BERBAGI

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu menegaskan bahwa anak adalah masa depan bangsa dan generasi penerus cita-cita yang memiliki peran strategis dalam menentukan maju tidaknya bangsa. Karena itu negara harus mampu memberikan jaminan pelaksanaan hak-hak anak antara lain hak atas kelangsungan hidup, hak tumbuh dan berkemang, hak berpartisipasi, hak sipil dan kebebasan serta jaminan atas perlindungan dari tindak kekerasan dan diskriminasi. Pernyataan ini disampaikan Bupati ketika memberikan sambutan pada acara Peringatan Hari Anak Nasional Tingkat Kabupaten Poso yang dilaksanakan di lapangan Maroso, Jumat (21/08/18).

Dikatakan Bupati, perlu disadari bersama bahwa dalam konstitusi kenegaraan maupun dalam setiap agama menyatakan, anak merupakan amanah sekaligus karunia Tuhan yang harus kita jaga karena dalam dirinya melekat harkat, martabat dan hak-hak sebagai manusia yang harus dijunjung tinggi. Secara konkrit kata Bupati Darmin, pemerintah telah mengupayakan pemenuhan hak dan perlindungan terhadap anak melalui berbagai instrumen hukum, diantaranya dengan meratifikasi konversi hak anak (Convention on the rights of the child), yang kemudian ditindak lanjuti dengan penerbitan UU nomor 23 tahun 3002 tentang perlindungan anak, bahkan pada tahun 2014, UU tersebut juga kembali disempurnakan dengan diterbitkannya UU no. 35 tahun 2014.

Baca Juga :  Penandatangan Nota Kesepahaman Platform Kebudayaan Indonesiana Dan Penyerahan Dokumen Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah

Bupati Darmin juga mengingatkan kemajuan teknologi dan informasi dewasa ini membawa dampak yang signifikan bagi perkembangan sikap dan prilaku anak-anak jika penggunaannya tidak dilakukan secara bijak. Karena itu peran orang tua dan guru dalam memberikan pendidikan dan pemahaman terhadap anak-anak sangat perlu dilakukan secara intensif. Jangan biarkan anak-anak kita tergerus dan terjerumus dalam modernisasi yang salah persepsi, sehingga anak hanya menjadi korban kemajuan zaman, tegas mantan Danyon marinir yang selalu akrab dengan anak-anak itu.

Dikatakan, hampir setiap hari kita menyaksikan di media televisi dan internet anak-anak terlibat berbagai kasus kriminal bahkan juga menjadi korban kriminal. Oleh karena itu harap bupati Darmin, dengan pembentukan forum anak daerah kiranya menjadi tempat bagi anak-anak kita unruk menghalau berbagai tantangan modernisasi dengan aktivitas positif dan bermanfaat dan untuk mengasah bakat dalam meningkatkan prestasi-prestasi yang di gemari anak-anak.

Baca Juga :  Bantuan Mobil Ambulance Dari Bank Sulteng

Sementara itu Ketua Forum Anak Kabupaten Poso Diana Margaret Sigilipu dalam sambutannya mengajak anak-anak Poso untuk selalu melakukan kegiatan yang berorientasi pada hal-hal yang posirif, serta meminta pemerintah untuk memberi perhatian khusus bagi anak-anak terutama dalam mengembangkan minat bakat yang pada gilirannya akan memberi pengaruh positif bagi perkembangan anak itu sendiri. Diana juga mengingatkan kepada sahabat anak-anak agar selalu waspada terhadap setiap perkembangan yang sewaktu-waktu bisa mencederai dan mempengaruhi perkembangan anak-anak, padahal anak-anak diharapkan terus tumbuh dan berkembang secara wajar dengan mendapatkan hak dan kesempatan yang sama untuk berkarya demi tana Poso tercinta.

Ketua forum anak yang juga adalah putri Bupati Poso itu, menjadi Inisiator pada peringatan Hari Anak Nasional tahun 2018. Peringatan hari anak nasional yang juga dihadiri anggota Forkopimda, Kepala BRI Cabang Piso serta sejumlah Ka. OPD itu diisi dengan berbagai kegiatan seperti jalan santai, senam bersama dan tarian anak-anak. Pada kesempatan itu bupati Darmin melakukan dialog langsung dengan anak-anak sembari bertanya anak-anak cita-citanya mau jadi apa?, kontan saja dengan nada yang polos seorang anak menjawab “saya mau jadi Bupati Poso”.

Baca Juga :  Jalan Santai HUT Kota Poso ke-121

Menambah keceriahan pada peringatan hari anak nasional, Bupati juga memberikan hadiah 1 unit sepeda kepada Diwa Saferio salah seorang anak TK Cokroaminoto yang mengucapkan Pancasila tanpa teks dengan sempurna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image