BERBAGI

Bersama Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H. Longki Djanggola. Msi, Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu dan 6 orang Bupati lainnya (yang diwakili) dimana daerahnya yang merupakan jalur lintas TDCC, serta  didampingi Kadis Pariwisata Sulawesi Tengah, dan sejumlah Kadis Pariwisata Kabupaten/Kota, siang tadi Senin (25/06/18) melaksanakan audiens dengan Menteri Pariwisata Republik Indonesia Dr. Ir. Arief Yahya, M.Sc, yang berlangsung di Kantor Kementrian Pariwisata RI Jln. Medan Merdeka Barat no. 17 Jakarta Pusat.

Pelaksanaan audiens tersebut berkaitan dengan event Tour de Central Celebes (TDCC) yang kembali akan di gelar di Provinsi Sulawesi Tengah pada tgl 14-18 oktober 2018 yang akan datang. Pada kesempatan itu gubernur Longki Djanggola menyampaikan perihal kesiapan provinsi sulawesi tengah khususnya 7 Kabupaten/kota yg menjadi daerah lintas pelaksanaan TDCC. Berbeda dengan pelaksanaan TDCC tahun sebelumnya, TDCC tahun ini akan melintasi 7 wilayah kabupaten/kota yakni kabupaten Banggai, kabupaten Tojo Una Una, Kabupaten Poso, Kabupaten Parigi Moutong, Kabupaten Sigi, kabupaten Donggala dan Kota Palu.

Baca Juga :  Bupati Hadiri Musyawarah Adat Lembaga Adat Pamona Poso, Sekaligus Melantik Dan Mengukuhkan Pengurus Harian Komunitas Ratontinimbo

Sementara itu untuk Kabupaten Poso sendiri yang menjadi tempat star etape 3, Bupati Darmin menjelaskan, sesuai kesepakatan rapat dengan pihak ISSI dan panitia pelaksana, peserta TDCC akan mengambil titik star semu di obyek wisata Saluopa dan titik star yang sebenarnya di desa Tonusu. Penentuan titik star yang mengambil lokasi di obyek wisata air terjun Saluopa dimaksudkan untuk memperkenalkan keindahan destinasi pariwisata kabupaten Poso kepada para peserta TDCC sebagai bagian dari ajang promosi yang diharapkan mampu mendongkrak peningkatan arus kunjungan wisata manca negara di Kabupaten Poso.

Menyinggung tentang kesiapan Kabupaten Poso terhadap pelaksanaan TDCC 2018, Bupati Darmin menyatakan siap mendukung sepenuhnya pelaksanaan TDCC bahkan Ia mengaku telah membentuk panitia dan telah beberapa kali melaksanakan rapat persiapan baik dengan pihak Provinsi Sulteng maupun internal Kabupaten Poso sendiri. Hal ini sekaligus membuktikan adanya keseriusan kabupaten Poso menyambut event internasional tersebut. Selain itu, pelaksanaan TDCC juga akan disesuaikan dengan pelaksanaan Festival Pesona Danau Tektonik Poso (FPDTP) serta beberapa event penting lainnya. Sehingga diharapkan melalui beberapa kegiatan yang dikemas dalam satu event, akan membawa dampak positif baik bagi dunia kepariwisataan itu sendiri maupun bagi peningkatan ekonomi masyarakat secara menyeluruh terutama yg ada diwilayah tempat pelaksanaan kegiatan.

Baca Juga :  Pelantikan Pengurus Taekwondo Indonesia Kabupaten Poso

Oleh sebab itu diharapkan agar semua pihak dapat memberikan dukungan penuh sehingga kegiatan tersebut dapat berjalan lancar dan sukses. Menurut Bupati Darmin, pemerintah saat ini terus memberikan perhatian yang cukup besar terhadap pengembangan kepariwisataan termasuk seni budaya sebagai faktor pendukung. Menurutnya, seni budaya Kabupaten Poso selama ini telah banyak memberikan sumbangsi positif dengan membawa nama harum Bumi Sintuwu Maroso baik di tingkat Provinsi maupun nasional. Dan saat ini kata Bupati Darmin, Kabupaten Poso kembali dipercayakan mewakili Sulawesi Tengah mengikuti event nasional yakni pemilihan Miss Earth Indonesia 2018 di Jakarta yang berlangsung sejak tanggal 25 juni- 7 juli 2018.

Dengan mengikutsertakan finalis Puteri Danau Poso 2017an, Ristra Bela Maharani Tandi yang telah memasuki grand final dan saat ini sementara menjalani masa karantina dan akan mengikuti beberapa tahapan kegiatan antara lain, foto shot evening gown dan nasional kostum tema the uniquines lake Poso, prosentase dan promosi Danau Poso serta talent show sebelum pelaksanaan final yang dilaksanakan pd tanggal 6 juli 2018. Bertempat di hotel Ibis Budget Daan mogot Jakarta Barat. Semoga saja Kabupaten Poso kembali akan bersinar diajang bergengsi ini, harap Bupati Darmin optimis.

Baca Juga :  Seminar Laporan Antara Penyusunan RIPPARKAB Poso

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image