BERBAGI

“Karena modal utama dari suatu daerah dalam pembangunan adalah adanya hubungan kekerabatan serta kekompakan antara Pemda bersama TNI/Polri yang juga tentunya didukung oleh masyarakat.”

TNI & Polri hadir berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso dalam memberikan rasa aman, dan damai sehingga penyelenggaraan roda Pemerintahan serta kegiatan pembangunan dan pelayanan sosial kemasyarakatan dapat berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan lewat terselenggaranya dengan aman dan sukses berbagai kegiatan-kegiatan Daerah di Tana Poso baik yang berskala lokal maupun nasional dan salah satunya adalah Pelaksanaan Tour De Central Celebes dan Festival Pesona Danau Tektonik Poso tahun lalu.

Hal ini diungkapkan oleh Bupati Poso Kol. Mar (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu pada saat mengikuti Upacara Perayaaan Hari Ulang Tahun Bhayangkara Ke-72 di Mako Polres Poso pada Rabu 11 Juli 2018. Hadir juga pada kesempatan tersebut Kasat Brimob Polda Sulteng Komisaris Besar Polisi Guruh Arif Darmawan, SIK, MH yang bertindak selaku Inspektur Upacara, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Pimpinan BUMN/BUMD, para tokoh-tokoh agama dan masyarakat serta perwira-perwira tinggi di lingkungan Polres Poso.

Perayaan HUT kali ini diawali dengan Upacara yang dipimpin oleh Ajun Komisaris Polisi Robi Utomo, SH, MH sebagai Komandan Upacara dengan pasukan upacara yang terdiri dari TNI/Polri dan ASN di Lingkup Pemda Poso mulai dari Kodim 1307, Batalyon 714/SM, Satuan Polisi Pamong Praja, Brimob serta anggota Polres Poso.

Baca Juga :  Peningkatan Status Rumkitban dr. Yanto SP.OT menjadi Rumah Sakit Tkt. IV

Bupati Darmin mengapresiasi kerjasama serta koordinasi yang telah terjalin selama ini dengan terus mempertahankan solidaritas, kerja sama dan koordinasi yang baik antara TNI/Polri dan Pemda Poso sehingga dapat meningkatkan kehidupan kesejahteraan masyarakat Tana Poso. Aspek moral yang patut dipertahankan ini juga dapat memacu semangat, motivasi, sikap dan perilaku serta loyalitas untuk menumbuhkembangkan rasa nasionalisme dan patriotisme dalam tugas masing-masing.

Kerjasama TNI dan Polri bersama Pemerintah Daerah yang dikawal oleh Darmin-Samsuri sejak 16 Februari 2018 ini tidak hanya pada bidang keamanan, namun juga pada bidang-bidang lainnya seperti salah satunya mengawal program pemerintah daerah khususnya dalam bidang ketahanan pangan misalnya pada pendistribusian bantuan pupuk dan benih tanaman dari pemerintah yang mendapatkan pengawalan dari TNI dan Polri sehingga dapat tersalurkan kepada masyarakat. Dengan demikian tidak terjadi penyelewengan dan penyimpangan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Tidak hanya itu, kekompakan juga terlihat saat aparat TNI dan Polri membantu Pemerintah Daerah dalam proses evakuasi masyarakat korban bencana alam yang terjadi di di beberapa titik di wilayah Poso pada beberapa waktu yang lalu.

Baca Juga :  Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) Membuka Pendaftaran Untuk Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota Provinsi Sulawesi Tengah

Hal ini sebenarnya menunjukkan adanya Komunikasi, Koordinasi, Kerjasama serta saling memberikan Informasi (K3I) dalam pola pemerintahan Darmin-Samsuri yang ditopang oleh TNI/Polri bersama dukungan penuh yang diberikan oleh masyarakat Kabupaten Poso. Kerjasama itulah yang senantiasa harus dijaga sehingga terwujud Pembangunan yang merata serta kehidupan masyarakat yang aman dan sejahtera sesuai dengan visi misi Pemerintah Daerah Kabupaten Poso periode 2016-2021.

Bupati Poso juga berpesan agar TNI/Polri bersama Pemda harus selalu kompak dimanapun bertugas demi keamanan dan kesejahteraan kehidupan masyarakat Bumi Sintuwu Maroso. “Karena modal utama dari suatu daerah dalam pembangunan adalah adanya hubungan kekerabatan serta kekompakan antara Pemda bersama TNI/Polri yang juga tentunya didukung oleh masyarakat.” Tambah Bupati Darmin.

Sementara dalam sambutan Presiden Republik Indonesia yang dibacakan oleh Inspektur Upacara mengatakan bahwa pada perayaan bhayangkara ke-72 ini Indonesia mendapatkan kabar baik dimana dunia internasional telah menempatkan Indonesia ke dalam daftar 10 negara teraman di dunia berdasarkan law and order index yang dikeluarkan oleh lembaga riset internasional gallup’s law and order.

Sedang dalam sambutan Kapolri yang dibacakan oleh Kapolres Poso AKBP Bogiek Sugiyarto, SH, SIK ini mengatakan bahwa berbagai upaya perbaikan yang dilaksanakan oleh Polri melalui program promoter telah memberikan dampak positif yang sangat signifikan. Sebagai tindak lanjut dari program reformasi internal yang telah dilaksanakan sebelumnya, program promoter dibangun melalui pendekatan profesionalisme dan modernisasi guna meraih kepercayaan public.
Program promoter difokuskan pada 3 kebijakan utama yang sederhana yaitu peningkatan kinerja yang diwujudkan melalui peningkatan kualitas public dan profesionalisme dalam penegakkan hukum, perbaikan kultur dengan menekan budaya koruptif serta menghilangkan arogansi kekuasaan, dan manajemen media yang dilaksanakan pada media konvensional dan media social dengan mengangkat prestasi Polri serta menetralisisr berita negative termasuk hoaks.

Baca Juga :  Penutupan Musrenbang RKPD 2019

Acara perayaan diakhiri dengan jamuan syukuran yang ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati Poso yang diserahkan kepada personil tertua AKP Novi Lexi Siwi dan pemotongan tumpeng yang kedua oleh Kapolres Poso yang diserahkan kepada personil termuda Bripda Irna K. Paimin. Acara berlangsung dalam suasana keakraban yang membuktikan bahwa adanya hubungan harmonis antara 3 pilar kekuatan daerah ini sehingga memberikan contoh yang baik kepada masyarakat bahwa sebenarnya warga yang mendiami Bumi Sintuwu Maroso ini mampu untuk menciptakan kondisi kedamaian dalam kehidupan yang plural di Tana Poso.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image