BERBAGI

Bupati Poso memimpin langsung rapat persiapan Tour de Central Celebes (TdCC) bersama beberapa Kepala OPD terkait, Kepala Bagian Lingkup Pemda Kabupaten Poso dan Camat Pamona Puselemba serta Pamona Utara yang keseluruhan merupakan panitia dalam kegiatan ini.

Pertemuan ini dilaksanakan di ruangan rapat Bupati kantor Bupati Poso, Rabu (23/05/18). Rencana kegiatan, menurut Sekretaris Dinas Pariwisata yaitu pada etape 1 Luwuk menuju Ampanan, etape ke 2 Ampana menuju Poso dan finish di Kota Poso, tepatnya (ujung jalur dua) seluruh peserta akan dijamu makan siang dan beberapa macam atraksi. Setelah itu peserta akan dibawa menuju ke tentena menggunakan kendaraan yang disiapkan. Rencananya para atlit pesepeda akan menginap di Siuri & Saluopa).

Pembukaan FDP akan dimulai pada tanggal 15-19 Oktober 2018. Sementara TdCC akan dimulai pada tanggal 16 Oktober 2018. Beberapa materi lomba kesenian bekerjasama dengan Dinas P&K. Selanjutnya peserta akan dibawa ke air terjun Saluopa untuk berekreasi melihat keindahan alamnya serta akan melakukan study tour. Start akan dilakukan setelah seluruh atlit melakukan registrasi. Peserta bersama rombongan pejabat dan masyarakat akan bersama para atlit melakukan start semu menuju Desa Tonusu, dan dari sinilah para atlit akan start yang sesungguhnya menuju Kabupaten Parigi Moutong (jalur terpanjang) dalam Tour kali ini. Tersedia sebanyak 185 unit kamar hotel yang memenuhi standar dan diperuntukkan bagi seluruh peserta.

Baca Juga :  LPI Poso resmi digulirkan

Persiapan-persiapan lainnya akan dilakukan dan disediakan seperti tahun sebelumnya saat Tour de Central Celebes dilaksanakan pertama kali di Propinsi Sulawesi Tengah namun akan dilakukan perbaikan sehingga lebih maksimal. Banyak pertimbangan yang mengharuskan rute Ampana finish di Kota Poso, sementara rute Poso-Parigi dimulai dari Desa Tonusu. Sesuai survey yang telah dilakukan, banyak atlit yang gugur menempuh finish di Tentena start dari Ampana, dikarenakan rute yang extrim dan cuaca yang berubah drastis dari oanas ke sejuk, sehingga kali ini finish dilaksanakan di Poso dan star nantinya akan dilaksanakan di Saluopa.

 

Bupati Poso, Darmin Agustinus Sigilipu mengharapkan terutama bagi Camat Pamona Pusalemba dan Camat Pamona Utara agar mengkoordinasikan dengan PDAM, untuk menyiapkan jumlah air dalam volume yang memadai sehingga seluruh masyarakat termasuk pendatang dapat terpenuhi kebutuhannya akan air bersih. Saluopa sebagai tujuan wisata yang akan dijadikan tempat santai bagi para peserta dan seluruh pengunjung, untuk itu harus dipersiapkan. Bupati juga sudah mengkoordinasikan dengan Dandim dan Kapolres untuk mengerahkan anggotanya bersama para ASN dan masyarakat untuk melakukan kerja bakti menyiapkan lokasi yang akan dikunjungi oleh para atlit dan oficial.

Baca Juga :  Upacara Peringatan Hartiknas

Bupati Poso juga menambahkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan nantinya harus dipersiapkan dengan matang agar semuanya bisa berjalan lancar. Masyarakat Kabupaten Poso diharapkan turut mensukseskan kegiatan besar ini. Pemda Kabupaten Poso bekerjasama dengan Kementrian Pertanian akan mengadakan pertunjukan Orksestra oleh Diki Darmawan yang akan dikolaborasikan dengan alat musik tradisional khas Kabupaten Poso. Masyarakat Kabupaten Poso akan dihibur dengan bermacam hiburan yang menarik.

Mengakhiri rapat, Bupati Poso menghimbau kepada seluruh panitia untuk menyiapkan segala hal yang dibutuhkan, agar pada rapat berikutnya semuanya sudah lengkap.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image