Sen08212017

Last update04:53:29 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home WISATA Pilihan Wisata Wisata Alam Bupati Poso Buka Festival Sambut GMT Di Desa Kalora

Bupati Poso Buka Festival Sambut GMT Di Desa Kalora

Pembukaan festival dalam menyambut Gerhana Matahari Total (GMT) yang di pusatkan didesa Kalora Kecamatan Poso Utara, di warnai festival budaya masyarakat Poso yang disebut Kawaninya yang berarti menyambut kegelapan.

Pembukaan festival kawaniya dalam menyambut fenomena alam GMT yang sengaja di pusatkan di Desa kalora karena desa ini merupakan salah satu titik kordinat gerahana akan terlihat lebih lama. Dalam pembukaan ini, ratusan wisatawan asing juga turut hadir menyaksikan.

Sementara Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu yang datang bersama rombongan tiba di arena festival setelah sekian lama dinantikan oleh warga lokal maupun dari luar. Ketika memberikan sambutan saat membuka acara festival, Bupati Poso menyatakan harapannya, agar kegiatan festival gerhana matahari ini dapat mengangkat kembali citra daerah kabupaten Poso.

Dikatakannya, kabupaten Poso sendiri merupakan daerah yang hingga kini masih dalam suasana aman untuk dikunjungi siapa saja termasuk para wisatawan. Poso juga dikenal dengan kota yang banyak menyimpan potensi wisata alam, budaya serta wisata kulinernya.

"Kota Poso sampai saat ini tidak seburuk yang dipikirkan, siapa saja boleh datang ke kota kami ini. Poso punya beragam wisata yang bisa dinikmati bersama," ungkap Darmin, dihadapan warga dan wisatawan yang hadir dalam acara pembukaan festival kawaninya, Selasa (08/03/16).

Pembukaan acara festival kawanina dalam menyambut GMT ini di awali dengan pemukulan Padengko yang merupakan suatu tradisi warga

membunyikan tabuh atau gendang saat gerhana matahari datang.

Acara pembukaan juga semakin meriah, setelah seratusan remaja menampilkan tarian "Wengi Rieo" yang dimana tarian tersebut merupakan tarian yang berarti gelap di waktu siang.

Penampilan Drum Band pelajar poso hingga pembagian kacamata khusus gerhana juga turut meramaikan acara pembukaan.

Dalam pembukaan festival kawaninya menyambut GMT ada sejumlah kegiatan menarik yang gelar Pemkab Poso bekerjasama sama dengan Mosintuwu Institute dan ITB seperti pasar desa, kuliner desa, pentas seni, pameran astronomi, pesta bintang serta pameran fotografi dan workhsop fotografi lubang jarum bagi warga dan wisatawan yang datang.

Seperti yang sudah diberitakan sebelumya, kabupaten Poso merupakan salah satu daerah yang akan dilintasi GMT pada sembilan Maret atau hari ini.. Saat ini titik koordinatnya berada di desa Kalora, Poso Pesisir Utara. Dilokasi ini gerhana matahari total akan terlihat selama 2 menit 52 detik.