BERBAGI

Bertempat di ruang kerja Bupati Poso, Tim Asosiasi APEPPI Sulteng melakukan tatap muka dengan Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu untuk mengkomunikasikan mengenai rencana Pemerintah Pusat untuk Program rumah sejuta rumah dan Kabupaten Poso termasuk dalam salah satu daerah yang akan menikmati pembangunan rumah ini. Kegiatan ini dibawah komando Kementrian PUPR Republik Indonesia. Kamis,(21/06/18).

Ketua Asosiasi APEPPI Sulawesi Tengah untuk program sejuta unit rumah Ferry Muslym melaporkan kepada Bupati Poso bahwa dalam waktu dekat akan melaksanakan sosialisasi mengenai program ini kepada para kepala OPD, pihak TNI dan POLRI sebagai calon penerima/pemilik rumah yang nantinya akan dibangun. Diperuntukan bagi yang belum memiliki rumah, masyarakat juga dapat memiliki dengan berbagai macam persyaratan yang salah satunya adalah memiliki BPJS dan lebih jelasnya akan dibicarakan pada saat Sosialisasi.

Baca Juga :  PENYERAHAN RANCANGAN PERDA RPJMD TAHUN 2016-2021

Lebih lanjut, Koordinator APEPPI Sulteng, Sadrak Matasak, bersama anggota APEPPI Moh. Hasyim Dg Situju menyampaikan bahwa rumah murah dan tanpa DP ini merupakan Program Pemerintah Pusat diperuntukan bagi PNS, TNI dan POLRI yang belum memiliki rumah. Masyarakat lain juga dapat memilikinya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Rencana pembangunan akan dilaksanakan di kelurahan Moengko, sebanyak 300 unit dan kelurahan Ranononcu sebanyak 200 unit. Target 10 ha lahan yang akan menjadi lokasi pembanguman. Pelaksanaannya bertahap sampai dengan tahun depan (2019) yang rencananya akan dibangun hingga mncapai 1300 unit. Bank BPD yang sudah menjawab mampu untuk bekerjasama, dalam hal ini sebagai tempat menitipkan dana.

Baca Juga :  Komitmen Pembangunan Kawasan Agrowisata "Lembah Mesale"

Start awal dana yang akan digontorkan mencapai 86 Milyard untuk 500 unit rumah. Rumah yang akan dibangun, tipe 3×6 dengan luas lahan sekitar 10×15 berbentuk kopel, 1 kopel terdiri dari 2 unit. Kondisi ini memungkinkan masih ada halaman kosong yang dapat digunakan oleh pemilik rumah untuk menambah kreasi memperindah halaman.

Bupati Poso sangat mendukung program ini dan Pemda akan membantu seperlunya untuk mempercepat proses terlaksananya kegiatan ini. Disamping tidak menggunakan DP/uang muka, rumahnya juga dapat langsung di angsur setelah calon pemilik mendapatkan kunci rumah, dengan jumlah angsuran yang sangat kecil sekitar seratus ribu lebih dan nantinya akan disesuaikan pada saat sosialisasi.

Pelaksana pekerjaan, oleh PT. Nawawi Putera Pratama yang beralamat di Poso. Sangat banyak bantuan yang masuk untuk Kabupaten Poso, sehingga Bupati Poso meminta untuk terus berupaya dan bekerja keras agar pencapaian pmbangunan dapat segera terlaksana dengan baik. Dan masyarakat sebagai penikmat akan merasakan manfaatnya. Mari bersama untuk mengerjakan kebaikan.

Baca Juga :  PEMBUKAAN MUSREMBANG KABUPATEN POSO TAHUN 2015

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image