BERBAGI

Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si menghadiri acara Tabliqh Akbar yang dirangkaikan dengan Pembukaan Latihan Kepemimpinan Dasar (LKD) dalam rangka Peringatan Isra Mi’Raj Nabi Besar Muhammad SAW dan menyambut Bulan Suci Ramadhan 1439 H bertempat di SMA Alkhairaat Tongko Kecamatan Lage, Kamis (10/05/18).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Poso (mewakili), Danyon 714 SM (mewakili) Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Poso, Kepala Seksi Bimais Drs. H. Wawa Suryatna, M. Hi, Kepala BNN Kabupaten Poso, Pengurus Komisariat Daerah Alkhairaat Kabupaten Poso, Ketua Wanita Islam Alkhairaat Kabupaten Poso dr. Hj. Asnah Awad, MH. Mars bersama Pengurus Daerah Wanita Islam Alkhairaat Poso, Unsur Tripika Kecamatan bersama perangkat Desa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Pemuda yang ada di Desa Tongko, Siswa Siswi SMA Alkhairaat Tongko serta masyarakat Desa Tongko dan sekitarnya.

Acara diawali dengan Pembacaan Tahlil dan Doa bersama yang dipimpin oleh Habib Thalib Abdullah Bin Aljufrie.

Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama Pengurus Cabang Alkhairaat Kecamatan Lage, Pengurus Ranting Wanita Islam Alkhairaat Desa Malei, Desa Tongko, Desa Toyado, Desa Labuan, Desa Sintuwu Lemba Himpunan Pemuda Alkhairaat Kecamatan Lage, serta SMA Alkhairaat Tongko dengan mengusung tema “Refleksi Perjalanan Spritual Nabi Muhammad SAW, Sucikan Hati dan Jiwa dalam menyongsong Bulan Suci Ramadhan untuk menumbuhkan karakter kesolehan individual dan membumikan kesholehan social”.

Lantunan Ayat Ayat Suci Al Qur’an yang dibawakan oleh Asriani dan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya yang dinyanyikan oleh seluruh Jama’ah Tabligh turut menjadi bagian dalam acara tersebut.

Ketua Panitia Pelaksana Yasid Amrin melaporkan bahwa latar belakang dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk menguatkan pemahaman islam yang rahmatan lil alamin berhaluan ahlusunnah wal jama’ah, sebagai sarana silahturahim menyambut bulan suci Ramadhan 1439 Hijriah, menanamkan dan menumbuhkan nilai nilai religius terhadap generasi muda, membentangi generasi muda dalam menghadapi era globalisasi dan modernisasi serta menguatkan kecintaan pada agama, bangsa dan negara.

Baca Juga :  Pemda Poso Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Dalam laporan panitia juga menyampaikan bahwa kegiatan Latihan Kepemimpinan Dasar (LKD) akan dilaksanakan selama 3 hari yang dimulai pada Kamis 10 Mei 2018 sampai dengan Minggu 13 Mei 2018 bertempat di Gedung SMA Alkhairaat Tongko Kecamatan Lage yang diikuti oleh 100 orang siswa siswi SMA Alkhairaat Tongko dan utusan siswa siswi SMP se Kecamatan Lage.

Panitia juga menyampaikan bahwa kegiatan Tabliqh Akbar dan Latihan Kepemimpinan Dasar mendapatkan sumber dana dari Bantuan Operasional Sekolah Tahap I Tahun 2018, Bantuan dan Partisipasi dari seluruh Abnaul Alkhairaat Kecamatan Lage khususnya Pengurus Cabang Wanita Islam Alkhairaat Kecamatam Lage, Pengurus Ranting WIA Desa Malei, Tongko, Toyado, Labuan dan Sintuwu Lemba serta sumbangan dari dermawan yang bersifat tidak mengikat.

Selanjutnya dalam kegiatan tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Poso yang diwakili Kepala Seksi Bimais Drs. H. Wawa Suryatna, M.Hi menyampaikan bahwa kegiatan Tabliqh Akbar, lsra Mi’raj sambut Ramadhan dan Latihan Kepemimpinan Dasar merupakan konsep untuk membangun komunikasi dalam rangka silahturahmi antara sesama umat manusia agar terjalin hubungan baik itu ukhwuwah islamiyah, ukhuwah insaniyah, ukhuwah wathoniyah serta ukhuwah basyariyah. Dalam hal memberi dan berbagi informasi agama pada kondisi dan situasi tertentu, artinya berbagi dan memberi tentang kebaikan dan kebenaran sehingga tidak heran dalam kegiatan ini akan diisi dengan ceramah ceramah agama yang disampaikan oleh para ustadz dan para ahli ilmu dibidangnya masing masing. Jadi kegiatan ini sesungguhnya adalah upaya membangun persatuan umat untuk mempersiapkan generasi intelektual, spiritual dan sosial antar sesama sehingga tujuan agama dan tujuan sosial dapat terwujud dengan baik.

