BERBAGI

Bupati Poso yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra M. Ari Pamungkas, SH. MH menghadiri acara Peresmian Peningkatan Status Rumah Sakit Bantuan menjadi Rumah Sakit Tkt. IV dr. Yanto SP.OT Poso di Rumah Sakit dr. Yanto SP.OT Poso, pada Senin, (14/05/18).


Acara diawali dengan menyanyikan bersama Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan Sambutan Dandenkesyah 13.08.04. Palu Letkol CKM Esrom M.Kes.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa sebelumnya Rumah Sakit ini berstatus Rumkitban namun seiring berjalannya waktu serta didukung oleh perkembangan situasi di wilayah poso yang kian hari semakin maju dan kondusif termasuk kebutuhan akan pelayanan kesehatan semakin juga berkembang maka Rumkitban Poso oleh Pimpinan Angkatan Darat diubah menjadi Rumkit Tkt. IV Poso dengan nama Rumkit Tkt. IV dr. Yanto Sp. OT dibawah jajaran Satuan Denkesyah 13.08.04. Palu. Pemberian nama Rumkit Tkt. IV dr. Yanto Sp.OT diberikan untuk menghargai jasa dr. Yanto Sp.OT yang telah gugur melaksanakan tugas di Kabupten Poso.

Pada tahun 2016, nama rumah sakit ini kemudian diubah sesuai dengan nama dr. Yanto, perintis sekaligus anggota TNI-AD yang gugur dalam kecelakaan helikopter Bell 412 pada bulan Maret 2016.

Baca Juga :  Jalan Santai Reuni Akbar STM Sinmar Poso Tahun 2018

Peningkatan status rumah sakit ini telah menjadi program kerja Pusat Kesehatan TNI-AD sejak beberapa tahun sebelumnya. Pada tanggal 14 April 2017, Kepala Pusat Kesehatan TNI-AD Mayjen. TNI Bambang Pratomo Sulistyanto didampingi Dandim 1307/Poso Letkol. Inf. Dody Triyo Hadi melakukan kunjungan dan peninjauan ke rumah sakit ini. Kedatangannya disambut dengan adat Pekasiwia


Beliau juga menyampaikan terima kasih atas dukungan dan partisipasi dari semua pihak terutama arahan dan bimbingan Pangdam XIII Merdeka juga Komandan Korem 132 Tadulako dan Ka. Kesdam XIII Merdeka sehingga rumah sakit ini dapat dibangun dengan baik.

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Bapak Bupati Poso, Kepala BPJS Poso, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Poso, para perawat yang turut ikut berpartisipasi dalam pelayanan kesehatan selama ini.
Dirinya berharap agar hubungan kerjasama yang baik ini tidak berhenti sampai disini namun selalu mengharapkan bantuan berkelanjutan demi kemajuan rumah sakit dan pelayanan bagi masyarakat di Kabupaten Poso.

Baca Juga :  Workshop Peran Organisasi Profesi Kesehatan dalam pengendalian Tuberklosis dikabupaten Poso

Selanjutnya Sambutan Panglima Kodam XIII Merdeka yang dibacakan oleh Kepala Kesehatan Kodam XIII Merdeka Kolonel CKM dr. Benny Untu, S.PM menyampaikan bahwa rumah sakit ini adalah salah satu instalasi pelayanan kesehatan TNI AD yang di samping tugas pokoknya memberikan dukungan kesehatan dan pelayanan kesehatan kepada para prajurit dan PNS Kodim 1307 Poso beserta keluarganya juga sebagai bagian dari sistem kesehatan nasional yang memiliki kewajiban membantu masyarakat yang memerlukan pertolongan pelayanan pengobatan
Peran rumah sakit sebagai pemberi pelayanan kuratif, rehabilitatif, promotif dan preventif menempati peran penting dalam sistem pelayanan kesehatan karena pentingnya peran rumah sakit dalam sistem pelayanan kesehatan maka berbagai upaya untuk meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit menjadi prioritas dalam pembangunan di bidang kesehatan.


Oleh karena itu status Rumah Sakit dr. Yanto terus menjadi momentum bagi manajemen dan tenaga kesehatan yang mengawasinya untuk meningkatkan layanan kesehatan dari yang sebelumnya hanya sekedar rumah sakit bantuan menjadi standar layanan kesehatan Rumah Sakit Tingkat IV yang telah ditetapkan oleh Departemen Kesehatan Republik Indonesia
Masih dalam sambutannya beliau menekankan pula dengan dinaikkannya status rumah sakit ini juga diikuti dengan penambahan berbagai alat kesehatan yang relatif mahal harganya. Pelihar dan rawatlah baik-baik setiap alat-alat kesehatan yang diamanahkan agar dapat berdaya guna secara optimal dan memiliki usia pakai yang relatif lama.
Pada akhir sambutannya beliau menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Danrem 132 Tadulako beserta jajarannya dan Kakasdem 13 Merdeka serta semua pihak yang telah mendukung peningkatan status Rumah Sakit Bantuan menjadi Rumah Sakit Tingkat IV dr. Yanto Sp.OT.

Baca Juga :  Poso Siap Dukung Pelaksanaan TDCC 2018

Selanjutnya sebagai tanda dimulainya pengoperasian Rumah Sakit Tkt. IV ini Kepala Kesehatan Kodam XIII Merdeka melaksanakan pemotongan tumpeng dan pengguntingan pita serta peninjuaun ruangan rumah sakit dr. Yanto, yang ditutup dengan pembacaan doa oleh Rojudin Ikhsan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image