BERBAGI

Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si Menghadiri Pembukaan MTQ XXVII tingkat Provinsi Sulawesi Tengah di Kabupaten Morowali didampingi Asisten pemerintahan dan kesra Setdakab Poso, M. Ari Pamungkas, SH,MH, Kadis Kominfo Kabupaten Poso Drs. Syahrur M. Natsir, Kabag Humas dan Protokoler Serdakab Poso Drs. Armol Songko, Kabag Kesramas setdakab Poso Drs. H. Muh. Yunus, M.PdI, di Alun Alun Rumah Jabatan Kabupaten Morowali, Sabtu (28/04/18).

Hadir pada kegiatan tersebut Gubernur Sulawesi Tengah diwakili Sekprov Sulawesi Tengah Drs. H. Hidayat Lamakarate,M.Si, Ketua DPRD Sulawesi Tengah, forkompinda se-sulawesi tengah, Bupati se-sulawesi Tengah, Kepala Kantor Agama Provinsi Sulawesi Tengah, Ketua MUI indonesia Provinsi sulawesi tengah, Dewan Hakim Nasional Al mukarram Kh. Hasan Basri dan Kafilah se- sulawesi tengah.

acara diawali doa pembukaan oleh ustad H. abdulah Nur, M.Thi (Kepala Bidang Fatwa MUI Sulteng), dilanjutkan pembacaan ayat suci al-qur’an oleh Qari/Qari’ah hj. masria Abd. Gani. dilanjutkan penyerahan piala bergilir juara umum MTQ Ke-26 dari Kabupaten Parigi Moutong Tahun 2016 kepada Kabupaten Morowali untuk diperebutkan kembali pada MTQ 27 Tahun 2018.

Laporan Ketua Umum Penyelenggara MTQ XXVII Drs. H. Anwar Hafid tak lain adalah Bupati Morowali dalam laporannya menyatakan berdasarkan surat Keputusan Gubernur Nomor: 451.15/646/RO.ADM.KESRAMAS/GST 2016 Tentang penetapan tempat penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXVII tingkat Provinsi Sul-teng tahun 2018 di Kabupaten Morowali tanggal 30 Agustus 2016 dan Surat Keputusan Provinsi Sulawesi Tengah Nomor: 451.15/619/RO.ADM.KESRAMAS/GST 2018 tentang penunjukan Tim pelaksana penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an XXVII tingkat Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2018 di Kabupaten Morowali tahun 2018.

Baca Juga :  Pelantikan Pengurus Kabupaten PBSI Poso Masa Bakti 2017-2021 dan Kejuaraan Bulutangkis PBSI CUP 1

Waktu Pelaksanaan 26 April s/d 5 Mei 2018 bertempat dikota Bungku Kabupaten Morowali. Dengan kegiatan yang dilaksanakan antara lain penerimaan Kafilah, pendaftaran peserta, pawai Ta’aruf, malam Ta’aruf, orientasi dan pelantikan dewan hakim, pembukaan kegiatan pameran, acara pembukaan pelaksanaan MTQ XXVII tingkat Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2018. Pelaksanaan lomba MTQ selama 6 hari, Rapat akhir dewan hakim, rapat rakonsulda LPTQ Tkt. Provinsi Sulawesi Tengah, Acara penutupan pelaksanaan MTQ XXVII Tkt. Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2018 Dikabupaten Morowali, dan Terakhir pemulangan Kafilah. Adapun anggaran pelaksanaan penyelenggaraan MTQ XXVII tahun 2018 bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah kabupaten morowali tahun 2018 dan bantuan hibah dari APBD tingkat I. kegiatan lomba dilakukan dengan beberapa cabang dan Kafilah yang ikut dalam MTQ XXVII tahun 2018 berasal dari 13 kabupaten salah satunya dari Kabupaten Poso.Diakhir laporannya ketua umum Drs. H. Anwar Hafid, M.Si menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungannya dan bantuan baik moril maupun material sehingga penyelenggaraan MTQ XXVII tahun 2018 dapat berjalan dengan baik sampai pada Penutupan kegiatannya. Beliau juga menambahkan bahwa diakhir periode kepemimpinannya ia ingin mempersembahkan yang terbaik untuk suksesnya MTQ XXVII tahun 2018.

