BERBAGI
alt

Kegiatan Diklat Juru Ukur Tanah/Asisten Surveyor Kadaster Berlisensi Kerjasama Pemerintah daerah Kabupaten poso Poso dengan Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN)/ATR Provinsi Sulawesi tengah dibuka secara resmi dan ditandai dengan penyamatan tanda peserta kepada perwakilan peserta oleh Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu didampingi kantor wilayah badan pertanahan nasional provinsi sulawesi tengah dan BKPSDM kabupaten poso, bertempat di gedung diklat BKPSDM kabupaten poso jalan tras sulawesi desa maliwuko kecamatan lage, Senin (12/02/18).

Dalam kegiatan diklat tersebut dilakukan Penandatanganan nota kesepahaman antara pemerintah daerah kabupaten poso oleh Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu selaku pihak pertama dengan kantor wilayah badan pertanahan nasional provinsi sulteng Ir. H. Jonahar, ME. Dev, tentang Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Juru Ukur Tanah/Asisten Surveyor Kadaster di Kabupaten Poso Tahun 2018, dan dilanjutkan dengan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Poso Yan Edward Guluda, SH, MH dengan Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Sulteng selaku pihak kedua tentang Pelaksanaan Pekerjaan Pendidikan dan Pelatihan Juru Ukur Tanah/Asisten Surveyor Kadaster di Kabupaten PosoTahun 2018, disaksikan oleh FKPD, para OPD terkait, para peserta diklat dan undangan lainnya.

Dalam laporan kepala BKPSDM kabupaten poso Yan Edward Guluda, SH, MH selaku ketua panitia menyampaikan, adapun sasaran penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan asisten surveyor kadaster berlisensi adalah dapat memberikan pelayanan dibidang survey dan pemataan yang diindikasikan dengan kemampuan diantaranya memahami ukur tanah, memahami tata cara pendaftaran tanah, memahami kerangka dasar pemantaan, memahami pengelolahan data berkomputer, memahami gambar ukur pengembalian batas, memahami survey kadadteral dan memahami praktek profesional dan etika profesi surveyor.

Yan Edward Guluda, SH, MH juga melaporkan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan selama 15 hari atau 120 jam pembelajaran mulai hari senin tanggal 12 februari sampai dengan 5 maret 2018, dengan jumlah peserta diklat sebanyak 45 orang terdiri dari 40 orang adalah mereka yang telah melalui proses seleksi sesuai dengan persyaratan yang dibutuhkan dalam profesi tersebut dan 5 orang adalah pegawai pemerintah daerah yang bertugas sebagai juru ukur.

Sementara kepala kantor wilayah badan pertanahan nasional provinsi sulawesi tengah Ir. H. Jonahar, ME. Dev dalam sambutannya menyampaikan kegiatan diklat ini baru pertama kali dilaksanakan di kabupaten Poso sehingga nantinya tidak ada lagi kekurangan asisten surveyor kadaster belisensi untuk melayani masyarakat dengan baik, beliau juga katakan ada 80 ribu data pengumpulan pendaftaran tanah pada bulan maret sampai dengan mei dan harus diicapai bulan juni sampai dengan juli 2018 harus selesai pengurusan administrasinya serta pengumpulan data yang yuridis sehingga lebih mudah proses penyelesaiannya, dan ini merupakan program nawacita bapak Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan hanya daerah sulawesi tengah yang dapat melaksanakan kegiatan ini yang dilimpahkan oleh menteri pertanahan RI dan selanjutnya dilimpahkan ke dirjen.

Sementara ditempat yang sama Bupati Poso Darmin Agustinis Sigilipu menyampaikan, dimana tenaga juru ukur tanah baik surveyor kadaster maupun asisten surveyor kadaster berlisensi masih sangat terbatas jumlahnya yang ada di kabupaten poso, oleh karena itu pemda bekerja sama dengan kanwil BPN provinsi sulawesi tengah sepakat menyelenggarakan diklat tersebut.

Darmin Agustinus Sigilipu juga mengatakan, bahwa dalam diklat ini pemda poso dan kanwil BPN provinsi sulawesi tengah akan membekali para pemuda yang yang telah terpilih dengan keterampilan melakukan survey dan pemetaan pertanahan dalam rangka pendaftaran tanah, yang sudah pasti akan menjadi salah satu bekal hidup mereka dalam pengabdian dan pelayanan ditengah-tengah masyarakat, bangsa dan negara selain itu tentunya secara berkesinambungan akan membantu proses percepatan pendaftaran tanah di kabupaten poso dan akan berdampak bagi kemajuan daerah yang kita cintai. Beliau juga berharap para pimpinan unit kerja atau OPD, dimana mereka bertugas dan pihak BPN kabupaten poso nantinya benar-benar memanfaatkan dan memberikan kesempatan untuk terus mempraktekan dan mempermahir keterampilan yang ditunjang dengan SDM yang mereka dimiliki melaui tugas pengukuran di wilayah kabupaten poso.

Diakhir sambutannya Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu berharap, manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya dan ikuti segala ketentuan dan peraturan yang berlaku dalam proses diklat karena tidak sedikit orang-orang seusia anda yang gagal dalam menggapai cita-cita karena ketidakseriusan dan ketidaktaatan dalam proses diklat, olehnya itu belajarlah dengan giat dan jangan melakukan hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri. //ca’/pul


 alt

alt

Baca Juga :  LOMBA DESA DAN KELURAHAN TAHUN 2015

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image