BERBAGI
alt

Ada yang beda dengan rangkaian perayaan HUT RI ke 69 tahun  2014 ini di kabupaten Poso. khususnya pemberian remisi kepada narapidana dan anak pidana yang menjalani pesakitan di rumah tahanan .

Di halaman kantor Rutan Bupati Poso Minggu 17/08/14 Drs, Piet Inkiriwang,MM secara simbolis memberikan remisi dari Menkumham RI kepada 54 orang terpidana yang dinilai layak menerima pemotongan masa tahanan tersebut. “Saya mengharapkan tahun depan pada saat pemberian remisihari kemerdekaan 17 Agustuss, semua dapat remisi bahkan kalau perlu tidak ada lagi masyarakat yang ditahan di rutan ini.” Ungkap Piet sebelum memulai membacakan  sambutan resmi Menkumham RI.

Piet juga menambahkan agar para narapidana yang menjalani pembinaan di rutan tersebut memperbaiki tingkah laku perbuatannya, sehingga selepas menjalani pahit getirnya hidup di sel yang sempit dapat kembali di tengah masyarakat dapat hidup normal berbaur serta memberi kontribusi yang berarti dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta dapat turut andil dalam membangun daerah Sintuvu Maroso  kearah yang lebih baik sesuai dengan karya dan bidang masing-masing.
Selain itu, Bupati memuji kreativitas para narapidana yang menciptakan berbagai aksesoris seperti pigura, tudung lampu belajar dan lampu tidur dengan memanfaatkan bahan dasar koran bekas yang bias bernilai ekonomi dan dapat menambah penghasilan

Baca Juga :  Wakil Ketua Pengadilan Naegeri Klas 1B Poso dilantik

Sementara itu Nasarullah (petugas rutan) selaku panitia acara pemberian remisi itu melaporkan bahwa dari 98 orang penghuni hotel prodeo tersebut 54 diantaranya mendapat remisi kemerdekaan 17 Agustus. Adapun potongan masa tahanan yang diterima dari masing-masing narapidana yang berkelakuan baik tersebut dari 1 bulan potongan, 4 bulan bahkan sampai enam bulan potongan masa tahanan.
Acara yang berlangsung khidmat di rutan tersebut diakhiri dengan saling silaturahmi Bupati Poso di damping Wabup Poso Ir.T.Samsuri,M.Si. Sekab Poso Drs.Sin Songgo,MM. turut serta forum kordinasi pimpinan daerah kabupaten Poso Kajari Poso, Ketua Pengadilan Poso serta sejumlah Kepala SKPD dilingkungan Pemda Poso sekian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image