BERBAGI
alt

Hari raya Nyepi Umat Hindu yang dilaksanakan di Desa Toinasa, Rabu (24/2), berlangsung hidmat, dan dihadiri Wakil Bupati Poso Ir. T. Samsuri, M.Si, Kabag Kesra Moh. Yunus, SPd. MPd, Camat Pamona Barat Gloria Tobondo, SE, dan Ketua Persatuan Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kab. Poso I Kadek. Dalam kesempatan itu, Bupati Poso Darmin A. Sigilipu dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakil Bupati antara lain mengatakan, bahwa atas nama Pemerintah Kabupaten Poso menyampaikan selamat merayakan hari raya Nyepi tahun 2016 kepada seluruh umat Hindu di Kabupaten Poso.
“Semoga pesan Nyepi tahun 2016 mengingatkan kita semua terhadap hakekat hidup insani yang perlu perenungan dan ketenteraman hati melalui ritual rohani, untuk mendekatkan diri kepada sang pencipta,” kata Bupati dalam sambutannya.
Dikatakan bahwa makna nyepi bagi umat Hindu adalah menahan diri (introspeksi) dan penyucian diri dari segala tindakan,ucapan dan perbuatan kotor, perbuatan jahat, yang ada dalam diri kita. “Makna nyepi yang universal ini, tentu menjadi peringatan kepada kita semua di dalam bermasyarakat untuk menjauhi sifat-sifat yang tidak terpuji dan tercela yang dimulai dari diri masing-masing,” katanya.
Budaya saling memaafkan dan saling menghargai antar sesama sebagai warisan leluhur to poso yang relevan dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa, apalagi kultur masyarakat Poso yang multi etnis menjadi kekuatan dan modal tersendiri di dalam mensinergikan berbagai program pembangunan di seluruh wilayah kabupaten poso tercinta.

Baca Juga :  Peringatan Hari Bhakti Transmigrasi Ke-67 Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah

Dalam kesempatan itu juga, atas nama pemerintah Daerah Bupati bersama Wabup Poso menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Poso khususnya masyarakat Hindu Poso yang memberikan kepercayaan dan amanah untuk memimpin daerah Sintuwu Maroso lima tahun kedepan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image