BERBAGI
Pemukulan Gong oleh Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu sebagai tanda Pembukan Lomba Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Festifal Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tingkat SD/ MI Negeri/ Swasta Se- Kabupaten Poso

posokab_Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu, didampingi para pejabat dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso, Ketua PGRI, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Poso, Camat beserta unsur Pimpinan Kecamatan. membuka secara resmi kegiatan O2SN dan FLS2N di lapangan Bola Kaki di Mapane, senin (26/03/18) .

Dengan mengembangkan bakat dan minat para siswa dan siswi dalam bidang olahraga, berdasarkan UU No. 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, serta dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2006 tentang Pembinaan Prestasi Peserta Didik yang memiliki Potensi Kecerdasan dan atau Bakat Istimewa. Maka, para Dewan Guru terus memberi motifasi para siswa dan siswinya untuk dapat membina dan mempersiapkan olaragawan yang mempunyai prestasi. Dengan adanya kemajuan komunikasi informasi yang semakin pesat, yang menjadikan para anak-anak didik menjadikan konsumsi mereka setiap saat, maka di anjurkan kepada para dewan guru dapat memberikan pemahaman dan memfilter informasi tersebut. Dengan adanya jaringan internet yang mudah diakses siapa saja tanpa memandang tingkat umur, dari anak-anak hingga orang dewasa dapat mengaksesnya dengan mudah menggunakan HP, Smart Phone dll, maka dihimbau kepada dewan Guru agar selalu waspada dalam mengawasi anak-anak kita, dilingkungan sekolah maupun bagi para orang tua yang ada dilingkungan masyarakat.

Baca Juga :  Musrenbang RPJMD Kabupaten Poso 2016-2021

Anak – anak kita sekarang ini sangat mudah mendapatkan Informasi dari dunia maya yang tanpa filter, maka di anjurkan perlu adanya arahan dan pengawasan dari orang tua serta dari guru pendidik disekolah, harus memberikan pemahaman yang positif guna untuk mengantarkan anak-anak kita mengenal internet secara cerdas. Awasi anak kita dalam penggunaan hand phone, jangan sampai menjadikan anak-anak kecanduan dan lupa belajar, serta mengakses informasi-informasi yang dapat menyesatkan masa depannya nantinya.

Dalam sambutannya, Bupati Poso sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan ini, untuk dapat mengarahkan anak-anak kita lebih mandiri dan terus mengasah bakat dan kemampuannya, dibidang olahraga dan seni sehingga dapat mengharumkan nama daerah Kabupaten Poso di tingkat Provinsi, maupun di tingkat Nasional melalui prestasi-prestasi yang diraih kelak. Kita patut bangga kepada anak-anak kita yang sudah banyak memberikan bukti prestasi. Prestasi yang telah ditorehkan anak-anak kita, tentunya tidak muncul begitu saja, tentunya melalui usaha dan kerja keras dan kerja cerdas melalui latihan-latihan dengan disiplin yang tinggi, untuk meningkatkan bakat dan talenta.

Baca Juga :  Sosialisasi Penataan Sungai Poso, Kerjasama PT. Poso Energy dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso

Para peserta O2SN dan FLS2N tingkat SD adalah peserta yang telah lolos seleksi tingkat kecamatan yang saat ini masih duduk kelas IV dan V. Sehingga yang mengikuti lomba olimpiade saat ini, terdiri dari 418 siswa peserta O2SN dan 114 siswa yang mengikuti FLS2N di tingkat Kabupaten saat ini. Sehingga jumlah peserta seluruhnya adalah 532 siswa yang rencananya para peserta yang lolos di Tingkat Kabupaten akan mengikuti kegiatan yang sama ditingkat Provinsi yang rencananya akan dilaksanakan pada akhir bulan Juli nantinya. Adapun cabang olahraga dan jenis lomba yang di ikuti yaitu untuk kegiatan O2SN terdiri dari 5 cabang olahraga ialah Atletik, Renang, Bulutangkis, Pencak Silat, dan Karate, dengan tambahan 2 cabang olahraga Bola Kaki Mini dan Bola Voli Mini. Sedangkan, untuk FLS2N terdiri dari 4 jenis lomba ialah Menyanyi tunggal, Gambar bercerita, Seni tari, dan Pantomim. Salah satu seni tari yang ditampilkan pada saat pembukaan adalah Tari Motetala, tari motetala terinspirasi dari kehidupan masyarakat pesisir, yang aktifitas mereka adalah petani dan nelayan.

Baca Juga :  Peresmian Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Poso

Kegiatan tersebut dilaksanakan dari tgl 26 s.d 28 maret nantinya. Dengan harapan dapat mencetak siswa yang berprestasi dalam bidang olahraga, sebagai bibit unggul.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image