BERBAGI

Poso, (09/05/18) Perkembangan pendidikan di Kabupaten Poso terus mengalami perubahan hingga sampai saat dimana pendidikan tinggi mulai dibutuhkan. Menyadari akan perlunya suatu pendidikan tinggi di Kabupaten Poso, Pada awal tahun 1986 sebuah organisasi Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Sintuwu Maroso mempersiapkan proposal pendirian Universitas Sintuwu Maroso. Para pengurus melakukan penjajakan dukungan Universitas Tadulako Palu, sebagai Universitas negeri di Provinsi Sulawesi Tengah, yang diharapkan dapat menjadi Pembina dan sekaligus dapat membantu penyediaan tenaga kerja dosen senior.

Rektor Universitas Tadulako pada waktu itu Prof. Mattudala memberikan dukungan dalam bentuk Surat Rekomendasi. Proposal disampaikan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melalui Koordinator Kopertis Wilayah IX, yang disampaikan langsung oleh Drs. J. Santo sebagai salah satu pengurus Yayasan Pendidikan Sintuwu Maroso. Pada saat Drs. J. Santo berkonsultasi dengan koordinator kopertis Wilayah IX didampingi oleh Dj. Kamboji, M.Th., tokoh masyarakat yang berasal dari Kabupaten Poso, yang pada saat itu menjabat sebagai Rektor Sekolah Tinggi Theologia Makassar.

Pada tanggal 14 September 1986 Koordinator Kopertis Wilayah IX, Moh. Ridwan Matayang, SH, bersama tim evaluasi tiba di Poso untuk melakukan evaluasi kelayakan terhadap pendirian Universitas Sintuwu Maroso. Koordinator Kopertis Wilayah IX bersama tim pada saat itu juga memutuskan bahwa Universitas Sintuwu Maroso memenuhi syarat untuk memperoleh izin operasional. Dan pada tanggal 15 September 1986 Koordinator Kopertis Wilayah IX melantik Drs. R.P. Marto Herlan Koeswandi sebagai Rektor Universitas Sintuwu Maroso yang pertama.

Baca Juga :  KKN Desa Sejahtera Mandiri di Kecamatan Pamona Selatan

Mengenang kembali sejarah singkat terbentuknya Universitas Sintuwu Maroso oleh Rektor UNSIMAR Kisman Lantang, SE, M.Si dalam sambutannya pada acara yang dikemas secara Five in One yaitu Memperingati Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei, syukuran akreditasi dengan perincian jurusan teknik sipil, pendidikan biologi, bahasa inggris, peternakan, ilmu hukum & administrasi negara, agroteknologi serta jurusan manajemen yang semuanya terakreditasi B, serta dalam rangka temu stake holders dan alumni, pemberdayaan ekonomi masyarakat lewat pemberian kesempatan kepada pengusaha-pengusaha kecil yang bergerak di layanan makanan untuk berjualan di lingkungan Kampus dengan membagikan kupon kepada seluruh tamu/undangan yang hadir pada kegiatan tersebut untuk ditukarkan kepada penjual/penjaja makanan yang ditempatkan di seputaran lapangan UNSIMAR, serta sosialisasi penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2018/2019 pada Rabu 9 Mei 2018 bertempat di Lapangan UNSIMAR Poso.

Baca Juga :  Sekab buka Raker Yayasan Wakaf Ammanatul Ummah Poso 2016

Kegiatan yang dibanjiri dengan mahasiswa serta para pelajar yang akan memasuki dunia pendidikan tingkat perguruan tinggi (kelas 3 SMA, red) ini juga dihadiri oleh seluruh anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Poso bersama Danyon 714/SM, Kaden Brimob dan Komandan Sub Denpom, Pimpinan BUMN/BUMD, tokoh-tokoh masyarakat, pejuang-pejuang pendidikan/tenaga pendidik se-Kota Poso, serta para alumni UNSIMAR ini dimana Rektor UNSIMAR juga menyerahkan beberapa cenderamata kepada tokoh-tokoh yang sangat berperan penting dalam dunia pendidikan seperti Kepala Dinas Pendidikan & Kebudayaan, Camat dan kepala-kepala sekolah se-Poso Kota bersaudara.

Dalam sambutan Bupati Poso yang disampaikan oleh Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M. Si menyampaikan bahwa hendaknya momentum ini dijadikan sebagai bentuk refleksi untuk melihat sejauhmana perkembangan pendidikan di Tana Poso yang dapat dikorelasikan dengan peningkatan sendi-sendi kehidupan masyarakat secara komprehensif. Selain itu juga kegiatan silatuhrahmi akademik ini diharapkan dapat memberikan nuansa baru di dalam mengokohkan tali persaudaraan antar sesama warga, baik lingkungan kampus, tenaga pendidik maupun warga masyarakat sehingga secara tidak langsung terjadi interaksi sosial yang memupuk dan menumbuhkan kebersamaan sebagai warga sintuwu maroso yang mencintai perdamaian, keadilan dan kesejahteraan.

Baca Juga :  Pelantikan Pengurus Daerah HIMPAUDI Kabupaten Poso 2016-2020

Universitas dibangun bukan dengan kekuatan melainkan dengan kepercayaan dan kecepatan untuk bergerak mencapai visi yang besar. Oleh karenanya, bersinergi dengan Pemerintahan Darmin – Samsuri yang berlari kencang menuju pembangunan masyarakat Kabupaten Poso yang damai, adil, sejahtera serta handal dan bermartabat, merupakan cita-cita bersama untuk memajukan Tana Poso dan mensejajarkan diri dengan kabupaten-kabupaten lainnya di tingkat Provinsi Sulawesi Tengah. Membangkitkan kembali nama Kabupaten Poso yang harum di mata dunia bersama seluruh komponen yang ada di Bumi Sintuwu Maroso termasuk juga dalam hal ini di lingkungan Perguruan Tinggi hendaknya dapat mencetak kader-kader yang berkompeten untuk dapat bersaing di kancah luar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image