BERBAGI
alt

Pemerintah Daerah Kabupaten Poso melalui Badan Kepegawaian Daerah Reformasi dan Birokrasi (BKD-RB) secara resmi memberlakukan status pelayan pensiun Pegawai Negeri Sipil (PNS) ketuk Pintu. 
Pelayanan pensiun PNS ketuk Pintu yang ditangani langsung oleh BKD-RB Poso tersebut diberlakukan dalam rangka memberikan pelayanan serta penghargaan kepada seriap PNS yang telah memasuki Batas Usia Pensiun (BUP) atas dedikasi dan pengabdiannya selama bertugas di Pemda Poso. Bertempat di ruangan sekertariat Pogombo pada Kamis (23/6/2016) acara sosialisasi dan sekaligus launching perdana dibuka secara langsung oleh Sekertaris Daerah ,Drs. Sin Songgoh, MM yang ikut didampingi oleh kepala  BKD-RB  Sukimin ,SH,Ms.i serta Ass.III Joksan Lakukua. turut hadir dalam kegiatan ini seluruh sekertaris SKPD,Sekcam serta Kasubag Kepegawaian dengan jumlah keseluruhan peserta sebanyak 115 orang.
Kepala BKD-RB Poso ,Sukimin mengatakan Launching Pelayanan Pensiun Ketuk Pintu adalah inovasi pelayanan pensiun dilaksanakan atas dasar permasalahan yang dihadapi selama ini yang  masih terkesan lamban dan membebankan kepada masing-masing PNS yang bersangkutan.

Baca Juga :  Bupati Berikan Penghargaan Kepada 25 Orang

Menurutnya dengan diberlakukannya ‘’Pelayanan Pensiun Ketuk Pintu’’ artinya bahwa  seluruh proses mulai penjemputan berkas,Pengusulan pensiun dan Taspen langsung ke SKPD,mengantar langsung SK pensiun,pemberitahuan transfer diantar langsung ke alamat dominsili PNS yang telah pensiun.

‘’Pelayanan Pensiun Ketuk Pintu sudah berjalan dan manfaatnya sangat besar diantaranya pengurusan pensiun semakin mudah,transparan dan efisien,diantaranya juga PNS yang sudah pensiun merasa dihargai oleh Pemda atas pengabdiannya selama ini,’’ungkap Kaban Kepegawaian Daerah Reformasi dan Birokrasi (BKD-RB) Poso.Terobosan ’Pelayanan Pensiun Ketuk Pintu’’ yang diberlakukan di Pemda Poso merupakan untuk yang pertama kalinya diterapkan di wilayah Sulawesi Tengah .

Dijelaskannya sistem pelayanan pensiun ketuk pintu  yang diterapkan sejalan dengan hasil Pendidikan dan Pelatihan ( Diklat) Pim II yang diikutinya untuk melakukan proyek  perubahan untuk Diklat Pim II terkait dengan pelayanan pensiun PNS.‘’BKD-RB sebagai pelaksana tentu sangat berharap dengan adanya pelayanan pensiun ketuk pintu agar kedepan sistem pengurusan SK Pensiun PNS di Pemda Poso bisa lebih cepat,mudah,transparan  tanpa adanya pungutan,’’ harap Kaban.Adapun tata cara dalam pelaksanaan pensiun ketuk pintu tersebut  pertama-tama  pihak BKDRB menginventarisir seluruh data PNS yang akan memasuki BUP,selanjutnya BKDRB  menyampaikan surat permintaan berkas pensiun an taspen kepada masing-masing kepala SKPD uang lalu diteruskan ke BKN pusat.Dasar hukum pemberlakuan pensiun ketuk pintu di Pemda Poso berdasarkan Undang- Undang diantaranya,UU Republik Indonesia Nomor 23 tahun 2014 dan  Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 21 tahun 2014 tentang  pemberhentian PNS yang telah mencapai Batas Usia Pensiun (BUP) bagi pejabat  Fungsional.

Baca Juga :  Upacara Hari Sumpah Pemuda Ke-91 Desa Tangkura, Menpora : Pemuda Indonesia Harus Bisa Bersaing Dikancah Dunia

alt

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image