BERBAGI

Sebanyak 98 Orang Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Poso, berkumpul dilapangan Sintuwu Maroso, Kamis (02/08/18) pukul 13.00 Wita, dalam rangka Pelepasan Jamaah Calon Haji Kabupaten Poso Tahun 2018 / 1439H oleh Wakil Bupati  Poso, Ir. Samsuri, M.Si.

Sebelum acara tersebut berlangsung, CJH Kabupaten Poso terlebih dahulu melakukan ibadah Dzuhur dan Sholat Safar diMasjid Baiturrahman Poso.

Turut Hadir dalam kegiatan ini, Ketua DRPD Kabupaten Poso, Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Poso, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Poso dan seluruh jajaranya, SKPD Pemkab Poso, Ketua Organisasi Keagamaan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Kepala BSM dan BRI, serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati  Poso, Ir. Samsuri, M.Si mengamanahkan kepada seluruh Jamaah Calon Haji (JCH), untuk terus menjaga kesehatan, menjaga nama baik bangsa dan mengucapkan selamat menunaikan ibadah haji bagi seluruh calon jemaah haji Kabupaten poso, semoga selalu dalam lindungan dan bimbingan Allah SWT, dapat menjalankan seluruh rangkaian ibadah rukun Islam ke-5 dengan baik dan kembali ke tanah air dengan selamat dengan mendapat predikat haji mabrur.  Acara ini diakhiri dengan jabat tangan seluruh calon jamaah haji dengan Bupati, Wakil Bupati, Kepala Kankemenag, Dandim, dan Kepala SKPD dan seluruh tamu yang hadir pada kegiatan tersebut.

Baca Juga :  Launching SIWAKUPOSO, EDC (Electronic Data Capture) Biaya Pernikahan dan Pembayaran Non Tunai

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Poso Makmur Arif, M.P.di menyampaikan hal terkait dengan kegiatan Manasik Haji bahwa kegiatan Manasik Haji dengan menggunakan  dana Pelaksanaan Keuangan Operasional Haji (PKOH) Tahun 2018 sudah dilaksanakan di Tingkat Kabupaten sebanyak 2 Kali, Di Tingkat Kecamatan sebanyak 16 Kali. Sedangkan kegiatan Manasik Haji yang dilaksanakan berdasarkan inisiatif Para Jemaah (Mandiri) sebanyak 7 kali. Jadi selama ini Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Poso telah melaksanakan kegiatan Manasik Haji sebanyak 25 kali.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, berdasarkan saran Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Poso yang kemudian disetujui oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Poso. Kegiatan pelepasan JCH tahun ini dipusatkan diAlun-alun Kota yang dimaksudkan untuk memberikan keleluasaan bagi keluarga JCH yang ingin turut serta melepas pemberangkatan sanak saudaranya. Dalam laporannya Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Poso, Drs. H. Makmur M. Arief, M.P.di menyampaikan  bahwa total Jumlah Jamaah Calon Haji Kabupaten Poso yang diberangkatkan sebanyak 98 Orang, diantaranya terdapat Jamaah Calon Haji Lansia 2 Orang, serta Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) 1 Orang. Adapun usia tertua dari jamaah lansia berusia 72 tahun dan yang termuda berusia 32 tahun.

Baca Juga :  Jalan Santai Reuni Akbar STM Sinmar Poso Tahun 2018

Diakhir laporanya Kepala Kantor Kemenag menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Bupati Poso dan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso yang tidak pernah berhenti menyumbangkan pemikiran dan memberikan dorongan untuk perbaikan penyelenggaraan haji Kabupaten Poso, khususnya bantuan biaya domestic Palu – Balikpapan dan antar jemput jamaah haji Poso – Palu. Ucapan terima kasih juga beliau haturkan kepada seluruh Instansi pemerintah dan daerah, lembaga keagamaan dan semua pihak terkait yang telah bekerja keras dan bekerjasama untuk menyukseskan penyelenggaraan haji  tahun ini sehingga dapat berjalan sesuai harapan bersama.

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image