BERBAGI

Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si secara resmi melepas Tim Safari Ramadhan Pemda Kabupaten Poso Tahun 1439 H/2018 M, sekaligus Buka Puasa bersama, Bertempat di rumah Wakil Bupati Poso, Senin (21/05/18).

Hadir dalam kegiatan tersebut Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Poso, Rektor Unsimar Poso, Ketua MUI Kab. Poso, Ketua Sinode GKST, Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Poso, Staf Ahli Bupati Poso, Asisten, Pimpinan OPD di Lingkungan Pemda Kabupaten Poso, Camat Poso Kota Bersaudara dan Lage, Para Penceramah, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Perempuan dan undangan lainnya.

Suasana keakraban sangat terasa, kegiatan yang setiap tahunnya dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Poso melalui Bagian Kesramas Setdakab Poso menjadi momentum penting terjalinnya hubungan silahturahim antar umat beragama.

Dalam Laporan Panitia yang disampaikan oleh Kepala Bagian Kesramas Setdakab Poso Drs. H. Moh. Yunus M.Pdi bahwa kegiatan Safari Ramadhan merupakan program yang telah diagendakan setiap tahun dimana tahun ini ada 5 (lima) Kecamatan yang menjadi tempat untuk melaksanakan Buka Puasa Bersama yaitu diwilayah Kecamatan Poso Pesisir dan Poso Pesisir Selatan dipusatkan di Kecamatan Poso Pesisir Selatan bertempat di Mesjid Babbul Jannah Desa Taunca, wilayah Kecamatan Poso Pesisir Utara buka puasa bersama bertempat di Mesjid Nurul Huda Desa Tambarana, wilayah Kecamatan Lore Utara dan Kecamatan Lore Timur dipusatkan di Mesjid Al Munawarah Desa Watumaeta, Wilayah Kecamatan Pamona Selatan Buka Puasa Bersama akan dipusatkan di Mesjid Al Anshar Desa Pandajaya, dan wilayah Kecamatan Pamona Puselemba bertempat di Mesjid Baitullah Tentena. Kegiatan ini diharapkan akan membawa perubahan yang lebih baik untuk Poso ke depan, menjalin hubungan silaturahim baik itu sesama umat beragama maupun antar umat beragama lainnya dan membawa pencerahan yang baik bagi masyarakat khususnya umat muslim sehingga dalam menjalankan ibadah puasa sebulan lamanya Allah SWT, akan selalu melimpahkan berkah untuk kita semua.

Baca Juga :  Tim Safari Ramadhan Kunjungi Poso Pesisir Utara

Selanjutnya Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si selaku Ketua Tim Safari Ramadhan Pemda Kabupaten Poso menyampaikan sambutan Bupati Poso. Dalam sambutannya, Bupati Poso mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh panitia yang tergabung dalam Tim Safari Ramadhan Tahun ini, semoga misi keagamaan dan syiar Islam untuk lebih meningkatkan Silaturahim dan Ukhuwah serta penyampaian informasi informasi penting dari Pemerintah Daerah kepada masyarakat melalui Ceramah dan Tauziah dapat diemban dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya di wilayah masing-masing yang akan dituju oleh Tim dan Penceramah Kabupaten.

Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh kemuliaan dan penuh berkah sehingga umat muslim harus memanfaatkan keutamaan bulan suci Ramadhan ini untuk beribadah, meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kemuliaan bulan suci Ramadhan juga memberikan inspirasi tentang pentingnya hidup dalam kebersamaan dan kemajemukan yang akan menumbuhkan solidaritas yang tinggi antar sesama. Dengan ibadah puasa ini akan memberikan refleksi positif sehingga kita dapat lebih peka untuk membantu saudara-saudara kita melalui zakat, infaq dan shadaqah serta perbuatan saling tolong-menolong lainnya yang dianjurkan dalam agama, karena itu hubungan antar sesama manusia dalam suasana Ramadhan ini harus kita tingkatkan dan kokohkan melalui kebersamaan kita seperti dalam acara buka puasa bersama ini yang juga turut diikuti oleh rekan-rekan non muslim sebagai bukti betapa indahnya kebersamaan dalam keberagaman dan perbedaan bersama saudara-saudara kita masyarakat sintuwu maroso tercinta. Melalui safari Ramadan ini kita juga dapat meluruskan isu-isu yang berkembang di masyarakat luas serta mencegah masuknya paham-paham yang bertentangan dengan nilai-nilai dan ajaran agama serta faham-faham kebencian dan perpecahan yang sengaja dihembuskan untuk mengajarkan pemahaman aqidah kita dan semangat toleransi yang sudah terbangun indah di tanah Poso ini

Baca Juga :  Lokakarya Konsultasi Penyusunan RAD Perempuan Poso

Di akhir sambutannya beliau mengharapkan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Poso khususnya masyarakat muslim Poso untuk terus memberikan dukungan dan sinergitas kepada Pemerintah Daerah sehingga harapan bersama untuk mewujudkan Kabupaten Poso yang Cerdas menuju Piala Adipura dapat kita capai dalam waktu yang tidak begitu lama bersama seluruh elemen masyarakat Poso dan stakeholder lainnya. Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Poso, Wakil Bupati Poso melepas Tim Safari Ramadhan Pemda Kabupaten Poso Tahun 1439 H/2018 M, yang dilanjutkan dengan Buka Puasa Bersama, Sholat Magrib Berjama’ah dan Makan Malam Bersama.

Selesai makan malam bersama, Tim Safari Ramadhan Pemda Kabupaten Poso langsung menuju ke mesjid mesjid di wilayah Kecamatan Poso Kota Bersaudara dan Lage untuk melaksanakan Sholat Isya dan Tarawih Berjama’ah sesuai dengan jadwalnya masing-masing.

Baca Juga :  Puncak HUT Kota Poso Yang Ke-122

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image