BERBAGI

Meredam masuk dan berkembangnya ideologi gerakan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) di wilayah Kabupaten Poso, pada hari Kamis (07/08) sekira pukul 09.30 wita, bertempat di ruang pertemuan Pogombo kantor sekretariat Pemda Poso, sejumlah elemen masyarakat yang tergabung dalam Organisasi Masyarakat (Ormas) Muslim Poso.

Ormas islam yang hadir seperti FPI, Alkhairat, NU serta Muhammadiyah duduk bersama dalam sebuah rapat terpadu dengan pihak Pemda Kabupaten Poso beserta unsur pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) seperti Dandim 1307 Poso, Kapolres, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri serta pihak majelis Ulama (MUI) Poso. Pertemuan yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Poso Ir.T Samsuri M.Si dalam hal ini mewakili Bupati Poso Drs. Piet Inkiriwang MM, juga turut dihadiri oleh para Camat dan kepala Kelurahan/Desa yang berada di Poso Kota bersaudara dan Poso Pesisir Bersaudara.

Baca Juga :  Panglima TNI, Kapolri dan Kepala BIN berkunjung di Poso

Terungkap, dalam pertemuan yang digelar hampir memakan waktu selama 2 jam ini, seluruh peserta rapat baik dari pihak ormas Islam, Camat serta semua kepala Kelurahan/Desa akhirnya berkesimpulan menyatakan sikap menolak terkait keberadaan ideologi ISIS di Poso. Bahkan pernyataan sikap ini, selanjutkan akan ditindak lanjuti dengan melakukan langka sosialisasi dan himbauan pada masyarakat soal keberadaan gerakan ISIS, yang sudah jelas sangat bertentangan dengan faham ideologi bangsa Indonesia yaitu Pancasila. Dimana ISIS dalam ajarannya dapat menimbulkan perpecahan bahkan permusuhan diantara anak bangsa.

Dalam kesempatannya Samsuri juga turut menegaskan kepada semua pemangku kebijakan yang ada di daerah ini, agar segera mengambil langka pencegahan berkembangnya faham idologi yang ditebar oleh kelompok ISIS di Poso. “Yang bisa kita lakukan saat ini adalah melakukan langka pencegahan ditengah masyarakat. Hal ini penting kita lakukan agar masyarakat jangan muda terhasut dan menerima konsep maupun ajaran mereka ini. Karena dalam konsep ajarannya ini sangat berbahaya bagi keutuhan bangsa ini.” Ungkap Samsuri yang diamini oleh semua yang hadir dalam rapat tersebut.

Baca Juga :  Dialog Kebangsaan "Merajut Kebersamaan Untuk Poso Damai Dalam Bingkai NKRI"

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image