BERBAGI
Poso- Bupati Poso Drs Piet Inkiriwang, MM membuka kegiatan Forum Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (MUSRENBANG RKPD) Kabupaten Poso Tahun 2014, bertempat diruang meeting room Bappeda Kamis(06/03/2014).
Dalam Sambutan Bupati Poso menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah merupakan amanat undang-undang nomor 17 tahun 2003 tentang Keuangan Negara, Undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang Sistim Perencanaan Pembangunan Nasional dan Undang-Undang nomor 12 tahun 2008 tentang perubah3an kedua Undang-Undang nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah serta Permendagri 54 tahun 2010, maka perangkat daerah diwajibkan menyusun Dokumen Rencana Pembangunan.
             Lanjut dikatakan proses penyusunan dokumen rencana tersebut memerlukan koordinasi antara Instansi Pemerintah daerah dan partisipasi seluruh pelaku pembangunan melalui suatu forum yang disebut Forum Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (MUSRENBANG RKPD). Kegiatan Forum SKPD dan Musrenbang RKPD sebagai wadah untuk mengsinkronkan usulan prioritas program, sehingga tidak ada lagi usulan program/kegiatan yang tidak melalui forum ini kecuali program/kegiatan yang bersifat emergensi.
Diakhir sambutannya Bupati berharap kepada seluruh peserta yang mengikuti kegitan ini agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh–sungguh sehingga pada nantinya dapat mengahsilkan komitmen bersama antara pelaku pembangunan terhadap program dan kegiatan prioritas yang akan dilaksanakan.
                Sementara itu pada kesempatan yang sama Kabid Pengendalian, Monitoring dan Evaluasi Dra Hj. Ratni MSi yang membacakan sambutan tertulis Kepala Bappeda Provinsi Sulawesi Tengah Dr. Patta Tope, MA mengatakan bahwa upaya pengembangan ekonomi masyarakat perlu terus ditingkatkan guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi dalam rangka meningkatkan daya saing serta untuk memeratakan pembangunan ekonomi antara Daerah, Kabupaten/Kota secara berkeadilan. Walaupun pertumbuhan ekonomi Sulawesi Tengah mengalami kenaikan yaitu pada tahun 2012 7,79% meningkat menjadi 9,16% tahun 2013 namun relatif belum memberi pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan ekonomi masyarakat secara langsung karena masih bertumpuh pada sektor primer pertanian. Oleh sebab itu diharapkan kedepan berangsur-angsur beralih kesektor sekunder industri perdagangan dan jasa.
Hasil musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Poso yang keluarannya adalah menghasilkan RKPD Kabupaten Poso tahun 2015 kiranya dapat mengacu pada prioritas pembangunan provinsi Sulawesi Tengah karena pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan ini menghasilkan program dan kegiatan yang dapat mendukung ketercapaian visi dan misi Pemerintah Daerah Kabupaten Poso yang secara integral mendukung ketercapaian visi dan misi Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah. Untuk itu diharapkan pada seluruh peserta baik instansi dalam jajaran pemerintah kabupaten Poso maupun para pemangku kepentingan untuk dapat merumuskan dan memantapkan program dan kegiatan berdasarkan skala prioritas secara lebih tajam dan lebih menyentuk kepada masyarakat.

                Dalam laporan panitia kegiatan yang disampaikan Suratno SP MSi mengatakan bahwa dasar pelaksanaan kegiatan ini mengacu pada PP nomor 8 tahun 2008 tentang Tahapan, Tata cara penyusunan, Pengendalian dan evaluasi Rencana Pembangunan Daerah. Tujuan Penyusunan RKPD Kabupaten Poso tahun 2003 adalah merupaka pedoman bagi Penyusunan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plapon Anggaran Sementara (PPAS) tahun 2015.


               Hadir pada pula pada kegiatan tersebut Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Poso, Rektor Unsimar, Para pejabat dilingkungan Pemda Poso, Tokoh agama, Tokoh masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh wanita, Pers dan LSM, Para peserta Musrenbang serta undangan lainnya.

Baca Juga :  Pemusatan Latihan Atlit TC Kontingen Kabupaten Poso, Persiapan Pekan Olahraga Tingkat Provinsi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image