dan anggota bank sampah yang telah melaksanakan tugas dan peduli terhadap permasalahan sampah di Kabupaten Poso. Sehingga dari waktu ke waktu, kota Poso tampak semakin bersih. Bahkan yang sangat membanggakan kata Bupati adalah masyarakat kita justru semakin sadar dengan tidak melihat sampah sekedar sebagai sisa aktivitas yang harus dibuang atau dimusnahkan, akan tetapi dapat dikelolah kembali menjadi sesuatu yang dapat dijual guna menambah penghasilan masyarakat.

Baca Juga :  Desa Taunca Dapat Kunjungan Tim Safari Ramadhan Kabupaten Poso

Seperti kelompok bank sampah Lipu Magali Tegalrejo misalnya, dalam 7 ton sampah yang dikelolah, mampu menghasilkan uang sebesar Rp. 15.000.000, sampah-sampah tersebut dikelolah dan diurai sesuai jenisnya seperti plastik, kertas dan logam yang kemudian dijual mulai dari 1.500/kg s/d 3.500/kg.

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu mengatakan, Pemerintah Kabupaten Poso saat ini terus berupaya mewujudkan target menjadikan kabupaten Poso yang bersih dari sampah disetiap wilayah perkotaan maupun pedesaan. Dan untuk mewujudkan tujuan tersebut dilakukan dengan cara antara lain: 1. Melakukan penyempurnaan norma, standart, kriteria dan regulasi daerah terkait tata kelolah persampahan. 2. Pengalokasian anggaran untuk penyediaan sarana dan prasarana serta fasilitas dan pengelolaan sampah. 3. Mengembangkan dan menerapkan inovasi terkait sistem dan teknologi sebagai kebiasaan terbaik dalam pengelolaan sampah. 4. Memfasilitasi masyarakat dan dunia usaha untuk terlibat aktif dalam pengelolaan sampah. 5. Mengedukasi masyarakat dan para siswa untuk lebih disiplin dalam pengelolaan sampah.

Baca Juga :  Rombongan Safari Ramadhan Provinsi Kunjungi Kabupaten Poso

Dengan berbagai upaya dan langkah-langkah strategis yang dilakukan secara terpadu bersama pemerintah, swasta dan seluruh masyarakat serta pemerhati sampah, diharapkan mimpi/cita-cita kita untuk meraih piala Adipura kedepan akan bisa terwujud, tegas bupati Darmin optimis. Selain mengunjungi tempat pemprosesan sampah, Bupati Darmin yang hanya didampingi Kadis DLH dan Kadis PUPR itu menyempatkan diri meninjau gudang Dolog Poso.

Pada kunjungan itu Bupati mengecek langsung persediaan logistik khususnya beras dan meminta kepada Ka. Bulog agar tetap menjaga ketersediaan logistik apalagi saat ini kita lagi menghadapi pengungsi korban bencana gempa dan tsunami Palu-Donggala, ujarnya. Dan Iapun diyakinkan Ka. Bulog bahwa untuk tiga bulan kedepan, ketersediaan beras di Poso masih aman. Pengecekan ini sengaja dilakukan bupati guna memastikan ketersediaan logistik apalagi dalam mengjadapi pengungsi Poso yang terus bertambah, dimana sampai saat ini jumlah pengungsi masuk Poso sudah mencapai lebih dari 3000 orang dan tersebar dirumah-rumah penduduk. Sedangkan untuk pendistribusian logistik serta pelayanan kesehatan, Ia telah menginstruksikan kepada instansi terkait agar terus melakukan pelayanan secara maksimal.

Baca Juga :  Upacara Peringatan Hartiknas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image