BERBAGI

Menjalin hubungan baik antara Pemda Poso dan Touna lewat eksekutif sport yang diselenggarakan oleh Pemda Touna sebagai kunjungan balasan yang dilakukan oleh Pemda Poso dipimpin langsung Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu didampingi Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M. Si bersama sejumlah Pimpinan OPD dan para atlit olahraga yang akan memeriahkan pelaksanaan eksekutif sport yang berlangsung di Ampana Touna.

Ikut serta dalam rombongan Ketua Pengadilan Negeri Poso Safri Abdullah, SH yang juga bertanding mendukung Pemda Poso dalam olahraga tenis melawan Pemda Touna. Adapun sejumlah olahraga yang dipertandingkan pada eksekutif sport ini adalah Futsal, volly ball, takraw, tenis lapangan, tenis meja, bulutangkis dan tarik tambang.

Tim Cerdas tiba di Ampana Touna sekitar pukul 17.00 wita dan disambut hangat dengan jamuan makan malam oleh Wakil Bupati Touna Admin AS Lasimpala, SIP, Sekretaris Daerah Touna Taslim DM Lasupu, SP, MT bersama Kepala Kejaksaan Negeri Touna Hadi Sulamto, SH, MH dan seluruh Pimpinan OPD Kabupaten Touna. Dalam malam keakraban yang dilaksanakan di Marina Cottage pada Kamis, (28/06/18). Pada acara tersebut tampak suasana terjalin akrab antara Pemda Poso dan Touna yang memiliki hubungan sejarah secara administratif, historis, sosial serta cultural ini.

Baca Juga :  Penilaian Tahap V Kabupaten Poso, Menuju Penghargaan Pembangunan Daerah

Hubungan kekerabatan dan rasa persaudaraan yang terbina ini akan terus diupayakan oleh Pemerintah Darmin-Samsuri sebagai bentuk tanggung jawab yang diberikan oleh masyarakat terhadap keberlanjutan pembangunan di Tana Poso dengan tidak mengabaikan hubungan antar Pemerintah Daerah terlebih daerah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Poso seperti Kabupaten Touna. Kerjasama antar pemerintah daerah merupakan suatu isu yang perlu di perhatikan mengingat begitu banyak masalah dan kebutuhan masyarakat di daerah yang harus di atasi dan dipenuhi dengan melewati batas batas wilayah administratif. Oleh karenanya Pemerintahan Darmin-Samsuri terus berupaya menciptakan hal-hal positif melihat letak dan kondisi geografis Bumi Sintuwu Maroso serta perbedaan kondisi sosial budaya, ekonomi, dan politik seperti sekarang ini maka hubungan antara pemerintahan daerah yang satu dengan pemerintah daerah yang lain dinilai patut mendapatkan perhatian serius.

Di hari berikutnya Jumat 29 Juni 2018 senam bersama Pemda Poso dan Touna digelar di halaman belakang kantor Bupati Touna dengan menghadirkan seluruh pegawai di Lingkup Pemda Touna bersama rombongan Cerdas yang berjumlah kurang lebih 150 orang dari Kabupaten Poso. Senam bersama ini dimulai pukul 07.00 wita dan dilanjutkan dengan pertandingan beberapa cabang olahraga lainnya.

Baca Juga :  Peresmian Air Mancur Kabupaten Poso

Salah satu cabang olahraga unggulan yaitu Futsal yang cukup menarik perhatian para penonton dengan pemain utama Bupati Poso turun langsung memimpin Tim Cerdas melawan Tim Touna Hebat yang dikawal oleh Wabup Touna. Pertandingan berlangsung cukup sengit dan menghasilkan hasil seri 5-5.

Ada berbagai keharusan daerah agar peningkatan kesejahteraan masyarakat terwujud sebagaimana tertuang dalam Undang-undang Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, salah satunya adalah bahwa daerah harus menjamin keserasian hubungan antara daerah dengan daerah lainnya, artinya daerah dituntut untuk mampu membangun kerjasama antar daerah untuk meningkatkan kesejahteraan bersama dan mencegah perselisihan antar daerah dalam koridor keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Itulah yang tengah diupayakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Poso saat ini dan salah satunya lewat sarana olahraga kiranya dapat merangkul serta membina hubungan yang baik dengan “pemerintah tetangga” lainnya. Kerja sama daerah merupakan wahana dan sarana untuk lebih memantapkan hubungan dan keterikatan daerah yang satu dengan daerah yang lain dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia, menyerasikan pembangunan daerah, mensinergikan potensi antar daerah dan/atau dengan pihak ketiga serta meningkatkan pertukaran pengetahuan, dan teknologi.

Baca Juga :  Penandatanganan Perjanjian Hibah Kerja Sama Khusus Pansimas

Diakhir pertemuan persahabatan ini ditutup dengan jamuan makan siang bersama dan pemberian cenderamata antara kedua belah pihak. Dalam sambutannya Wabup Touna mengapresiasi segala persiapan yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Poso dalam kunjungan balasan eksebisi sport eksekutif kali ini, “Saya sangat tergetar mendengar suara Mobil Patwal yang membawa rombongan Tim Cerdas kompak Bupati bersama Wabup Poso ke Kabupaten Touna dengan jumlah rombongan yang begitu banyak bila dibandingkan dengan jumlah rombongan Touna pada waktu berkunjung ke Kabupaten Poso”, ungkap Admin AS Lasimpala, SIP. Hal ini menunjukkan adanya keseriusan Bupati Darmin bersama Wabup Samsuri dalam menjalin silaturrahmi dengan Pemda Touna karena dinilai sangat terorganisir.

Sedang dalan sambutan balasannya Bupati Poso mengharapkan semoga dengan adanya kegiatan seperti ini akan mempererat tali persahabatan dan silaturrahmi antara Pemda Touna dan Poso sebagai bagian dari Provinsi Sulawesi Tengah terlebih khususnya bahwa Kabupaten Touna merupakan anak dari Kabupaten Poso yang berbatasan langsung dengan Tana Poso. Sehingga ke depannya dapat mengajak kabupaten-kabupaten lainnya yang berbatasan langsung dengan Poso seperti Kabupaten Parimo juga dapat melaksanakan kegiatan yang sama guna menjalin silaturrahmi seperti ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image