BERBAGI

Sabtu, (26/05/18) bertempat di Hotel Natuna Poso, Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si menjemput dengan hangat kedatangan Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H. Longki Djanggola, M. Si bersama rombongan dalam rangka Safari Ramadhan Provinsi. Rombongan Gubernur yang tiba sekitar pukul 16.00 wita itu, sehubungan dengan upaya menjalin silatuhrrahmi antara Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah dan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso yang dipimpin oleh Darmin-Samsuri. Pada Safari Ramadhan Provinsi kali ini juga Gubernur Longki membawa serta Ketua MUI Kota Palu Prof. Dr. H. Zainal Abidin, M. Ag dan Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Sulawesi Tengah H. Rusman Langke, M. Pd yang akan menjadi penceramah di Mesjid Baitul Makmur Kelurahan Gebangrejo Kecamatan Poso Kota dan Mesjid Nurul Iman Desa Toini Kecamatan Poso Pesisir bersama-sama dengan rombongan.

Bulan Suci Ramadhan lebih sering dijadikan sebagai jembatan untuk lebih dekat kepada ALLAH SWT  dan hubungan antar sesama umat manusia terlebih khususnya antara Pemerintah dan masyarakat. Hal ini dilakukan dengan berbagai cara diantaranya kegiatan berbuka atau shalat tarawih bersama. Pelaksanaan Safari Ramadhan Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah di Kabupaten Poso ini juga menghadirkan beberapa Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Poso seperti Dandim 1307 Poso, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Poso, Wakapolres Poso, Kasubdenpom Poso, Rektor UNSIMAR dan sejumlah tokoh-tokoh agama serta tokoh-tokoh masyarakat lainnya baik muslim maupun non muslim. Kegiatan ini menunjukkan bukti adanya keberagaman agama, suku dan budaya di Bumi Sintuwu Maroso namun mampu memberikan suasana toleransi yang tinggi serta rasa persaudaraan di Tana Poso.

Baca Juga :  Bupati Lepas Kontingen Sepak Bola PT. Poso Energy Dan Kontingen Lomba Hari Pangan Sedunia

Dalam sambutan selamat datang yang disampaikan oleh Wabup Samsuri mengapresiasi bentuk perhatian yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi kepada Pemerintah Kabupaten Poso dimana Gubernur selalu meluangkan waktu untuk datang berkunjung langsung di Kabupaten Poso.

Tradisi silaturrahim ini dilakukan setiap tahunnya karena memiliki efek yang sangat konstruktif baik bagi kehidupan individu maupun social khususnya hubungan antara Pemerintah Provinsi dengan Kabupaten dan masyarakat. Bulan Ramadhan selain mewajibkan untuk berpuasa namun juga dianjurkan untuk memperbanyak ibadah-ibadah lain, seperti shalat tarawih, membaca Al-Qur’an, sedekah, infaq, dan ibadah serta amal-amal lainnya. Dimana itu semua dikarenakan bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan rahmat dan ampunan dari Allah SWT serta menjadi ajang transformasi kesadaran (ruhaniyah) agar lebih peka dan peduli pada sesama. Karena itu, bulan Ramadhan bisa menjadi ajang perbaikan bagi kita semua sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing.

Baca Juga :  Puncak HUT Kota Poso Yang Ke-122

Tauziah Kali ini disampaikan oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Poso H. Arifin Tuamaka sambil menunggu buka puasa bersama mengatakan bahwa inti dari berpuasa adalah mendidik agar jiwa-jiwa umat dapat berubah dari sifat sombong menjadi rendah hati. Dengan berpuasa diharapkan ada perubahan-perubahan sikap yang terjadi dimana umat melakukan introspeksi diri serta menyucikan hati dan jiwa dengan menghilangkan perasaan dendam dan dengki. Masyarakat Kabupaten Poso sendiri sebenarnya adalah mayarakat yang taat beragama serta toleran terhadap umat agama lain sehingga Ketua MUI itu kagum akan kehadiran beberapa tokoh-tokoh agama lain seperti Ketua Majelis Klasis Poso Kota Pdt. Budi Tarusu yang juga ikut dalam acara tersebut. Dengan menjaga nilai-nilai silatuhrrahmi di Tana Poso merupakan upaya bersama untuk bersama-sama Pemerintah membangun masyarakat di Bumi Sintuwu Maroso yang aman, damai dan sejahtera.

Baca Juga :  Rakor Tim Pengawasan Orang Asing Kabupaten Poso

Acara pun diakhiri dengan buka puasa bersama seluruh warga masyarakat Kota Poso dari berbagai kalangan. Acara berlangsung dengan khidmat dan penuh dengan suasana keakraban antara Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten Poso serta warga masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image