BERBAGI

posokab.go.id_Menghadiri Peresmian Puskesmas Olumokunde di Desa Kampung Manggis, Kecamatan Pamona Timur, Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu didampingi Dandim 1307 Poso dan yang mewakili Kapolres Poso dan Kepala-kepala OPD dilingkungan Pemda Kabupaten Poso. Diterima langsung oleh Camat dan Unsur Tripika Kecamatan Pamona Timur, 5 Kepala Desa Di Kecamatan Pamona Timur yang dilayani oleh Puskesmas Olumokunde. Dihadiri oleh masyarakat Olumokunde dan Desa Sekitar, selasa (20/03/18).

Diawali dengan Prosesi penerimaan pegawai Puskesmas secara adat Ine Ntaroe. Ini Ntaroe adalah seorang ibu yang menegaskan bahwa anak yang sudah akil balik, diharuskan untuk segera menikah agar terhindar dari hal-hal yang merugikan. Karena kesalahan yang dilakukan akan mendatangkan resiko serta akan didenda secara adat.

Dalam acara ini juga, dilaksanakan lomba menu GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) yang diikuti oleh 5 desa di Kecamatan Pamona Timur yang akan terlayani kesehatannya melalui Puskesmas Olumokunde, yaitu : Desa Pancasila, Magapu, Olumokunde, Kamba dan Desa Matia Lemba yang mengangkat Tema Perbanyak buah dan sayur.

Sambutan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Poso dr. Taufan Karwur, menyampaikan bahwa pembangunan kesehatan adalah upaya yang dilaksanakan oleh smua komponen bangsa, agar terwujud derajat ksehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. Kecamatan Pamona Timur terdapat 13 desa dengan luas wilayah 701,95 km3. Sesuai aspirasi masyarakat dari 5 Desa yang mengharapkan adanya Puskesmas non inap dibangunlah Puskesmas ini. Sebelumnya Puskesmas Taripa melayani 13 Desa yang ada di wilayah Kecamatan Pamona Timur. Dengan berdirinya Puskesmas ini, maka Puskesmas Taripa tinggal melayani 8 Desa, diantaranya Desa Taripa, Tiu, Masewe, Kancu, Didiri dan Kelei. Pelayanan Kesehatan bagi masyarakat di Kecamatan Pamona Timur dapat terlayani dengan baik karena disamping sarana yang tersedia, juga Dokter, Tenaga Medis, serta pada bagian administrasi semuanya ada dan siap bekerja sesuai bidang keahlian masing-masing.

Baca Juga :  KONSULTASI PUBLIK RANCANGAN REVIEW ZONASI DI KABUPATEN POSO

Sambutan Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu menyatakan bahwa ada program Jumpa Berlian (Jumat Pagi Bersihkan Lingkungan Anda) dan menginstrusikan kepada Camat dan Lurah serta Kepala Desa untuk menindaklanjuti hal tersebut. Karena dengan lingkungan yang bersih dan nyaman, akan membuat kerasan bagi siapa saja yang berada disekitarnya sehingga mampu untuk bekerja dan belajar dengan baik. Bekerjalan dengan Cerdas, inovasi sangat penting tentang bagaimana mencari cara untuk maju. Bupati Poso melanjutkan, hari ini adalah suatu keistimewaan bagi kita karena gedung Puskesmas yang baru telah hadir ditengah-tengah kita untuk memberikan pelayanan Kesehatan dan Pengobatan yang sangat dibutuhkan masyarakat sebelum berobat lanjut ke RSUD Poso. Keberadaan Puskesmas ini diharapkan menjadi Pusat Kesehatan Masyarakat Bagi 5 Desa yang sebelumnya mendapatkan pelayanan di Puskesmas Taripa, dengan sendirinya akan mengurangi beban Puskesmas Taripa yang sebelumnya melayani 13 Desa. Pembangunan gedung Puskesmas ini juga merupakan hasil perengkingan dari pelaksanaan kegiatan Musrembang tahun sebelumnya.

Baca Juga :  Focus Group Discussion (FGD) Kabupaten Poso

Bupati Poso mengharapkan agar Dokter dan Paramedis yang melaksanakan tugas di Puskesmas Olumokunde ini dapat memberikan pelayanan dengan sebaik-baiknya dan terus melakukan koordinasi dengan Pustu sehingga tujuan bersama menjaga kesehatan Masyarakat dapat terwujud. Bagi masyarakat 5 Desa yang dapat dilayani di Puskesmas ini agar memanfaatkan fasilitas yang telah diberikan oleh Derah, dengan menjaga dan memelihara sehingga Puskesmas ini akan mampu memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Jadikan bangunan ini sebagai kebanggaan, dan mengharapkan agar para medis dan dokter dapat memberikan pelayanan terbaik tanpa pilih kasih. Semua yang datang berobat adalah sama dan harus dilayani secara maksimal juga cepat serta dengan penuh senyum, karena awal dari oengobatan adalah dengan memberikan senyum.

Baca Juga :  Workshop Peran Organisasi Profesi Kesehatan dalam pengendalian Tuberklosis dikabupaten Poso

Selanjutnya dilakukan Penandatanganan Prasasti Oleh Bupati Poso, penandatanganan Komitmen bersama untuk mensukseskan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) oleh Para Camat di Kecamatan Pamona Bersaudara, dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis buku kesepakatan bersama tentang pelaksanaan Gerakan Peduli Bersama Tentang Pelaksanaan Gerakan Peduli Ibu Anak Selamat (Geliat) diterima oleh 5 Kepala Desa.

Pengguntingan pita oleh Bupati Poso, yang dilanjutkan dengan peninjauan Ruangan PUSKESMAS Olumokunde yang baru diresmikan. Menutup rangkaian acara, dilakukan penyerahan Surat Tugas Plt. Kepala Puskesmas Olumokunde oleh Bupati Poso.  Berdasarkan hasil Lomba Menu Sehat Ala Germas Se Wilayah Puskesmas Olumokunde, yang menjadi Juara 1 diraih oleh Desa Olumokunde, Juara 2 diraih oleh Desa Magapu, Juara 3 Oleh Desa Kamba, Juara Harapan 1 Jatuh pada Desa Pancasila, Juara harapan 2 Desa Matia Lemba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image