Baca Juga :  Rapat Kerja Dewan Pengurus Korpri Provinsi Sulawesi Tengah

Kegiatan ini juga merupakan upaya untuk membangun persatuan dan kesatuan umat baik dalam menegakkan syiar agama sekaligus mengkader para calon pemimpin masa depan yang berkarakter dan berakhlatul karimah.

Kementerian Agama yang salah satu fungsinya adalah mengawasi pelaksanaan pendidikan, pelatihan dan penelitian dan pengembangan di bidang agama dan keagamaan. Latihan Kepemimpinan Dasar adalah sebuah pelatihan dasar tentang segala hal yang berkaitan dengan kepemimpinan. Dengan berjiwa pemimpin generasi muda akan dapat mengelola diri, kelompok dan lingkungan dengan baik khususnya dalam penanggulangan masalah yang relatif dan sulit.

Dalam kegiatan Tabliqh Akbar ini Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si membacakan sambutan tertulis Bupati Poso, dalam sambutan tersebut Pemerintah Daerah Kabupaten Poso mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Abnaulkhairaat khususnya Pengurus Cabang Alkhairaat Lage yang bekerjasama dengan SMA Alkhairaat Tongko dan telah memberikan kesempatan kepada Pemerintah dalam acara yang sangat sakral dan penuh hikmah ini khususnya bagi kaum muslimin dan muslimat dimana momentum peringatan isra miraj dalam menyambut datangnya bulan suci ramadhan juga dilaksanakan pembukaan kegiatan latihan kepemimpinan dasar. Momentum Isra Mi’raj Nabi Besar Muhammad SAW dalam Tabliqh Akbar ini memberikan hikmah penting terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia pelaku pembangunan, pemerintahan dan sosial kemasyarakatan yang berlangsung di daerah sintuwu maroso. Oleh sebab itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Poso senantiasa mendukung dan merespon kegiatan kegiatan keagamaan yang diselenggarakan baik masyarakat maupun pemerintah atau pihak swasta yang tujuan utamanya adalah meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta nilai religius kita terhadap ajaran masing-masing.

Baca Juga :  Pembukaan STQ 23 Poso

Diakhir sambutan Wakil Bupati Poso menghimbau kepada kita semua masyarakat Kabupaten Poso khususnya masyarakat Desa Tongko untuk menyambut dengan suka cita datangnya Bulan Suci Ramadhan 1439 Hijriah Tahun 2018 Masehi serta senantiasa memelihara dan menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan masing-masing. Dan dikesempatan ini pula Wabup Samsuri membuka secara resmi Kegiatan Latihan Kepemimpinan Dasar Tahun 2018.

Pada Tabliqh Akbar ini pula Habib Thalib Abdulah Bin Aldjufri memberikan Tauziah kepada seluruh Jama’ah, dalam Tauziahnya beliau menyampaikan bahwa sebagai umat muslim kita harus meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT, menjalin hubungan silahturahim baik itu sesama muslim maupun umat beragama lainnya, serta menyambut datangnya bulan suci ramadhan dengan amalan amalan yang dapat menambah nilai pahala kita kepada Allah SWT.

Momentum Tabligh Akbar ini juga dilaksanakan Pelantikan Kepala Sekolah Taman Kanak Kanak Alkhairaat oleh Ketua Wanita Islam Alkhairaat Kab. Poso di Lingkungan Wanita Islam Alkhairaat Kab. Poso. Acara Tabliqh Akbar ini juga dimeriahkan beberapa hiburan/atraksi kesenian dari Taman Kanak Kanak Desa Tongko yang menampikan Pembacaan Ayat Kursi dan Lafadz Adzan, Baca Puisi dan Vokal Group dari SMA Alkhairaat Poso yang ditutup dengan Pembacaan Doa oleh Ust. Sutami M. Idris M.Pdi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image