BERBAGI
Pertemuan dilaksanakan di ruang Pogombo Kantor Bupati

Menindaklanjuti pembahasan masalah PT. sawit Jaya Abadi dengan Dirjen Pengembangan Kawasan Transmigrasi Kementrian Desa, PDT & Transmigrasi RI serta penyelesaian 100 KK lahan usaha warga transmigrasi pada Pertemuan bersama Bupati Poso dan PT. Sawit Jaya Abadi Jumat 20 April 2018 di Hotel Best Western Plus Palu.

Pertemuan ini dihadiri oleh beberapa OPD seperti Inspektorat, Dinas Nakertrans, Dinas Pertanian, Dinas Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Badan Kesbangpol, Dinas Lingkungan Hidup, Kantor Pertanahan, Camat Pamona Timur & Tenggara, Kepala Bagian Hukum, Ekonomi & SDA Setdakab Poso, serta beberapa kepala desa sekitar Lahan Sawit Jaya Abadi seperti desa Kancu’u, Itu, Olumokunde, Matialemba, Singkona, Petiro, Salindu & Masewe.

Baca Juga :  Kabupaten Poso Raih Penghargaan Tertinggi Untuk Pelayanan Publik

Dalam pertemuan tersebut yang juga menghadirkan Kepala Pertanahan Kabupaten Poso tersebut berjanji akan mengawal serta membantu proses permasalahan yang terjadi baik dalam pengukuran tanah maupun pembuatan sertifikat tanah sesuai dengan bidang tugasnya. Hal ini berkaitan dengan permasalahan yang timbul diantaranya dimana warga lokal yang mendesak agar segera dilaksanakan pembagian kebun plasma serta masih adanya klaim lahan oleh masyarakat di dalam areal IPT yaitu Desa Salindu, Singkona & Olumokunde.

Pertemuan yang dipimpin langsung oleh Bupati Poso Kol. Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu menegaskan bahwa dalam menyelesaikan masalah ini Pemerintah Daerah berkomitmen harus dapat menyelesaikannya secara tuntas. Sehingga dibutuhkan tim khusus untuk menangani masalah ini. Bupati menginstruksikan kepada tim khusus untuk dapat menyelesaikan masalah tanpa harus menciptakan masalah yang baru. Tim yang akan bekerja nanti seharusnya dilakukan oleh tim itu sendiri atau tidak diwakili. “Daftar nama tim khusus harus segera dibuat sehingga pada hari senin pekan depan sudah harus meninjau lokasi tersebut.” tambah Bupati Darmin yang pernah menjabat sebagai Perwira Liaison Officer Angkatan Laut Komando Daerah Militer II/Sriwijaya ini.

Baca Juga :  Sosialisasi Pengenalan Produk Bank BTPN Purna Bakti Palu dan Produk PT. Taspen (Persero) Tbk

Pertemuan tersebut menghasilkan kesepakatan yang segera terealisasikan diantaranya Pembentukan Tim Khusus untuk menangani masalah ini dan menyusun regulasi tentang CPP bagi warga transmigrasi sehingga di kemudian hari tidak terjadi permasalahan antara Pemda Kabupaten Poso dan masyarakat dalam menerbitkan surat keputusan CPP serta rencana kunjungan tim khusus bentukan Pemda Poso yang diagendakan pada senin pekan depan akan meninjau langsung lokasi tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image