BERBAGI

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu bersama Wakil Bupati Ir. Samsuri. M.Si, diruang kerja Bupati, Rabu (29/8/2018), menerima kunjungan Asosiasi Duta Wisata Nasional (ADWINDO) yang dipimpin ketuanya Agung Adi Pratama, dan didampingi pejabat Kedubes Amerika Serikat, Emili Graham bersama dosen George Wasingthon University khusus kepariwisataan, Seleni Matus.

Kunjungan ADWINDO tersebut dimaksudkan untuk mendorong pengembangan kepariwisataan yg diarahkan pada pemberdayaan ekonomi dan lapangan kerja. Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa kabupaten Poso merupakan salah satu daerah yg memiliki daya tarik pariwisata yg eksotis dan historis, baik obyek wisata alam seperti danau Poso, air terjun Saluopa dan juga obyek wisata situs purbakala dengan patung Megalitikum

Menanggapi hal itu, Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu menyambut baik dan menyampaikan terima kasih atas perhatian besar dari pihak ADWINDO khususnya dalam upaya pengembangan pariwisata di Poso. Meskipun ia mengakui bahwa pengembangan sektor pariwisata di Poso belum optimal, namun Bupati Darmin optimis dengan berbagai langkah dan strategi yang dilakukan pemerintah bersama seluruh stakeholder dan para pemerhati pariwisata tetmasuk Adwindo, niscaya sektor kepariwisataan di Poso akan semakin maju dan berkembang yang pada gilirannya akan memberi dampak besar bagi peningkatan ekonomi masyarakat. Pada kesempatan itu pula Bupati Darmin menjelaskan tentang Poso sebagai daerah lima dimensi yang sangat menunjang keindahan obyek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Baca Juga :  Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah

Selain itu Bupati menjelaskan tentang Poso daerah seribu megalit yang memiliki sekitar 1450 jenis patung yang tersebar di wilayah Lore dan merupakan situs purbakala yang tidak kala menariknya untuk dikunjungi para wisatawan. Dijelaskan bahwa berdasarkan penelitian, situs-situs itu justru lebih tua usianya dari pada situs purbakala yg ada di Meksiko. Sehingga tidak mengherankan kata bupati Darmin jika pemerintah pusat melalui kementrian pariwisata memberikan perhatian khusus terhadap kabupaten Poso sebagai salah satu daerah yang memiliki daya tarik pariwisata yang eksotis dan historis , guna mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dan perjalanan wisatawan nusantara.

Pada kesempatan itu juga, Wabup menjelaskan secara umum kondisi Kabupaten Poso baik secara administrasi wilayah hukum dan lebih khusus mengenai obyek dan potensi pariwisata yang ada dikabupaten Poso, termasuk daerah lima dimensi dan seribu megalit. Wabup mengatakan sesungguhnya di Poso banyak sekali potensi pariwisata yg perlu dikembangkan namun tentu hal itu diperlukan kerja sama secara holistik lintas sektor bersama seluruh pemerhati wisata yg didukung oleh masyarakat setempat. Sementara dari pihak Adwindo memaparkan bagaimana keterkaitan pengembangan pariwisata dan peningkatan ekonomi, pemberdayaan serta perlindungan masyarakat lokal dalam pengelolaan pariwisata Poso. Selain itu pihak Afwindo juga menyorot bagaimana posisi daerah Kabupaten Poso yang seharusnya dijadikan daerah tujuan wisata, dan bukan sekedar dijadikan daerah transit untuk betkunjung ke daerah wisata yang lain.

Baca Juga :  Bupati Poso Menerima Rombongan Peserta Gateball Touring Wisata 2017 Se-Sulawesi Tengah

Diakhir pertemuan Wabup Samsuri menyampaikan trima kasih atas segala masukan yg berharga dan Ia berharap kerja sama itu akan terus berlanjut sekaligus menjadi motivasi untuk terus mengembangkan pariwisata yg ada di kabupaten Poso dimasa datang. Pertemuan itu berlangsung akrab, bahkan pihak Kedubes AS mengatakan ternyata berkunjung di Poso merupakan sesuatu hal yg sangat menyenangkan baik alamnya yang sangat indah maupun masyarakatnya yang ramah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image