BERBAGI

Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si membawakan sambutan Gubernur Sulawesi Tengah sekaligus membuka secara resmi kegiatan pemantapan etika dan budaya politik Provinsi Sulawesi Tengah, di Kabupaten Poso tahun 2018 dengan tema “Kita sukseskan pemilihan anggota Legislatif DPR,DPD, DPRD dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019” oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Daerah Provinsi Sulawesi Tengah. Turut hadir dalam acara ini, Kaban Kesbang Propinsi Sulteng Dr. Fahrudin S.Sos, M.Si, Kaban Kesbangpol kabuoaten Poso Drs. Mahmudin Jamal, MM, Ketua KPU Kabupaten Poso Taufik Hidayat, ST. Bertempat di hotel 77 Kecamatan Poso Kota , sabtu (05/05/18).

Dalam sambutannya menyatakan sangat mengapresiasi atas penyelenggaraan kegiatan ini karna arti penting dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat maupun insan-insan politik tentang bagaimana melaksanaan suatu sistem politik berdasarkan nilai etika dan budaya politik yang santun. Perhelatan pesta Demokrasi yang sebentar lagi akan kita laksanakan baik melalui pilkada tahun 2018 atau juga pemilu tahun 2019 tentu saja memerlukan persiapan yang matang terutama dari unsur penyelenggara khusus maupun masyarakat secara umum mengingat dalam momentum seperti ini, situasi yang dihasilkan akan sangat berpengaruh terhadap kondisi aktivitas daerah karena kita. Tidak dapat di pungkiri bahwa politik memang sangat penting di bangsa ini bahkan implementasi dari politik itu sendiri berdampak pada bidang-bidang kehidupan lainnya. Perbedaan pandangan politik bukan merupakan suatu hambatan dalam kehidupan berdemokrasi, justru merupakan bagian dari Demokrasi itu sendiri sehingga perlu disikapi dengan kesadaran bukan dijadikan alasan bagi kita bahwa perbedaan yang ada merupakan suatu pertentangan.

Baca Juga :  Lomba Sekolah Bersih Menuju Poso Kota Cerdas

Melalui sambutan Gubernur Sulawesi tengah yang disampaikan oleh Wakil Bupati Poso mengemukakan bahwa fenomena politik yang berjalan saat ini menunjukkan bahwa nilai etika budaya politik semakin bergeser. Persaingan-persaingan politik yang di pertontonkan, membawa kita pada sebuah fenomena dimana politik diartikan sebagai sebuah arena perebutan kekuasaan dan bukan lagi sebuah jalan menuju proses pembangunan yang lebih baik. Dalam permasalahan tersebut, masyarakat harus dibekali dengan pemahaman melalui pendidikan politik guna menumbuhkembangkan kedewasaan dan kesadaran akan hak dan kewajiban kita dalam kehidupan berdemokrasi melalui proses politik yang beretika. Pemerintah Propinsi Sulawesi Tengah terus berupaya menyikapi perkembangan politik yang terjadi saat ini.

Dalam mengakhiri sambutan Gubernur, Ir. Samsuri, M.Si menambahkan sebagai masyarakat Kabupaten Poso, marilah kita bersatu, jangan kita terpecah belah hanya karena perbedaan pilihan, terus ciptakan Poso yang cerdas dan beretika, agar masyarakat di luar sana mengetahui bahwa Poso sudah aman, masyarakatnya rukun dan damai. Beliaupun mengajak masyarakat untuk berpolitik yang baik, penuh kesadaran dan bertanggung jawab, ciptakan pemilu dengan damai adil, sejahtera, santun dan bermartabat.

Baca Juga :  Bupati Poso Menerima Rombongan Peserta Gateball Touring Wisata 2017 Se-Sulawesi Tengah

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image