BERBAGI

Poso – Bertempat di ruang pertemuan utama Torulemba, rumah jabatan (Rujab) Bupati Poso, pada hari Rabu (24/07) telah digelar acara tatap muka dan buka puasa bersama Panglima Daerah Militer (Pangdam) VII Wirabuana, Mayjend TNI. Bachtiar, S.IP.M.AP dengan Muspida serta tokoh masyarakat dan tokoh agama yang adad di Kabupaten Poso. 

   Mengawali sambutannya Bupati Poso Drs. Piet Inkiriwang MM, sangat menyambut baik kedatangan Pangdam VII Wirabuana bersama rombongan, yang telah meluangkan waktu serta mau berlelah melangkahkan kaki ke tanah Poso. Terselip ucapan Piet Inkiriwang, selamat datang di Bumi Sintuwu Maroso.”Apa yang telah diterima dalam prosesi penyambutan adat pekasiwia tadi, itu bertanda bahwa Pangdam telah menjadi bagian dari masyarakat Poso. Sehingga apa yang menjadi permasalahan kita, tentunya juga pangdam akan ikut merasakannya juga.”Ungkap Bupati Piet.
“Situasi keamanan daerah Poso dari hari ke hari semakin kondusif. Dan apa yang terjadi beberapa  yang lalu, ini bukan konflik kumunal antar warga. Kami saat ini, warga masyarakat Kabupaten Poso baik-baik saja dan saling menyayangi satu sama lain. Bersama tokoh masyarakat, Tokoh Adat serta tokoh agama, salin bahu membahu membawah masyarakat Poso kearah hidup yang lebih baik. Rasa kebersamaan dalam perbedaan telah menjadi bagian hidup, serta jalinan harmonisasi yang tak terpisahkan dalam menata persaudaraan antar warga masyarakat daerah Poso. Kalau pun sring ada pemberitaan terkait peristiwa penangkapan jaringan kelompok radikal yang ada di Poso, ini semata upaya penegakan hukum yang harus terus dilaksanakan oleh aparat keamanan, baik dari unsur TNI maupun Polri.”Imbuhnya.

Baca Juga :  Ajak Pemuda Potensial Poso Terus Berkontribusi Bagi Bangsa Dan Daerah

Diakuinya juga situasi keamanan semakin dirasakan dengan ikut terlibatnya prajurit TNI dalam mengawal keamanan daerah Poso, dari gangguan sekelompok orang yang masih menginginkan supaya Poso tidak aman.”Keterpaduan dalam tugas antara TNI dan Polri, akan memberikan dampak yang sangat besar ditengah masyarakat. Tapi kalau yang terjadi justru sebaliknya, kemana masyarakat akan berlindung. Jangan masyarakat, saya juga membutuhkan kehadiran TNI maupun Polri saat dalam menjalankan tugas pemerintahan.”Ucap Piet Inkiriwang yang juga politisi handal partai besutan presiden SBY ini. 

Menyikapi sambutan Bupati Poso, saat dalam sambutannya Pangdam VII Wirabuana  Mayjend TNI. Bachtiar, S.IP.M.AP memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah (Pemda) Poso dalam hal ini Bupati Poso Drs. Piet Inkiriwang mm. Dalam mempertahankan, menjaga serta memelihara kerukunan kehidupan masyarakat Poso yang plural ini. Semoga kata Pangdam VII ini, agar supaya kondisi keamanan dan kerukunan yang ada seperti ini, terus dijaga. “Tentunya dengan melibatkan semua unsur elemen masyarakat yang ada, sehingga kondisi seperti ini akan terus dirasakan oleh masyarakat Poso.”Tutur perwira TNI dengan dua bintang dipundaknya ini.
Ditambahkannya juga, sudah tentu itu semua akan terwujud dengan adanya hubungan kerjasama serta dan didukung koordinasi dan informasi yang baik antara TNI dan Polri dalam menjalankan tindakan penegakan hukum di daerah Poso. Semua ini tak lain bertujuan untuk menggalang terciptanya keamanan dan kedamaian di tanah Poso, serta mempertahankan kewibawaan Negara Kesatuan Republik Indomesia (NKRI).”Ketersediaan lapangan pekerjaan bagi masyarakat, melalui adanya program pemerintah seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR) supaya dijalankan dengan sebaik-baiknya. Sehingga dengan program KUR ini, akan memberikan dampak peningkatan ekonomi masyarakat kecil serta mempersempit ruang kesenjangan sosial dan ekonomi dalam masyarakat. Mungkin saja ini salah satu akar persoalan yang melahirkan adanya pemikiran dan reaksi radikal.”Pungkas Bachtiar, alumnus AKBRI tahun 1984 ini. 

Baca Juga :  Operasi Ramadniya Tinombala

  Selain melakukan kunjungan kerja dalam rangka Dinas serta safari Ramadhan, kunjungan Pangdam VII Wirabuana ke Poso kali ini memang bertujuan untuk melakukan silatuhrahmi dengan Muspida serta semua perwakilan elemen masyarakat Kabupaten Poso. Sebelumnya serangkaian kegiatan Pangdam VII Wirabuana telah melakukan kunjungan kerjanya di lokasi pembangunan Kompi Senapan E Bataliyon 714 Sintuwu Maroso di Desa Kawede, Kecamatan Poso Pesisir Utara.  

    Dalam rangka menyambut orang nomor satu di lingkungan Pangdam VII Wirabuana ini, pihak Korem 132 Tadulako bekerja sama dengan Kodim 1307 Poso, telah melaksanakan kegiatan pengobatan gratis bagi masyarakat Poso yang kurang mampu. Kegiatan bhakti sosial ini di pusatkan pada rumah sakit (Rumkit) TNI Angkatan Darat di Kelurahan Bonesompe, Kecamatan Poso Kot Utara. 
Pantauan media ini, sekira pukul 16.00 wita, rombongan Pangdam VII Wirabuana, memasuki halaman Rujab Bupati Poso dan disambut langsung oleh Bupati Poso Drs. Piet Inkiriwan MM  Didampingi sejumlah SKPD dan tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat serta para undangan lainnya. Sudah menjadi tradisi adat budaya tanah Poso, sebagai tamu kehormatan daerah, Mayjend TNI. Bachtiar, S.IP.M.AP disambut dengan prosesi adat Pekasiwia oleh putri-putri cantik Pamona. Dalam rombongan Pangdam VII Wirabuana pada kunjungan perdannya ke Kabupaten Poso, tampak dampingi oleh Danrem 132 Tadulako, Kolonel (Inf) Tri Soewandono, Dandim 1307 Poso, Letnan Kolonel (Inf) Bobby Prabowo serta kapolres Poso AKBP. Susnadi S.Ik.

Baca Juga :  Tatap Muka Pangdam XIII Merdeka Bersama Tiga Unsur Pilar Se-Kabupaten Poso

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image