BERBAGI
alt

altANIMO MASYARAKAT PENGUNJUNG PAMERAN DAN KONTES BATU AKIK SANGAT TINGGI

Pameran dan Kontes Batu Akik yang pertamakali dilaksanakan di Poso dengan melibatkan ratusan peserta baik dari Poso maupun dari luar Poso telah dibuka semalam Senin, 8/6 oleh Bupati Poso Drs, Piet Inkiriwang, MM yang diwakili Sekab Poso Drs, S.Songgo, MM di Alun-alun Lapangan Sintuwu Maroso Poso. Sekab dalam kesempatan tersebut mengapresiasi kegiatan Pameran sekaligus kontes sebagai kegiatan yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi sebagaian masyarakat. ” Kegiatan ini tentunya dapat mendorong peningkatan ekonomi sebagaian masyarakat melalui usaha kerajinan batu akik” Katanya.
Sekab juga menjelaskan melalui pameran dan kontes akan didapatkan batu-batu akik yang bermutu tinggi yang banyak terdapat di Sulawesi Tengah. Bahkan di Kabupaten sendiri banyak menyimpan potensi batu akik yang tidak kalah bersaing dengan batu akik luar Poso. Sehingga menurut sekab hal ini akan disertifikasi dan di lebel sebelum daerah lain mengklaim batu-batuan Poso yang memiliki warna dan corak tersendiri. ” Yang lebih terpenting dari kegiatan ini adalah semakin terjalinnya tali silaturrahmi diantara kita baik pemda, masyarakat, para pencinta batu akik didalam membangun Sintuwu Maroso yang lebih maju dan modern di masa yang akan datang.”Kuncinya.
Sementara itu Ketua Panitia Pelaksanan acara Fritz Syam Purnama, SH, M.AP menyampaikan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk mengangkat ekonomi kreatif masyarakat karena fenomena batu akik yang telah merambah masyarakat sampai pelosok pedesaan di Kabupaten Poso. Fritz juga menjelaskan melalui kontes berhadiah jutaan rupiah ini akan menarik wisatawan untuk datang di Poso serta mengangkat batu akik Poso sejajar dengan batu akik lainnya di nusantara. ” Kegiatan ini dilaksanakan sejak tanggal 7 sampai dengan 13 Juni 2015.”Tutupnya.


Baca Juga :  Bupati Apresiasi Kreativitas Anak Muda Poso, Pada HUT Ke-3 Komunitas JBI Maroso

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image