BERBAGI

Peringatan Isra dan Mi’raj Nabi Muhammad SAW, 1439 Hijriah bertepatan dengan tahun 2018 Masehi berlangsung khusyu’ dan khidmat yang dirangkaikan dengan pengukuhan pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Poso masa khikmat 2018-2023 di Gedung Wanita Poso Selasa kemarin (24/04/18). Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu bersama Wabup Samsuri yang turut hadir dalam acara sakral tersebut bersama Anggota FKPD Poso, Ketua MUI Poso, Kepala Kementerian Agama Poso, Ketua FKUB Poso, Ketua Majelis Klasis Poso Kota, Rektor Unsimar, para kepala OPD Poso, Tokoh lintas Agama lainnya, pns poso dan para undangan.

Bupati membacakan sambutan pada Peringatan Isra dan Mi’raj

Bupati dalam sambutannya menyampaikan bahwa perjalanan isra dan mi’raj merupakan perjalanan yang penuh berkah yang ditunjukkan Tuhan kepada ummatnya khususnya Ummat Muslim, yang dikisahkan dalam Kitab Suci Al-Qur-An . “Bagaimana seorang hamba –Nabi Muhammad bersama Ruh dan Jasadnya menempuh jarak ribuan, bahkan jutaan kilometer hanya dalam satu malam saja. Tentu dalam nalar dan pikiran manusia hal tersebut sangatlah mustahil dilakukan. Tetapi seizin Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa tentu hal tersebut hanya dapat dijangkau dengan kadar iman dan ketaqwaan kita kepada-Nnya.” Ungkap bupati.

Baca Juga :  BALAP MOTOR PANGGONA AKAI JAYA PRIX SERI IV

Menurut bupati, memperingati Peristiwa Isra dan Mi,Raj bagi kaum muslimin dan muslimat tentu bukanlah sekedar kegiatan religius ritual semata tetapi kaum muslimin dan muslimat harus mampu memetik hikmah-hikmah mulia yang terkandung dalam peristiwa bersejarah isra dan mi’raj tersebut agar kehidupan beragama di daerah ini semakin meningkat dan menjadikan manusia lebih taqwa dan beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa. Bupati juga menjelaskan melalui acara-acara keagamaan seperti Isra dan Mi’raj dengan mengundang serta melibatkan berbagai elemen agama dan masyarakat menjadi salah satu cara dan upaya menyatukan ummat untuk saling toleransi dan menghormati perbedaan yang ada demi suksesnya kegiatan pembangunan, penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan sosial kemasyarakatan di Poso.
Selain itu bupati juga mengatakan bahwa dengan kepengurusan MUI Kabupaten Poso yang baru diharapkan dapat terus bersinergi dengan pemda untuk memberikan yang terbaik bagi umat dan masyarakat. “Karena ulama dan tokoh agama merupakan obor penerang dikala kita berada dikegelapan, memberikan pencerahan dan setitik harapan dikala kita mendapatkan kegundahan dan kesusahan sehingga solusi dari para ulama dan tokoh agama lainnya menjadi penyemangat untuk kita terus berjuang mewujudkan harapan masyarakat mencapai kedamaian, keadilan dan kesejahteraan di Bumi Sintuwu Maroso.” terang bupati.

Baca Juga :  Pentas Seni budaya dan Olah Raga Tradisional Di Peura

Sementara dalam tausiah Isra Mi,raj yang disampaikan Ustadz Habib Ali bin Muhammad Aljufri yang juga sebagai Ketua MUI Sulawesi Tengah periode 2018/2023, menjelaskan bacaan shalat surah alfateha yang dikaitkan dengan pembangunan moral, akhlak dan karakter umat manusia didalam menghadapi tantangan hidup yang penuh cobaan dan godaan duniawi. Menurutnya, hanya dengan keimanan dan kettaqwaan kepada Allah SWT. Tuhan Yang Maha Esa yang mampu menyelamatkan manusia dari gelimangan dosa. Habib Ali sapaan akrab ketua MUI Sulawesi Tengah tersebut membawakan tausiahnya dengan lugas dan syarat makna serta diselingi humor sehingga membuat para hadirin betah mengikuti ceramah tersebut sampai selesai.
Dalam pengukuhan MUI Poso itu, kembali Ustadz H. Arifin Tuamaka, S.Ag, M,A memimpin MUI Poso untuk periode 2018-2023.

Baca Juga :  Rabu Malam Hingga Kamis Terjadi Banjir Bandang, Bupati Poso Darmin A Sigilipu Langsung Menuju Lokasi Bencana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image