BERBAGI

Untuk meningkatkan kualitas dan kompentensi Sumber Daya (ASN) Aparatur Sipil Negara untuk jenjang Jabatan Eselon IV, Pemerintah Daerah Kabupaten Poso melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Poso bekerjasama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sulawesi Tengah menyelenggarakan Diklat PIM IV Tahun 2018 yang diikuti sejumlah 40 orang peserta dan dilaksanakan di Balai Diklat Maliwuko.Selasa,(07/08/18).

Bupati Poso membuka secara resmi kegiatan ini, didampingi Kepala BPSDM yang diwakili oleh Kepala Bidang Diklat Propinsi Sulteng, Kaban BKPSDM Kabupaten Poso. Hadir juga unsur Forkopimda dan para Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso, Camat Lage serta unsur Muspika dan Widyaswara.

Laporan Ketua Panitia Pelaksana, oleh Kepala BKPSDM Kabupaten Poso Yan Erward Guluda, SH, MH. Dasar pelaksanaan berdasarkan standar kurikulum LAN RI. Akan dilaksanakan selama 97 hari sejak hari ini, 07 Agustus s/d 28 November 2018. Adapun model pembelajaran, 32 hari dalam kelas (On Class) dan 62 hari diluar kelar (Off Class), serta akan melaksanakan studi banding ke Jogjakarta. Biaya penyelenggaraan seluruhnya bersumber dari APBD Kabupaten Poso tahun 2018.

Baca Juga :  Sertijab Bupati Poso 2016-2012

Laporan Kepala BPSDM Provinsi Sulawesi Tengah yang diwakili oleh Kepala Bidang Diklat Provinsi Sulteng, Moh. Fachri, S. Sos. M.Si sangat mengapresiasi dengan berbagai macam kemajuan di Kabupaten Poso. Begitu banyak diselenggarakan berbagai event-event penting yang bertujuan memperkenalkan Kabupaten Poso dimata Indonesia dan dunia, Poso yang semakin baik setiap harinya. Tujuan untuk mengikuti Diklat ini, bukan semata-mata hanya karena dorongan untuk memperoleh sertifikat diklat. Namun untuk pengembangan kompetensi, sehingga menjadi seorang ASN yang berkualitas serta profesional juga memiliki mental dan siap mewujudkan pemerintah yang bersih. Serta mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu menyampaikan dalam sambutannya menghargai waktu adalah salah satu syarat untuk berhasil, dan sangat mengapresiasi atas ketepatan waktu yang diatur oleh panitia. Para peserta diklat yang merupakan pejabat eselon 4, seperti yang diamanatkan dalam putusan Kepala Lembaga Admunistrasi Negara (LAN) RI Nomor 20 Tahun 2015 tentang pedoman penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan kepemimpinan tingkat IV yang bertujuan untuk membentuk kompetensi kepemimpinan operasional dan membentuk pemimpin perubahan pada pejabat struktural eselon IV yang akan berperan dan melaksanakan tugas dan fungsi kepemerintahan di instansi masing-masing. Sedangkan sasaran Diklat Pim IV adalah terwujudnya ASN yang memiliki kompetensi yang sesuai dengan persyaratan jabatan struktural eselon IV. Diharapkan agar para peserta dapat mengikuti seluruh kegiatan ini dengan baik. Agar dalam kegiatan ini dapat menggali potensi yang ada untuk diberdayakan secara maksimal melalui kegiatan dan pelatihan. Dan nantinya akan diterapkan dalam lingkungan pekerjaannya. Perubahan besar terjadi dalam struktur pemerintah, dimana hanya menjadi pendorong dengan memberikan pelayanan prima bagi masyarakat. Kegiatan ini diharapkan akan menghasilkan pemimpin yang tanggap dan mampu memecahkan persoalan yang terjadi disekitarnya.

Baca Juga :  Diklat Prajabatan K2 Lingkup Pemda Poso

Bupati menambahkan agar seluruh peserta dapat mengikuti seluruh kegiatan ini dengan baik, mendengarkan setiap materi serta nantinya dapat diterapkan dalam pengabdiannya bagi masyarakat. Kepada seluruh panitia dan widyaswara agar kepada seluruh peserta diberikan pemahaman dan jangan hanya berharap kegiatan ini sebagai formalitas untuk dapat menduduki jabatan struktural tertentu. Semoga seluruh peserta dapat lulus, karena akan sulit peluangnya untuk mengikuti kembali jika tidak lulus. Untuk itu, peserta harus memahami aturan dan tata tertib yang harus diikuti selama masa pendidikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image