BERBAGI

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu mendampingi Kontingen Pesparawi Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah serta turut menghadiri acara Pembukaan kegiatan pesta Paduan Suara Gerejawi (PESPARAWI) Nasional XII, tahun 2018 yang diselenggarakan di Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, 27 Juli 2018 sampai dengan 4 Agustus 2018.

Acara pembukaan kegiatan ini juga diawali dengan Pengibaran Bendera Pesparawi Nasional oleh Anggota Paskibraka Propinsi Kalimantan Barat. Kegiatan ini juga dimeriahkan oleh 850 Penari Kolosal yang menggambarkan tiga etnis yang ada di Kalimantan Barat dalam keharmonisan.

Ketua Umum Pelaksana Pesparawi Nasional Dr.Karolin Margret Natasha melaporkan bahwa 7.762 orang Anggota Paduan Suara Gerejawi Hadir, yang terdiri dari 6.146 Peserta Lomba, dan 1.616 Official di Pesparawi Nasional XII 2018 ini, tidak termasuk Tamu Undangan dan Pendamping, Acara ini menjadi agenda nasional Kementrian Agama RI merupakan kompetisi paduan suara yang diikuti tim paduan suara yang berasal dari 34 provinsi. Kegiatan pokok PESPARAWI antara lain ibadah bersama seluruh kontingen, upacara pembukaan dan penutupan, lomba-lomba dengan 12 kategori, seminar/ workshop, Musyawarah Nasional. Sementara itu kegiatan penunjangnya adalah pameran, karnaval, ibadah KKR dan wisata. Kategori yang diperlombakan adalah : Lomba Paduan Suara Dewasa Campuran (PSDC), Lomba Paduan Suara Pria (PSP), Lomba Paduan Suara Wanita (PSW), Lomba Paduan Suara Remaja/ Pemuda Campuran (PSR/P), Lomba Paduan Suara Anak (PSA), Lomba Vocal Grup (VG), Lomba Musik Pop Gerejawi (MPG), Lomba Solo Remaja Putera (SRP Pa), Lomba Solo Remaja Puteri (SRP Pi), Lomba Solo Anak Putera atau Puteri Usia 7-9 tahun (SA 7-9), Lomba Solo Anak Putera atau Puteri Usia 10-13 tahun (SA 10-13), Lomba Penampilan Musik Etnik Daerah.

Baca Juga :  Kunjungan Kerja Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia Ke Poso

Lanjut dikatakannya bahwa sebelum kegiatan ini adalah tanggal 28 Juli 2018 kemarin telah dilakukan Pameran UMKM, Kebudayaan dan Kuliner bertempat di Rumah Radang Pontianak, selanjutnya tanggal 29 Juli 2018 adalah kegiatan Karnaval. Kegiatan utama perlombaan akan dilaksanakan mulai tanggal 31 Juli 2018 s.d 2 Agustus 2018 di enam Lokasi yang berbeda. Selanjutnya Musyawarah Nasional Pesparawi akan dilaksanakan pada tanggal 3 Agustus 2018 untuk menentukan siapa Tuan Rumah pada Pesparawi Nasional Berikutnya. Biaya Pelaksanaan Kegiatan Pesparawi Nasional ini adalah bersumber dari Kementrian Agama Republik Indonesia, APBD Propinsi Kalimantan Barat, serta Donatur lainnya.

Presiden Republik Indonesia yang diwakili oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Bapak Jend. TNI Purn. Luhut Binsar Panjaitan membuka secara resmi Kegiatan tersebut dengan dilakukannya pemukulan alat musik Gamang khas Pontianak atau Cangkoang secara bersama dengan Menteri Agama RI, Sekretaris Umum LPPN Pesparawi Nasional Drs.Andar Gultom M.Pd, Gubernur Propinsi Kalimantan Barat, serta Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Pesparawi XII 2018.

Baca Juga :  Peringatan Hari Anak Nasional Tingkat Kabupaten Poso

Dalam acara pembukaan tersebut juga dilaksanakan penyerahan Piala Presiden Bergilir oleh Gubernur Maluku kepada Ketua Umum Pesparawi Nasional dan acara diakhiri dengan Defile dari tiap tiap propinsi, hiburan oleh beberapa Artis diantaranya Andy/rif, Saykoji, Lea Simanjuntak, Aminoto Kosin, dan Suara Indonesia Orchestra.

Hadir dalam pembukaan ini adalah Para Gubernur, Bupati, serta Walikota atau Perwakilannya dari 34 Propinsi di Indonesia, Anggota Forkopimda Propinsi Kalimantan Barat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, PKK Propinsi Kalimantan Barat serta undangan lainnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image