BERBAGI

Bertempat di Gedung Wanita Poso, Bupati Poso yang diwakillkan oleh  Asisten Administrasi Pemerintahan & Kesra Setdakab Poso M. Ari Pamungkas, SH, MH membuka secara resmi Lomba Masak Serba Ikan, selasa (18/09/18). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Poso berkerjasama dengan TP PKK Kabupaten Poso.

Dengan mengambil Tema “ Melalui lomba masak serba ikan kita sukseskan gerakan memasyarakatkan makan ikan (GEMARIKAN) sebagai upaya peningkatan gizi masyarakat, sehingga terbentuk generasi yang sehat, kuat dan cerdas”. Dalam acara tersebut Asisten Administrasi Pemerintahan & Kesra Setdakab Poso didampingi Kadis Perikanan dan Kelautan Kabupaten Poso, Ketua TP PKK Kabupaten Poso serta Forkopimda. Selain itu juga turut hadir para Camat, TP PKK Kabupaten dan Kecamatan serta dewan juri penilai. Dewan juri lomba masak ini terdiri dari Ketua dan anggota PKK Kabupaten Poso, Guru SMKK Jurusan Tata Boga, Ahli Gizi dari Dinas Kesehatan dan Ketua DWP Perikanan & Kelautan Kabupaten Poso.

Diawali dengan laporan panitia yang disampaikan oleh Sofyan Karim, SH selaku Kabid Penguatan Daya Saing Produk Perikanan DPK Kabupaten Poso mengatakan, bahwa tujuan dari kegiatan lomba masak ini adalah untuk memasyarakatkan gerakan makan ikan (GEMARIKAN) selain itu untuk memotivasi masyarakat dapat membuat sajian bercitarasa tinggi pada olahan perikanan. Melalui lomba masak serba ikan ini tercipta  kreasi-kreasi masakan berbahan baku ikan yang menarik perhatian, mudah dalam pengolahannya serta bergizi tinggi. Acara Lomba Masak Serba Ikan ini diikuti oleh 17 perwakilan TP PKK Kecamatan se- Kabupaten Poso.

Baca Juga :  Bantuan Excavator Untuk Poso Pesisir

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Kadis Perikanan dan Kelautan Kabupaten Poso Ir. Yusak Theri Mentara, MM dalam penyampaiannya mengatakan, melalui lomba masak serba ikan ini, kita tingkatkan konsumsi makan ikan untuk kebutuhan asupan gizi keluarga. Dengan mengkonsumsi ikan kita harap anak-anak kita akan lebih cerdas, dan aktif. Karena di dalam ikan juga terdapat protein asam lemak omega3 yang tentunya bisa mengembangkan kreativitas dan kecerdasan perkembangan anak.

Sementara itu Ketua TP PKK Kabupaten Poso Ny. Indah Srisetyowati Samsuri, SH dalam sambutannya mengajak para ibu-ibu untuk mengolah ikan menjadi aneka menu dalam kesehariannya serta mempromosikan makan ikan pada masyarakat luas. Karena ikan sebagai salah satu sumber protein hewani yang merupakan jawaban yang tepat dalam penyediaan gizi yang sehat terhadap keluarga. Dimana didalam hasil penelitian menunjukan bahwa protein yang dikandung ikan berkualitas tinggi. Berdasarkan keunggulan daging ikan inilah yang perlu kita cermati bersama, bahwa kebudayaan makan ikan dimasyarakat terutama kalangan generasi penerus merupakan suatu keharusan.

Baca Juga :  Jaga Laut Lewat Lomba Balap Perahu Katinting

Diawal sambutan Bupati Poso yang disampaikan oleh Asisten Administrasi Pemerintahan & Kesra Setdakab Poso M. Ari Pamungkas, SH, MH menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada panitia penyelenggara yang telah mengupayakan terlaksananya kegiatan lomba memasak serba ikan ini, sebagai salah satu motivasi untuk membiasakan makan ikan bagi masyarakat sebagai makanan bergizi tinggi yang dibutuhkan bagi perkembangan dan kesehatan tubuh kita.

Melalui lomba ini diharapkan para peserta khususnya para ibu-ibu agar benar-benar dapat menciptakan kreasi memasak yang unik dan menarik, yang dapat menguggah selera makan kita dengan cita rasa yang tinggi. Terlebih bagi anak-anak kita sebagai generasi penerus yang membutuhkan kesehatan, kecerdasan dan kekuatan untuk melanjutkan tongkat pembangunan daerah kita dimasa yang akan datang. Sehingga tidak mustahil Poso kedepan akan sejajar bahkan lebih maju dari kota-kota lainnya yang ada di Indonesia dapat kita wujudkan.

Baca Juga :  Gerakan Keamanan Pangan dan Promosi Hasil Perikanan

Diakhir sambutannya beliau berharap kepada para peserta lomba dapat menciptakan sajian makanan serba ikan yang variatif, inovatif dan berkualitas dengan gizi yang tinggi, serta tidak lupa dengan tampilan / corak yang berbasis makanan khas wilayahnya masing-masing sesuai dengan tema lomba memasak serba ikan.

Kemudian acara diakhiri dengan  penyerahan piala kepada pemenang lomba masak serba ikan bahwa yang menjadi juara Kategori TP-PKK, yaitu Juara Pertama diraih oleh PKK Kecamatan Pamona Pusalemba dengan nilai 2432, Juara Kedua Kecamatan Lore Timur dengan perolehan nilai 2269, sementara Juara Ketiga diraih Kecamatan Poso Kota Selatan dengan nilai 2242. Untuk Juara Harapan 1 Kecamatan Poso Pesisir Utara dengan jumlah nilai 2236, Juara Harapan 2 diraih Kecamatan Lage dengan nilai 2219, Juara Harapan 3 diperoleh Kecamatan Lore Selatan dengan perolehan nilai 2214. Kepada peserta yang memperoleh juara, panitia memberikan penghargaan berupa piala dan bonus hadiah lainnya dan selanjutnya akan ditunjuk untuk mengikuti lomba yang sama pada tingkat Provinsi Sulawesi Tengah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image