BERBAGI

Sosialisasi Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dan Pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI) bagi pelaku ekonomi. Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si hadir sekaligus membuka secara resmi kegiatan ini. Bertempat di Ancyra Hotel, Pagi tadi Rabu (27/06/18).

Diawali dengan laporan Ketua Panitia Ir. Ari Wijayani, M.P selaku fasilitasi HKI LPPM dari Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta menyampaikan rasa hormat dan berbahagia boleh berada dikabupaten Poso yang ternyata sungguh luar biasa potensi ekonomi kreatif yang berada dikabupaten. Ada potensi kayu hitam (eboni), makanan khas inuyu (nasi bambu), batik Poso yang merupakan batik bercorak khas Kabupaten Poso yang di prakarsai oleh pemerintah daerah yang bisa didaftarkan secara langsung guna mendapatkan hak cipta.

Baca Juga :  Pawai Natal Tahun 2017

Selanjutnya Dr. Ir. Robinson Sinaga, SH.LL.M selaku direktur fasilitasi HKI badan ekonomi kreatif RI menyampaikan bahwa Kabupaten Poso merupakan kota ketiga yang dikunjungi yang merupakan satu kehormatan bagi mereka, beliau menghimbau kepada pelaku usaha ekonomi kreatif apakah itu penjualan produk makanan, minuman pencita lagu, buku, program komputer, seni motif batik, kaligrafi, lukisan, drama, tari dan masih banyak ekonomi kreasi lainnya yang berada di kabupaten Poso.

Khususnya di kota Poso agar lebih meningkatkan kreatifitas, berjualan secara online dan bisa bekerjasama dengan market seperti tokopedia, shoppe dan masih banyak market lainnya yang bisa diperkenalkan bukan hanya di Poso tapi juga di tingkat nasional maupun internasional agar produk yang sudah memiliki hak cipta dengan merek yang terdaftar nantinya dapat mendapatkan keuntungan dan jika memungkinkan akan mendapatkan royalti dari merek/produk tersebut.

Baca Juga :  Wakil Bupati Poso Hadiri Tabligh Akbar Kecamatan Lage

Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri,M.Si dalam sambutannya menyampaikan rasa hormat dan terimakasih kepada tim yang sudah memilih kota Poso bekerjasama dengan Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Kabupaten Poso menyelenggarakan Sosialisasi dan bagi pelaku usaha boleh mendaftarkan diri secara langsung tanpa di pungut biaya guna memperoleh Merek, merek jasa, merek kolektif, merek dagang, hak cipta dan desain industri dengan syarat dan kriteria yang ada, menunjukan produk dan desain karya buatan sendiri dengan mengisi formulir yang disediakan.

Wakil Bupati memperkenalkan berbagai kekayaan yang ada dikabupaten Poso yang bisa dijadikan peluang usaha. Tinggal sejauh mana kita mampu untuk memanfaatkan potensi alam dan mengoptimalkan potensi diri untuk dapat mengolah hal yang biasa menjadi luar biasa. Pengolahan yang baik, disertai dengan target produk unggul. Akan mampu bersaing dipasar Nasional maupun pasar dunia. Untuk menghindari penyimpangan, makax dapat didaftarkan untuk memberikan label, sehingga produk yang dihasilkan masyarakat dapat berdaya saing.

Baca Juga :  Peringatan Hari Nusantara dan Bela Negara Ke-69

Diakhir sambutannya Ir. Samsuri, M.Si menghimbau kepada seluruh peserta sosialisasi agar mengikuti kegiatan ini dengan baik sehingga apa yang diharapkan khususnya didalam memahami aturan dan cara memperoleh kekayaan hak cipta/Hak kekayaan intelektual dapat memicu peningkatan kesejahteraan dan peningkatan pendapatan masyarakat dan daerah. Acara ini dilanjutkan dengan sosialisasi dan pendaftaran gratis HKI di bidang ekonomi kreatif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image