BERBAGI

Mengukir prestasi, mengharumkan nama Tana Poso di Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah merupakan cara positif membangun Bumi Sintuwu Maroso di mata luar, jangan tanyakan apa yang daerah berikan kepada kita, tetapi tanyakanlah apa yang sudah kita berikan untuk daerah tercinta ini, Tana Poso. Itulah prinsip dari anak-anak muda atau lebih tepatnya generasi berencana yang mewakili Kabupaten Poso dalam pemilihan Duta Generasi Berencana Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah pada Rabu (09/05/18) bertempat di Hotel SYA Palu.

Putra-putri terbaik asal Kabupaten Poso Diana Margareth Sigilipu (SMAN 1 poso), Jansen (SMAN 2 poso), dan Dian Hartanto (SMAN 3 poso) berjuang mewakili Kabupaten Poso dalam ajang bergengsi yang diselenggarakan oleh Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) sebagai wakil pemerintah yang bertanggung jawab menjalankan program PKBR (Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja) yaitu suatu program yang memfasilitasi remaja agar belajar memahami dan mempraktikan perilaku hidup sehat dan berakhlak untuk mencapai ketahanan remaja sebagai dasar mewujudkan Generasi Berencana (GenRe).

Genre adalah program yang dikembangkan oleh BKKBN dengan kelompok sasaran program salah satunya yaitu Remaja usia 10-24 tahun dan belum menikah. Dengan meningkatkan pengetahuan remaja lewat pengembangan Program Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) melalui Pojok Kependudukan (population corner) di sekolah-sekolah, sebagai media untuk mendapat informasi atas berbagai masalah kependudukan yang berpengaruh terhadap laju pertumbuhan dan angka fertilitas. Oleh karenanya remaja dipandang harus mulai memahami dengan baik permasalahan kependudukan, pertumbuhan penduduk yang sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi.

Baca Juga :  PKK Kabupaten Poso Peringati Hari Kartini

Program ini sebenarnya sudah lama ada dan merupakan strategi yang jitu serta berkesinambungan dengan melibatkan banyak pihak, baik dari institusi pendidikan sebagai tempat berkumpulnya aktifitas remaja dan pemerintah daerah sebagai pendukung dan pemegang kebijakan di suatu daerah. Di bawah Kepemimpinan Darmin – Samsuri yang baru dilantik pada 16 Februari 2016 ini menaruh perhatian yang sangat besar terhadap pendidikan dan dunia remaja yang merupakan cikal bakal penentu masa depan daerah yang harus dipersiapankan sejak dini.

Tidak hanya janji atau perkataan semata, Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu seusai mengikuti Rapat teknis TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-102 tahun anggaran 2018 di Jakarta Selatan dan Rapat koordinasi percepatan penyaluran dana desa tahun 2018, kembali menunjukkan bukti keseriusannya dalam mendukung setiap program yang meningkatkan kualitas remaja ini dengan hadir langsung pada malam final pemilihan Duta Genre Sulawesi Tengah sebagai bentuk dukungan moril bagi setiap perwakilan dari Kabupaten Poso.

Baca Juga :  Puncak Peringatan Hari Kartini Ke – 139 Tahun 2018

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dari 10 ciri-ciri mulainya kehancuran suatu daerah adalah rendahnya moralitas remaja dan tingginya angka kenakalan dan tindakan kriminal yang dilakukan remaja. Untuk itu Pemerintahan Darmin – Samsuri menegaskan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Poso tidak main-main dan serius untuk mengatasi permasalahan ini, dimana Pasangan duet ini terus melaksanakan serta mengawal program Pendidikan Karakter (Pendikar) yang merupakan salah satu prioritas pembangunan nasional yang juga selaras dengan visi misi Pemerintah Daerah. Pendidikan karakter yaitu mencakup pendidikan nilai, budi pekerti, moral dan watak sehingga tak heran bila mantan Komandan Batalyon Marinir TNI – Angkatan Laut ini di tengah kesibukannya menyempatkan diri untuk hadir pada kesempatan tersebut.

Dalam Pemilihan Duta Genre Tingkat Provinsi itu kembali putra-putri terbaik asal Kabupaten Poso meraih prestasi dengan berhasil lolos masuk 5 besar dimana Jansen Peole dari SMA N 2 Poso berhasil mendapatkan juara 3 dan Diana Margareth Sigilipu dari SMA N 1 Poso meraih juara harapan 1 dari 52 peserta yang mewakili kabupatennya masing-masing. Kita patut berbangga dan memberikan apresiasi penuh kepada generasi muda ini karena justru di masa mudanya mereka mampu memberikan yang terbaik untuk membawa nama Bumi Sintuwu Maroso di dunia luar.

Baca Juga :  Upacara Hari Pahlawan Digelar di Tugu Monumen Tadulako

Remaja sejatinya adalah harapan setiap daerah, karena daerah yang memiliki remaja yang kuat serta memiliki kecerdasan sprititual, intelektual serta emosional yang kuat niscaya akan menjadikan daerah tersebut akan menjadi kuat pula. Dengan perkembangan dunia yang kian menglobal, menjadikan perubahan-perubahan besar terhadap perilaku remaja, namun perubahan tersebut mampu ditangkap dan disaring oleh Remaja Poso untuk berbuat yang terbaik demi masa depannya sendiri. Hal ini pun tentunya tidak lepas dari turut campur tangan keluarga, sekolah serta pemerintah daerah dalam mendidik serta memberikan fasilitas-fasilitas dalam tumbuh kembang remaja-remaja di Kabupaten Poso. Program GenRe ini juga diharapkan dapat memberikan sumbangsih yang banyak untuk memberikan informasi serta wadah konsuling bagi remaja sekolah dan mahasiswa. Sehingga bersama-sama Pemerintah Daerah dapat mewujudkan masyarakat yang sejahtera, handal dan bermartabat menuju Kabupaten Poso yang Cerdas dalam bingkai Tana Poso yang Sintuwu Maroso.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image