BERBAGI

Pj. Sekda Kabupaten Poso, Drs. Joksan Lakukua menghadiri sekaligus membuka kegiatan Pemantapan Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Ranah Pemerintahan, yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan & Kebudayaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Balai Bahasa Sulawesi Tengah.

Kegiatan ini direncanakan akan berlangsung selama 3 hari, mulai tanggal 06 – 08 Juni 2018. Pj. Sekda Kabupaten Poso, Drs. Joksan Lakukua mewakili Bupati Poso membuka kegiatan ini secara langsung, di dampingi yang mewakili Dandim 1307 Poso dan yang mewakili Ketua Kejaksaan Negeri Kabupaten Poso. Bertempat di Hotel Kartika Poso, (06/06/18).

Sambutan ketua panitia, Aminah, SS., M.Pd menyampaikan bahwa Kegiatan ini diikuti oleh pejabat dan staf di masing-masing instansi sebanyak 2 (dua) orang. Peserta yang hadir mewakili instansi masing-masing sejumlah 80 orang. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengaktualisasikan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan kaidah yang berlaku. Disamping itu untuk memperbaiki surat dinas baik yang keluar ataupun masuk agar penulisan dan penggunaan kata tepat.

Sambutan Kepala Balai Bahasa Sulawesi Tengah Drs. Adri, M.Pd. Balai Bahasa merupakan instansi vertikal dibawah Kementrian Pendidikan & Kebudayaan. Balai Bahasa di tahun 2018 menjangkau seluruh Kabupaten/Kota se Sulawesi Tengah. Melalui sambutannya, menyampaikan bahwa Sumpah Pemuda telah mengakomodir permasalahan Bahasa untuk memudahkan kita dalam berkomunikasi. Bahasa Indonesia lebih tua dari usia Kemerdekaan. Alangkah tidak elok jika masing-masing kita menggunakan Bahasa daerah dalam berkomunikasi, maka tidak akan terjalin komunikasi yang baik dan akan membuat jarak serta akan menimbulkan ketersinggungan karena ketidak pahaman akan bahasa yang lain. Bahasa Inggris lebih banyak kosa katanya dibandingkan dengan bahasa Indonesia. Dengan kenyataan tersebut, maka kami akan berupaya untuk menambah kosa kata bahasa Indonesia melalui pembakuan bahasa daerah yang sangat kaya kita miliki.

Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Poso, Drs. Joksan Lakukua dalam sambutan Bupati yang dibacakan menyampaikan, bahasa Indonesia harus digunakan, bahasa ingris harus dikuasai dan bahasa daerah harus dilestarikan. Undang-undang nomor 24 tahun 2009 mengamanatkan bahwa Bahasa Indonesia wajib digunakan dalam pelayanan Administrasi Publik dan Komunikasi Resmi di lingkungan kerja Pemerintah dan Swasta, karena itu penyuluhan yang diselenggarakan saat ini akan memberikan informasi yang benar pada instansi Pemerintah, baik secara lisan mauoun tulisan melalui surat dan sebagainya.

Pemerintah Daerah sangat mendukung pelaksanaan kegiatan penyuluhan ini sebagai salah satu upaya meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan para pejabat dan staf dilingkup Pemda didalam berkomunikasi yang efektif melalui penggunaan Bahasa Indonesia dengan tepat sesuai kaidah bahasa secara verbal maupun non verbal. Disamping itu, melalui penyuluhan bahasa Indonesia ini dapat memberikan makna yang hakiki betapa pentingnya kita wajib memiliki bahasa Nasional sebagai bahasa pemersatu Bangsa yang terdiri dari bermacam-macam Suku, Agama, Budaya dan Bahasa yang berbeda-beda. Sehingga dengan Bahasa Indonesia yang kita miliki punyai akan menjadi jembatan penghubung didalam berkomunikasi antar suku, antar etnis dalam masyarakat Plural. Oleh karena itu, kita patut bersyukur dengan kekayaan Bahasa Indonesia yang kita miliki, harus kita pelihara dan pelajari lebih lanjut baik untuk kepentingan formal maupun mon formal sebagai bahasa pengantar sehari-hari.

Diharapkan bagi seluruh peserta untuk mengikuti kegiatan ini sampai tuntas, memberikan kontribusi baik dalam bentuk saran, pertanyaan dan informasi seputar penggunaan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar khususnya di dalam instansi pemerintahan sehingga kegiatan ini dapat berjalan Dinamis dan Interaktik antara pemateri dengan peserta. Juga terhadap pemateri untuk menggunakan bahasa dan gaya komunikasi yang menarik dan tidak monoton sehingga para peserta dapat mengikuti penyuluhan ini dengan baik dan mengerti serta paham apa yang dusampaikan oleh pemateri.

Baca Juga :  Hari Ulang Tahun Desa Peura Ke-129

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image