BERBAGI

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu menghadiri sekaligus memberikan sambutannya pada Acara Penutupan Kegiatan Operasi Teritorial (Opster) TNI Sintuwu Maroso I Tahun Anggaran 2018, pada Sabtu (19/5/2018), yang dihadiri langsung oleh Pangdam 13 Merdeka Mayjen TNI Madsuni, SE bersama Ketua Persit Candra Kirana Kodam 13 Merdeka.


Dalam Sambutanya Bupati Poso mengucapkan terima kasih dan Apresiasi yang tinggi kepada Pangdam 13 Merdeka dan segenap anggota TNI yang terlibat langsung maupun tidak langsung sehingga kegiatan Opster TNI Tahun Anggaran 2018 di Kabupaten Poso dapat terlaksana dengan sukses.

Dikatakannya kegiatan Opster merupakan wujud Bhakti TNI terhadap Nusa dan Bangsa khususnya di dalam menciptakan situasi yang kondusif demi kelancaran pembangunan didaerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, juga menumbuhkan semangat nasionalisme yang tinggi disegala aspek kehidupan, dengan mengutamakan kepentingan nasional daripada kepentingan individu , kelompok, golongan, suku bangsa atau daerah.


Disamping itu, kegiatan opster TNI mendorong terlaksananya sistem pertahanan dan keamanan untuk meminimalisir potensi konflik yang menyebabkan terjadinya disintegrasi bangsa.berbagai upaya dan kerja keras yang dilakukan pemerintah daerah bersama seluruh komponen bangsa dan daerah selama ini adalah untuk membangun kembali citra kabupaten Poso serta mengangkat harkat dan martabat masyarakat kabupaten Poso, untuk bisa sejajar dengan masyarakat daerah lainnya yang sudah berkembang di Indonesia.
Bupati Poso juga berterima kasih atas Dukungan dari TNI/Polri sehingga hal ini menjadi motivasi untuk senantiasa berbuat yang lebih baik bagi negeri ini. kepada masyarakat khususnya desa desa yang menjadi wilayah sasaran kegiatan opster ini, saya minta agar seluruh hasil karya yang telah dikerjakan melalui kegiatan opster ini, terus dipelihara dengan baik termasuk sikap kebersamaan dan persaudaraan yang selama ini terbangun dengan baik, hendaknya dapat dijadikan kekuatan untuk lebih membangun tana poso kedepan kearah yang lebih baik ujar Bupati Poso.

Baca Juga :  Peningkatan Status Rumkitban dr. Yanto SP.OT menjadi Rumah Sakit Tkt. IV


Selanjutnya Panglima Kodam XIII Merdeka, Mayor Jenderal TNI Madsuni, SE memberikan sambutan sekaligus menutup secara resmi Kegiatan Operasi Teritorial (Opster) TNI Sintuwu Maroso I Tahun Anggaran 2018. Diawal sambutannya beliau mengucapkan selamat menunaikan ibadah Puasa bagi umat muslim dikabupaten poso yang sedang melaksanakannya.
Dikatakan bahwa kegiatan ini merupakan sinergitas yang positif sejalan dengan nilai kearifan lokal “Sintuwu Maroso” beliau juga berharap agar opster TNI tidak hanya menghasilkan output berupa fisik semata, namun juga mampu membangun karakter bangsa, khususnya generasi mudanya.
“Oleh karena itu, pada kesempatan yang baik ini saya selaku Pangdam 13 Merdeka dan selaku penanggung jawab opster TNI “Sintuwu Maroso I” diposo tahun anggaran 2018, menyampaikan ucapan terima kasih sebesar besarnya kepada semua pihak dan elemen masyarakat yang telah membantu secara moril dan materil sehingga kegiatan opster TNI dapat berjalan dengan baik dan lancar’ ucap Madsuni.

Baca Juga :  Gerakan Tanam Kedelai Desa Dewua


Dengan kegiatan ini hasil yang sangat signifikan dapat masyarakat rasakan antara lain 71 rumah tidak layak huni (RTLH) dan 4 rumah ibadah telah direhab. berbagai kegiatan non fisik yakni kegiatan sosial kemasyarakatan seperti penyuluhan, pengobatan massal, puskesmas keliling, pramuka dan pelatihan untuk meningkatkan rasa nasionalisme, wawasan kebangsaan dan kesehatan masyarakat juga telah dilaksanakan dengan baik dan lancar.
Tugas pokok TNI sebagaimana tercantum dalam undang undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI adalah menegakan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara. sebagai implementasinya TNI menggelar operasi teritorial di 7 Kotamaops dan salah satunya dilaksanakan di wilayah Poso untuk memulihkan situasi yang pernah terganggu oleh berbagai aksi teror dan gangguan keamanan lainnya.

Baca Juga :  Wapres Jusuf Kalla Kunjungi 4 Lokasi Dalam Kunjungan Seharinya DiPoso


Diakhir sambutannya Pangdam 13 Merdeka mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk tetap menjaga dan memelihara situasi yang sudah kondusif agar kehidupan masyarakat bisa kembali seperti sedia kala. beliau juga akan mengevaluasi kegiata opster yang telah dilaksanakan untuk kemudian akan dijadikan rujukan dalam kegiatan selanjutnya.
Acara kemudian dilanjutkan dengan Pemukulan Gong oleh Pangdam 13 Merdeka didampingi Danrem 132 Tadulako, Bupati Poso, Wakil Bupati Poso bersama Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kab. Poso dan Rektor Unsimar Poso.
Selanjutnya penyerahan Piagam Penghargaan Pemerintah Daerah Kab. Poso bagi Babinsa Berprestasi, Gus Yusuf dan Santri diserahkan oleh Bupati Poso, Penyerahan 1 Unit Sepeda Motor Perpustakaan Keliling kepada Babinsa, dan penyerahan Sembako dan Santunan kepada Masyarakat dan Yatim Piatu yang diserahkan oleh Pangdam XIII/Merdeka.


Turut hadir pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri M.Si, Danrem 132 Tadulako, Para anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Poso, Komandan Batalyon 714 Sintuwu Maroso, Rektor Unsimar Poso, Para Kepala OPD Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso, Pimpinan Instansi Vertikal, Para Camat, Lurah/Kades, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Dan Tokoh Wanita diwilayah Poso Pesisir dan Sekitarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image