BERBAGI

Piet : ”Masyarakat Poso dewasa ini, adalah masyarakat yang sedang menujuh pada perubahan hidup yang lebih baik”

Ketegasan pemerintah pusat dalam hal ini presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang telah mengeluarkan pernyataan resminya terkait larangan masuk dan berkembangnya  paham atau ideologi Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) yang kemudian menjadi Islamic State (IS) di Indonesia, mendapat tanggapan serius oleh Bupati Poso Drs. Piet Inkiriwang MM, selaku pimpinan salah satu wilayah yang kerab menjadi objek pemberitaan media cetak maupun elektronik selama ini terkait adanya sejumlah aksi teror yang sering terjadi di daerah ini.

Bahkan menurut Bupati Piet Inkiriwang berdasarkan pernyataan Kapolri Jenderal Polisi Sutarman yang mengatakan kalau pimpinan kelompok sipil bersenjata Poso yakni Santoso alias Abu Warda diduga kuat adalah salah satu pengikut ajaran ISIS yang ada di Poso.“Keberadaan mereka (ISIS) di Indonesia sudah jelas dilarang oleh pemerintah. Sementara untuk di daerah Kabupaten Poso, langka pencegahan masuknya idiologis atau ajaran seperti ini, sejak lama sudah kita lakukan melalui sejumlah ormas yang ada seperti Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB), Badan Kerjasama Antar Umat Beragama, Poso Pesisir Bersatu termasuk sejumlah kegiatan yang dilakukan oleh tim terpadu, yang bertujuan untuk meningkatkan ketahanan masyarakat agar tidak mudah terhasut oleh ajaran atau paham terlarang, salah satunya seperti ISIS ini.”Ungkap Bupati Piet Inkiriwang usai kegiatan pelantikan pejabat eselon III dan IV di ruang pertemuan Torulemba pada hari Rabu (06/08) pekan ini.

Baca Juga :  Pengukuhan Pengurus RAPI Wilayah 01 Poso

Bahkan Bupati Piet Inkiriwang, sangat menaruh kepercayaannya terhadap warga masyarakat Poso. Pasalnya menurut dia, tingkat pemahaman serta kesadaran masyarakat tentang arti pentingnya keamanan, hidup berdampingan, persaudaraan termasuk adanya hal-hal yang akan menganggu tatanan kerukunan hidup antar umat beragama di daerah ini sudah sangat tinggi.”Pemahaman seperti ini bukan hanya ada pada masyarakat kota, tapi sudah menjangkau hingga ke tingkat masyarakat di desa dan dusun.”Masyarakat Poso dewasa ini, adalah masyarakat yang sedang menujuh pada perubahan hidup yang lebih baik. Untuk itu, sebagai pimpinan daerah saya berkewajiban memberikan rasa tentram dan kesejahteraan kepada masyarakat, sebagaimana harapan saya diawal datang untuk membangun daerah Poso ini.”Ucap Piet Inkiriwang.

Baca Juga :  Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Poso

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image