BERBAGI

Bertempat di Desa Lape Kecamatan Poso Pesisir, Rabu (04/07/18). Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si menghadiri Aksi Gerakan Pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) Kakao. Dalam sambutannya Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si menyampaikan rasa terimakasih kepada Kementrian Pertanian Republik Indonesia melalui bapak Dirjen Perkebunan dan bapak Direktur Perlindungan Perkebunan yang telah memberikan bantuan pada Kelompok Tani Perkebunan Kabupaten Poso berupa bibit kakao sambung pucuk, bibit kelapa dalam, bibit cengkeh dan bibit kopi arabika, semoga bantuan – bantuan tersebut dapat lebih memacu semangat para petani di daerah ini untuk lebih intensif mengolah lahan perkebunannya.

Melalui sambutannya, Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si mengharapkan melalui gerakan pengendalian OPT yang diselenggarakan di daerah kita kabupaten Poso dapat lebih meningkatkan kesejahteraan para petani kakao dengan hasil panen yang maksimal sesuai dengan tujuan pencanangan gerakan OPT ini. Oleh sebab itu, petani melalui kelompok – kelompok tani agar membentuk komunitas petani kakao dengan menggunakan pendekatan yang ramah lingkungan serta mampu menciptakan inovasi-inovasi melalui latihan latihan yang didapatkan melalui bimbingan dari para penyuluh lapangan.

Baca Juga :  Kabupaten Poso menanam 600 pohon

Ditempat yang sama pula, Gubernur Sulawesi Tengah dalam sambutannya menyampaikan bahwa komoditi kakao merupakan salah satu komoditi unggulan perkebunan di provinsi Sulawesi Tengah untuk itu khususnya wilayah Sulawesi telah ditetapkan sebagai salah satu pilar utama pencapaian sasaran produksi kakao 2 juta ton 2020 menuju Indonesia produsen kakao terbesar di dunia. Berbagai upaya telah ditempuh untuk menangani masalah serangan hama penggerek buah kakao dan saat ini telah di perkenalkan kembali cara pengendalian dengan metode “Sarungisasi” yang telah disempurnakan untuk mendukung gerakan nasional percepatan pengendalian hama PBK. Dipilihnya metode ini karena selain lebih efektif dalam pencegahan hama (Penggerek Buah Kakao) PBK pada tanaman kakao juga keuntungan yang akan didapatkan petani adalah mengurangi ketergantungan petani pada penggunaan obat obatan secara kimiawi serta lebih hemat dari sisi biaya produksi.

Baca Juga :  Penyelesaian Masalah Sawit PT. Jaya Abadi, Bapak Bupati Segera Bentuk Tim Khusus

Hal yang sama pula disampaikan oleh Direktur Jendral Perkebunan Kementrian Pertanian menyampaikan bahwa pada tahun 2018 melalui anggaran APBN telah dialokasikan kegiatan gerakan pengendalian OPT seluas 600 ha di kabupaten Poso. Luas pengendalian tersebut hanya sekitar kurang lebih 10% dari luas serangan OPT kakao sebesar kurang lebih 6000 ha. Luas lokasi tersebut sangat kecil dibandingkan dengan luas yang harus dikendalikan. Untuk itu melalui kesempatan ini beliau mengharapkan kepada semua pihak untuk bersama-sama berpartisipasi dan bekerjasama untuk melakukan pendampingan dan pembinaan gerakan pengendalian OPT kakao berupa sarana, SDM, teknologi, serta penguatan kelembagaan.

Berikut daftar penerima manfaat :

  1. Sarungasi Buah Kakao : kelompok tani Mekar Jati, desa Tobe kecamatan Poso Pesisir Utara,
  2. Peremajaan Kelapa :kelompok Tani Panter, desa Bega kec.  Poso Pesisir,
  3. Integrasi Ternak Kambing : kelompok Tani Sehati desa     Taunca kec. Poso Pesisir Selatan,
  4. Alsintan ( traktor) : gabungan kelompok Tani Gapoktan Fajri desa Lape kec. Poso pesisir,
  5. Optimalisasi Lahan sambung Pucuk Kakao : kelompok tani Mitra Jaya kel. Tabalu kec. Poso Pesisir,
  6. Bibit Lada : kelompok Tani Marona desa Soe kec. Pamona Puselemba,
  7. Bibit Cengkeh : kelompok Tani Makmur Toaro desa Sawidago kec. Pamona Utara,
  8. Bibit Kopi kelompok Tani Bina Usaha desa Bumi Bangun Sari kec. Lore Utara,
  9. Alsintan Pompa Air : kelompok Tani Bunga Coklat desa Lape kec. Poso Pesisir,
  10. Alsintan Pengering Biji Kakao : kelompok Tani Sari Batu Karang desa Lape kec. Poso Pesisir,
  11. Integrasi Ternak Sapi : kelompok Tani Tunas Harapan desa Taunca kec. Poso Pesisir Selatan.
Baca Juga :  Penyelesaian Masalah Sawit PT. Jaya Abadi, Bapak Bupati Segera Bentuk Tim Khusus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image