BERBAGI

POSO- Pasar Ramadhan Poso yang berlokasi di kawasan lapangan Sintuwu Maroso kembali digelar Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Poso, yang pembukaannya dilakukan oleh wakil Bupati Poso Ir.T Syamsuri mewakili Bupati Poso Drs, Piet Inkiriwang MM, pada hari Rabu (10/07/2013) sekitar pukul 15.00 wita.

Pembukaan pasar Ramadhan ini, bertepatan dengan hari pertama buka puasa di bulan suci Ramadhan 1434 H. Kegiatan yang di prakarsai oleh Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Kumperindag) kabupaten Poso ini, menghimpun ratusan pedagang kecil yang bergerak di bidang aneka kuliner yang ada di wilayah kota Poso. Pantauan media ini, bermacam-macam jenis kue-kue dan makan khas daerah Poso ada tersedia. Termasuk makan yang berasal dari luar daerah Poso, seperti makan khas Jawa, Padang, Gorontalo termasuk pula sejumlah makanan khas dari tanah kaili, dapat dengan mudah ditemukan dalam arena pasar Ramadhan ini, untuk dibawah pulang dan disantaap bersama keluarga di rumah saat berbuka puasa nanti. Bukan hanya itu saja yang tersedia, masih banyak lagi aneka minuman segar dan manis , yang sangat cocok dinikmati sebagai menu pembuka puasa.

Baca Juga :  Fasilitasi Kegiatan Dengan Mitra Kependudukan

Dalam sambutanya Bupati Poso Drs. Piet Inkiriwang MM, yang disampaikan oleh Wakil Bupati Poso Ir. T. Samsuri antara lain mengatakan, Pemda Poso sangat mengapresiasi terselenggaranya pasar Ramadhan tahun ini. Selain memberikan kemudahan bagi umat Muslim yang akan berbuka Puasa, pasar Ramadhan ini juga sekaligus memberikan kesempatan para pengusaha kecil bidang kuliner, agar mereka dapat menjajakan dagangannya di arena pasar Ramadahan. “Pasar Ramadhan ini bukan hanya untuk saudara kita yang muslim, namun dapat juga dimanfaatkan oleh saudara kita yang non muslim untuk turut datang berbelanja di tempat ini. ” Urai Bupati Piet Sehingga kata Syamsuri, keberadaan pasar Ramadhan Poso ini, diwaktu mendatang harus tetap dipertahankan serta perlu ditingkatkan, baik fasilitas mapun sarana pendukung lainnya. Agar apa yang menjadi harapan bersama antara masyarakat, pedagang dan pemerintah bisa sejalan.

Baca Juga :  Poso Kembali Ukir Prestasi

Seperti harapan bupati Poso agar kiranya pihak Dinas Kumperindag dapat memanfaatkan momen yang baik dibulan suci Ramadhan ini, untuk menciptakan ruang kepada warga masyarakat khususnya para pedagang kecil. Sehingga pada gilirannya mereka dapat survive dan berujung pada peningkatan taraf ekonominya. “harusnya segala bentuk aktivitas pemerintahan yang baik, akan senantiasa bertujuan serta bermuara pada upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat” Ungkapnya. Dipenghujung sambutannya, Bupati Poso menghimbau serta ber-harapan, pada masyarakat pedagang di pasar Ramadhan Poso ini, agar bersama-sama menjaga kebersihan, ketertiban apalagi keamanannya sepanjang waktu kegiatan pasar Ramadhan Poso ini, yang akan berlansung selama satu bulan penuh kedepan.”Dalam bulan yang penuh berkah ini, segala bentuk aktivitas kita selalu diarahkan pada upaya-upaya yang baik. Marilah kita terus mendorong kehidupan masayarakat Poso yang rukun dan damai. Pasar Ramadhan Ini adalah salah satu tempat kita untuk ber-sosialisasi satu dengan yang lain, sebagai sesama masyarakat Poso yang satu, rukun dan damai.”Pungkasnya. Dalam acara pembukaan pasar Ramadhan Poso tersebut, turut dihadiri Sekertaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Poso Drs. S.Songgo MM, Asisten II Setdakab Poso bidang Pemerintahan H.Munawir, Dandim 1307 Poso Letan kolonel (Inf) Bobby Prabowo, Kepala Dinas Kumperindag Rusna Mangun, para Camat Se-Kota Poso bersaudara, tokoh Agama, tokoh masyarakat serta para undangan lainya.

Baca Juga :  konsultasi pemantauan Komnas Perempuan tentang pemenuhan hak-hak konstitusional perempuan korban kekerasan dan diskriminasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image