BERBAGI

Dalam rangka merealisasikan kegiatan Indonesiana tahun 2018 di Kabupaten Poso, Selasa (03/07/18), Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu dan sejumlah Kepala Daerah bersama Direktur Jendral Kebudayaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI Dr. Hilmar Farid, menandatangani nota kesepahaman platform kebudayaan Indonesiana dan Penyerahan dokumen pokok pikiran kebudayaan daerah, bertempat di ruang rapat Ditjen Kebudayaan gedung E lantai 4, jln. Jenderal Sudirman Senayan, Jakarta.

Ada banyak cara untuk menarik wisatawan ke sebuah daerah, salah satunya adalah melalui festival kebudayaan. Dan memang strategi melalui pendekatan kebudayaan ini mulai dilirik dan menjadi perhatian serius Pemerintah Daerah Kabupaten Poso sebagai salah satu pendukung dalam memajukan dunia pariwisata di bumi Sintuwu Maroso, kata bupati Darmin usai penandatanganan MOU. Menurutnya, Program Indonesiana ini sebelumnya telah disampaikan pihak Direktorat Jenderal Kebudayaan kepada pemerintah daerah Kabupaten Poso beberapa waktu yang lalu, khususnya berkaitan dengan kolaborasi program Indonesiana dengan pelaksanaan Festival Pesona Danau Tektonik Poso yang akan digelar bersamaan dengan Tour De Central Celebes 14-18 oktober 2018 mendatang.

Baca Juga :  Musyawarah Daerah Muhammadiyah dan Aisyiyah Ke IX Kabupaten Poso

Pada kesempatan itu pihak Direktorat kebudayaan Heru Hidayat menyampaikan bahwa Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI saat ini sedang berupaya untuk memajukan kebudayaan secara berkesinambungan dengan mengacu pada Undang-Undang No. 5 tahun 2017 padal 43 dan 44 yang menyebutkan bahwa dalam memajukan kebudayaan, pemerintah pusat dan daerah bertugas menghidupkan dan menjaga ekosistem kebudayaan yang berkelanjutan. Karena itu diperlukan kerjasama antara pusat dan daerah dalam mengimplementasikan regulasi tersebut. Jadi simpulnya ada disitu, sehingga digagaslah program Indonesiana dgn memilih beberapa daerah yang bisa diajak berkomitmen dalam waktu tiga tahun.

Sementara itu, tujuan besar program Indonesiana adalah memberikan akses kepada para seniman lokal untuk mendapatkan dukungan dari pusat, termasuk penguatan kapasitas bagi seniman lokal. Karena itu dgn adanya pembinaan terhadap seniman lokal diharapkan ekosistem kebudayaan nusantara bisa terpelihara secara berkesinambungan. Berkaitan dengan itu, usai menandatangani MOU platform kebudayaan, Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu menegaskan siap bersinergi dengan pemerintah pusat melalui program Indonesiana yang nantinya akan dikolaborasi dengan beberapa kegiatan yang dikemas dalam event Festival Pesona Danau Tektonik Poso (FPDTP) Oktober mendatang. Bupati Darmin menyambut baik program Indonesiana yang dinilainya merupakan langkah yg sangat tepat dan strategis guna mendorong peningkatan iklim kepariwisataan di Kabupaten Poso dimasa datang.

Baca Juga :  HUT DESA MARANDA DIMERIAHKAN PERTANDINGAN OLAH RAGA DAN SENI

Memang selama ini sektor pariwisata menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten Poso dibawah kepemimpinan Darmin-Samsuri , termasuk didalamnya seni budaya yg selama ini telah memberikan sumbangsi yang cukup besar, bukan saja bagi sektor pariwisata itu sendiri tetapi juga bagi nama baik kabupaten Poso secara menyeluruh. Bahkan menurutnya saat ini Putri Danau Poso 2017 asal Poso Ristra Bela Maharani Tandi yang mewakili Sulawesi Tengah sementara mengikuti pemilihan Miss Earth Indonesia yang akan memasuki Grand Final tanggal 6 juli 2018, di Jakarta.

Bupati Darmin berharap dengan keterpaduan program serta langkah bijak dan strategis yang dilakukan pemerintah dan didukung oleh seluruh masyarakat akan membawa manfaat yang besar bagi masa depan Tana Poso yang lebih baik. Menyinggung tentang pelaksanaan Festival Pesona Danau Tektonik Poso (FPDTP) 2018 yang akan dikemas dalam beberapa jenis kegiatan, Bupati Darmin mengaku siap dan telah beberapa kali melaksanakan rapat dengan OPD terkait guna mempersiapkan agenda tahunan Kabupaten Poso itu secara baik dan berkualitas.

Baca Juga :  Launching Calendar Of Event Central Celebes & TdCC Tahun 2018

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image