BERBAGI

Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri,M.Si bersama Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Poso, menyalurkan atas pendistribusian Dana Zakat Infaq dan Shadaqah kepada mustahiq yang berada diwilayah Kecamatan Poso Kota, bertempat dihalaman Kantor Baznas Kabupaten Poso, Rabu (16/05/18). Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Ketua dan bersama pengurus Baznas Kabupaten Poso, Kadis Tenaga Kerja & Transmigrasi Kabupaten Poso, beberapa perwakilan OPD dilingkungan Pemda Kabupaten Poso, Kabag Kesra Setdakab Poso, Camat Poso Kota bersama para Lurah serta Ketua PBHI Kabupaten Poso.

Acara diawali dengan pembacaan ayat-ayat suci Alquran yang dibacakan oleh Rahmi Ramadanti dan setelah itu dilanjutkan dengan sambutan Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Poso Kisman Lantang, SE, M.Si. Dalam sambutannya menyampaikan bahwa BAZNAS menargetkan akan menyalurkan bantuan kepada +400 mustahiq yang ada di empat Kecamatan Poso Kota Bersaudara dan Lage. Untuk saat ini BAZNAS akan menyalurkan bantuan kepada 126 mustahiq yang berada diwilayah Kecamatan Poso Kota. Harapannya target penyaluran bantuan di 4 (empat) Kecamatan tersebut dapat terselesaikan dibulan Ramadhan ini . Selain itu BAZNAS juga berencana akan melakukan pendataan mustahiq diwilayah kecamatan lainnya seperti Poso Pesisir, Pamona Bersaudara dan Lore Bersaudara sehingga nantinya dalam penyaluran bantuan wilayah tersebut juga dapat tersalurkan secara merata kepada kaum mustahiq. Disamping itu dukungan dari OPD-OPD lewat pengumpulan zakat,infak dan shadaqah juga sangat diharapkan sehingga kedepan dalam penyaluran bantuan kepada kaum mustahiq dapat lebih maksimal dan merata, serta mampu menggerakkan dan meningkatkan ekonomi masyarakat, khususnya masyarakat miskin dan kurang mampu di Kabupaten Poso. Dari segi pengawasan BAZNAS juga sudah melakukan pelaporan secara online dan transparan lewat Sistem Informasi Baznas sehingga lebih memudahkan masyarakat dalam mengawasi penyaluran bantuan tersebut.

Baca Juga :  Penyerahan Bonus Porprov VII

Sementara itu Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri,M.Si dalam sambutannya menyampaikan sangat mengapresiasi kegiatan ini sebagai salah satu kegiatan mulia menjelang datangnya bulan suci ramadhan 1439 H. untuk membagikan hak-hak fakir miskin, anak terlantar dan orang-orang yang berhak mendapatkan dana zakat dan infaq lainnya. Oleh karena itu Pemerintah sangat mendukung program Baznas karena bersinergi dengan program pemerintah dalam mendukung kegiatan ekonomi masyarakat khususnya mewujudkan kesejahteraan masyarakat sekaligus penanggulangan kemiskinan di negara kita khususnya daerah tercinta Kabupaten Poso.

Wabup juga mengucapkan selamat dan apresiasi kepada Ketua dan jajaran Baznas walaupun baru dilantik namun sudah mengambil beberapa langkah-langkah tepat dalam mengelola Baznas serta dapat merealisasikan program-program Baznas yang lebih maksimal. Selain itu peran serta dan dukungan dari seluruh OPD lewat pengumpulan zakat melalui Baznas merupakan langkah untuk memaksimalkan fungsi Baznas dan juga merupakan langkah yang harus didukung bersama. Baznas bisa menjadi badan amil yang bisa mendistribusikannya kepada masyarakat yang berhak untuk mendapatkannya serta memberikan motivasi kepada masyarakat agar bisa menyalurkan zakat melalui Baznas.

Baca Juga :  Poso Juara 1 Festival Olahraga Tradisional dan Terbaik I lomba Pameran Perpustakaan Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2018

Diakhir acara Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri,M.Si didampingi Ketua dan Pengurus Baznas Kabupaten Poso menyerahkan secara simbolis dana zakat, infaq dan shadaqah kepada perwakilan dari 7 (tujuh) Kelurahan yang ada diwilayah Kecamatan Poso Kota.

4 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image