Dilanjutkan sambutan Kakanwil Agama Provinsi Sulteng Dr. H. Rusman Langke, S.Pd dalam sambutannya beliau mengatakan Al-qur’an tidak hanya ditujukan kepada masa abad ke-7 saja, akan tetapi pada masyarakat modern juga. Didalamnya tidak hanya mengatur hubungan dengan Tuhan saja namun mengatur hubungan dengan manusia juga.Diharapkan bagi kita untuk tidak hanya menjadi pembaca pasif, sebaik baiknya kalian adalah mempelajari dan mengajarkan Al-qur’an. A-lqur’an berpengaruh 87% pada kesehatan jasmani dan rohani. MTQ tidak hanya ajang lomba, tetapi dijadikan pembeda yang benar dan salah, dan juga menjadi penuntun selamat dunia akhirat.

Baca Juga :  Open Tournament Tinombala Grasstrack

Selanjutnya Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah yang diwakili oleh Sekprov sulteng Drs. H. Hidayat Lamakarate, M.Si dalam sambutannya mengatakan, MTQ XXVII tahun 2018 dengan tema kita membangun generasi bangsa yang cinta Al-qur’an dan islami guna mewujudkan kehidupan demokrasi yang aman dan damai dalam bingkai NKRI dilandasi iman dan taqwa, menuju kualitas sumber daya manusia yang berdaya saing dan berbudaya. Usai mengucapkan selamat datang di Kabupaten Morowali kepada seluruh peserta MTQ sebagai duta duta dari masing masing kabupaten/kota Gubernur menyampaikan bahwa Alqur’anul qarim diturunkan sebagai petunjuk dan tuntunan kehidupan bagi umat manusia untuk memperoleh kebahagiaan, baik dunia maupun akhirat. Kitab suci Alqur’an tidak hanya berisi prinsip prinsip keimanan tetapi juga sumber nilai nilai universal, ilmu pengetahuan, riwayat kehidupan, yang dikemas dengan bahasa indah penuh dengan filosofi keteladanan, serta pesan moral yang luhur dan agung. Oleh sebab itu kita diwajibkan untuk belajar A-lqur’an dan mengajarkan Al -qur’an agar mendapat ganjaran dan balasan dari Allah SWT, sebagaimana sabda Rasulullah SAW, “orang yang terbaik diantara kamu ialah yang belajar A-lqur’an dan mengajarkannya”.

Beliau juga mengatakan bahwa Musabaqah merupakan pesantren keimanan, sebuah media daqwah dan Syi’ar keagamaan yang efektif dan positif yang penuh dengan nilai nilai islami. melalui kegiatan MTQ ini, saya mengajak kaum muslimin dan muslimat, alim ulama, tokoh agama, pemerintah, tokoh masyarakat, dan warga bungku, saya berpesan untuk terus meningkatkan pemahaman arti dan makna ayat ayat suci Alqur’an dengan benar, untuk lebih memberikan pemahaman keagamaan dengan cara yang lebih teduh dan toleransi, mari kita bangun tatanan kehidupan yang lebih beradap demi terwujudnya kerukunan antar umat beragama.

Baca Juga :  Jutaan Bendera dan Umbul-umbul Semarakkan HUT RI Ke-72 Di Poso

Menyinggung pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Morowali yang akan dilangsungkan bulan juni tahun 2018, beliau berpesan kepada para calon kepada daerah agar tetap menjaga kondisi yang kondusif didaerah ini, pemilihan kepala daerah adalah sebuah adu konsep, ide, dan gagasan yang ditawarkan kepada masyarakat melalui konsep strategi, untuk itu tawarkanlah program kerja yang nyata dan dibutuhkan masyarakat dalam rangka percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat lima tahun kedepan. Diakhir sambutannya beliau menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi tingginya kepada masyarakat Kabupaten Morowali, panitia penyelenggara, dan pihak pihak terkait yang telah berupaya mengoptimalkan dan mensukseskan penyelenggaraan MTQ XXVII tingkat Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2018, dengan harapan melalui MTQ kali ini akan tumbuh generasi yang Qur’ani yaitu generasi yang sejatinya akan senantiasa membawa pembaharuan menuju masyarakat yang islami, masyarakat yang madani, serta menuju negeri yang “BALDATUN THOYYIBATUN WA ROBBUN GHOFUR” yang berarti “NEGERIMU ADALAH NEGERI YANG BAIK DAN TUHANMU ADALAH MAHA PENGAMPUN”.

Dilanjutkan dengan pemukulan bedug dan menekan tombol sirine tanda acara tersebut telah dibuka secara resmi oleh Gubernur Sulawesi Tengah yang diwakili oleh Sekprov Sulawesi Tengah Drs. H. Hidayat Lamakarate, M.Si kemudian ditutup dengan tarian kolosal yang terdiri dari 500 anak serta Kembang Api.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image