BERBAGI

Pembukaan Musrembang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) 2019 Tingkat Kabupaten dilaksanakan di Aula Kantor Bapelitbangda Kabupaten Poso, pada Senin (26/3/18).

Musrembang tingkat kabupaten adalah kelanjutan dari musrembang tingkat kecamatan yang telah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu, Musrembang ini dilaksanakan guna membahas, memadukan dan mensinergikan berbagai rencana pelaksanaaan program/kegiatan pembangunan. Musrembang sebagai instrumen perencanaan pembangunan tentu harus dapat dijadikan titik tolak dalam, merancang, menyusun, atau merumuskan arah kebijakan, prioritas pembangunan daerah.

Didalam sambutannya selaku Sekretaris Bapelitbangda Kabupaten Poso, Noldi Tobondo, ST, MT yang merangkap sebagai Ketua RKPD Kabupaten Poso mengatakan tujuan dari RKPD ini adalah merangkum hasil singkronisasi daerah, menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan provinsi dan daerah, mempertajam indikator kinerja program dan prioritas kabupaten sesuai arahan visi dan misi bupati dan pokok-pokok pikiran DPRD. Yang akan dituangkan dalam berita acara Musrembang Tingkat Kabupaten Poso.

Baca Juga :  Pemkab Poso Raih WTP Pada Pengelolaan Keuangan Tahun 2012

Begitu pula dalam sambutan Kepala Bidang Perencanaan Monitoring dan Evaluasi Provinsi Sulawesi Tengah mengatakan, Musyawarah Perencanaan Pembangunan adalah salah satu tahapan perencanaan yang sebagai mana diatur dalam UU NO 25 tahun 2004 dan UU NO 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. adapun mengangkat tema untuk tahun 2019 memajukan pertumbuhan dan pemerataan untuk pembangunan yang mengarah pada tiga aspek kehidupan, yaitu perbaikan kwalitas sumber daya manusia, peningkatan daya saing daerah, pemantapan jaringan infra struktur yang meacu pada visi dan misi sulawesi tengah yang maju, mandiri dan berdaya saing.

Adapun harapan yang ingin dicapai yaitu terwujudnya musrembang yang sesuai dengan program pemerintah daerah, dan program provinsi sehingga dapat menjadi tolak ukur bagi pusat dalam menilai pemerintahan daerah. segingga dapat bermanfaat bagi masyarakat daerah, sesuai dengan visi dan misi pemerintah kabupaten poso.
Kegiatan ini, bertujuan menyusun prioritas rencana program pembangunan dari dinas/instansi dengan memperhatikan masukan dari masyarakat, DPRD, LSM, Perguruan Tinggi dan Dunia Usaha. Hasil kegiatan tersebut akan digunakan sebagai landasan penyusunan rancangan akhir dokumen Rencana Kerja Pembangunan Daerah ( RKPD) Tahun 2019. Kegiatan ini hanya berlangsung satu hari.

Baca Juga :  Memperbaiki Tata Kelola Keuangan Desa dengan SISKEUDES

Dengan adanya penyerahkan dokumen Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) oleh tim penyusun maka, selesailah pulah Musrembang tingkat Kabupaten Poso, yang ditutup langsung Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu.

Kegiatan ini di hadiri,  Ketua DPRD Kabupaten Poso Ellen Ester Pelealu. SE, Beserta staf DPRD, Rektor Unsimar, Rektor Unkrit, Forum Kordinasi Pimpinan Daerah, Para Pimpinan OPD, Ketua Tim Penggerak PKK, Para Delegasi Camat Se- Kabupaten Poso serta Tokoh-tokoh Masyarakat, Tokoh Perempuan, Tokoh Agama, dan Wartawan Media Cetak dan Elektronik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image