BERBAGI

Kabupaten Poso termasuk daerah yang juga rawan terjadi gempa, maka perlu ada penyusunan rencana kontijensi yang merupakan suatu upaya untuk merencanakan sesuatu peristiwa yang mungkin terjadi.  Sulawesi Tengah, khususnya Kabupaten Poso rawan terjadinya bencana alam gempa bumi dangkal. Poso masuk daerah rawan gempa karena berada juga pada jalur patahan kerak bumi (sesar) Palu Koro. Pulau Sulawesi pada umumnya bedararing of fire dan wilayah pertemuan tiga lempeng bumi yaitu lempeng Indo-Cina membentang di selatan dan utara pulau Sulawesi. Lempeng Indo-Australia di sebelah timur dan lempeng Filipina di sebelah timur laut.

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu mengatakan, perlu adanya kesiapsiagaan dalam rangka meminimalisir kerugian akibat bencana gempa bumi. Sehingga kontijensi bencana harus disusun oleh Pemerintah Kabupaten Poso melalui OPD terkait dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Poso. jelas Darmin pada acara Penyusunan Kontijensi Bencana gempa bumi di Ruang Pogombo Kantor Bupati Poso, Rabu Pagi (12/09/18).

Baca Juga :  Peresmian Lapangan Futsal Pondok Moderen Darussalam Gontor Poso

Kini sepatutnya kita semua memiliki kesiapsiagaan yang tinggi dalam menghadapi bencana. Kesiap siagaan bukan hanya pekerjaan rumah bagi BPBD saja, namun masyarakat dan stake holder serta lembaga-lembaga profesional yang memiliki kapasitas dapat dilibatkan dalam penyusunan rencana kontijensi guna mengantisipasi dampak-dampak peristiwa atau kondisi ancaman bahaya bencana yang mungkin terjadi. Karena dampak dari bencana yang terjadi, dapat menimbulkan kerugian yang tidak sedikit, baik korban jiwa maupun harta benda.

Bupati menandaskan, dokumen rencana kontijensi merupakan dokumen penting dalam siklus penanggulangan bencana yang disusun pada fase kesiapsiagaan. Perencanaan kontijensi merupakan kebutuhan daerah dalam rangka peningkatan kesiapsiagaan. Saya berharap penyusunan rencana kontijensi ini semua pihak dapat memainkan peran penting, yang harus dipandang sebagai tugas bersama baik pemerintah daerah, stakeholder dan masyarakat. Bupati juga berharap agar kegiatan penyusunan rencana kontijensi gempa bumi dapat dijadikan wadah untuk bertukar pikiran dan kerjasama dalam menyusun dokumen rencana kontijensi bencana.

Baca Juga :  HUT KORPRI Pemda Poso Anjangsana Ke Panti Asuhan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image