Sen02192018

Last update11:51:58 PM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home WISATA

Artist

Pembukaan Panggung Kreasi Anak-Anak Muda Poso di Tepi Laut Latansa

Puluhan komunitas anak-anak muda kreatif Poso berkumpul dan bersilaturrahmi sambil menggelar aksi dan bakat mereka di malam Pembukaan Panggung Kreasi Anak-Anak Muda Poso di tepi laut yang indah Latansa Beach Tegal Rejo Poso Kota Utara Sabtu malam, 13/01/17. Berbagai atraksi menarik menghiasi panggung yang tertata apik di bibir pantai itu menampilkan band-band local Poso dari berbagai genre music, ada reagge, jazz dan pop. Ada penampilan Ayi Idol Cilik, stand up comedy, orasi anti narkoba dan tak kalah menarik juga dipentaskan Tarian Poso berupa tarian lokal yang dimodif menjadi tarian kontenporer (pernah meraih predikat terbaik 10 nasional di Taman Mini Indonesia Indah) memukau para pengunjung.

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu yang menghadiri sekaligus membuka langsung event kawula muda Poso tersebut sangat mengapresiasi dan memuji aktivitas positif anak-anak muda poso yang menggelar weekend dengan melibatkan puluhan komunitas kreatif poso diantaranya MAR Poso, DAS Air Soft, Internisti Poso, Bagaya Poso, Kopi Poso, Mapala Unsimar, Komunitas Vespa Club, Vektor Venom Poso, Gowess Poso, PSC Poso dan yang lainnya. Dalam sambutannya Bupati mengungkapkan kebanggaan dan kesyukurannya terhadap aksi-aksi kreatif anak-anak muda poso didalam membangun negeri ini menjadi lebih baik lagi tentunya bersama anak-anak muda yang potensial dan memiliki bakat serta mau melihat perubahan kabupaten Poso yang cerdas. Bahkan bupati Darmin sanggup berada di garda terdepan memimpin para kawula muda poso menuju perubahan yang signifikan agar Kabupaten Poso maju sejajar dengan kabupaten lainnya di Indonesia. Bupati Darmin juga sanggup dibelakang para kawula muda poso untuk memberikan dukungan dan motivasi agar lebih meningkatkan kreativitas positif didalam memberi warna Negeri Poso yang damai, adil dan sejahtera.

Menurut bupati, melihat potensi dan bakat serta prestasi yang dimiliki anak-anak Poso di bidang seni bahkan sempat beberapa kali mengharumkan nama Kabupaten Poso di kancah pencarian bakat tingkat nasional, sehingga kedepan pada hut Kota Poso yang ke-123 di bulan maret akan melibatkan seluruh komunitas anak-anak Poso yang mempunyai bakat seni untuk ditampilkan dalam menghiasi perayaan hut kota Poso.Terang Darmin yang disambut tepuk tangan riuh seluruh komunitas dan pengunjung yang menghadiri acara panggung kreasi di latansa beach itu. Bahkan salah seorang aktivis anak muda Poso yang juga tergabung dalam komunitas MAR Poso Ayi (fb=Ayil Kamikaze) memuji pernyataan orang nomor satu itu di Poso yang lebih memprioritaskan anak-anak Poso yang sudah ikut audisi pencarian bakat di Jakarta yang akan memeriahkan suasan perayaan Hut Kota Poso di lapangan sintuwu maroso bulan maret mendatang.

Sampai saat berita ini dikabarkan laporan dari ketua panitia Panggung kreasi anak muda Poso Moh.Iqbal yang sering disapa Papa Eko mengungkapkan kesyukuran dan kebanggaannya atas antusias para pengunjung Latansa Beach Water Sport yang ingin menikmati suasana pantai yang indah dengan fasilitas permainan air laut yang tersedia disana sambil menyaksikan rangkaian acara kreasi anak muda Poso yang masih berlangsung hingga sore ini. //ca’/pul

alt

alt

Bupati menyerahkan Bantuan Sarana Pariwisata Permainan Air Desa Tonusu

Peresmian dan Penyerahan Bantuan Hibah Sarana Pariwisata Permainan Air Dari Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Direktorat Jenderal Pembangunan Kawasan Perdesaan Direktorat Pengembangan Sumber Daya Alam Kawasan Perdesaan, oleh Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu Bumdesa Bersama Lemba Mesale tadi pagi bertempat di balai Desa Tonusu, kamis (11/01/18).

Bupati Poso didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan dr. Napoleon Taufan Karwur, Kepala Dinas Pariwisata Drs. Joseph Magido, Kepala Badan Ketahanan Pangan Ir. Ambrosius Tokare, M.Si, Kepala Dinas Perhubungan Octovianus Lebang, SE, Kepala Dinas Perikanan Ir. Yusak Their Mentara, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Dra. Sophia Porajow yang sekaligus menyerahkan kepada Camat Pamona Puselemba Data Wajib KTP bagi masyarakat yang belum rekam KTP elektronik bagi 11 Keluarga setiap desa dengan jumlah sebanyak 3471 jiwa , untuk dapat ditindaklanjuti dan perekamannya bisa dilakukan di Kantor Kecamatan atau langsung ke Kantor Dukcapil Kabupaten Poso. Hal ini bertujuan untuk pendataan, terutama menjelang Pilkada dan Pilpres serta banyak kegunaan lainnya. Hadir pula perwakilan dari beberapa OPD lainnya, Tripika Kecamatan, Camat Pamona Puselemba, Danramil, Kapolsek Tentena, pihak Perbankan dari Bank BRI Poso dan Bank Mandiri Poso, para kepala desa yang tergabung dalam Bumdesa, pengurus dan anggota kelompok Bumdesa bersama lemba mesale serta masyarakat Desa Tonusu dan sekitarnya yang antusias menyaksikan acara ini, juga Para pewarta media cetak maupun elektronik.

Melalui laporan ketua Panitia yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Poso, Ir. Lusiana Primandaya Sigilipu, M.Si, bahwa dengan adanya sarana permainan air ini, masyarakat akan membuat Gazebo disekitar pinggir danau Desa Tonusu. Hal ini dimaksudkan untuk tempat istirahat dan bersantai bagi pengunjung sembari menikmati wahana air. Lebih lanjut Kadis PMD Lusiana Sigilipu menjelaskan, yang tergabung dalam Bumdesa Lemba Mesale adalah beberapa desa yang ada di Kecamatan Pamona Puselemba yang memiliki potensi wisata, seperti Wera (Tempat air terjun Saluopa), Leboni, Tonusu, Buyumpundoli dan Peura (merupakan desa yang berada dipinggiran Danau Poso). Bantuan yang sudah diberikan bagi kelompok ini senilai Rp. 2 milyard, barang yang sangat mahal dan sulit untuk mendapatkannya. Olehnya harus dijaga dan dirawat agar bertahan lama serta mendatangkan manfaat bagi desa.

Melalui sambutannya, Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu mengatakan, sarana permainan air yang sudah dimiliki ini, adalah bagian dari kepercayaan yang diberikan bagi Bumdesa Lemba Mesale, harus bertahan lama dengan cara menjaga serta merawat dengan sebaiknya. Punya dedikasi untuk mengembangkan desa melalui sara ini. Keikut sertaan masyarakat dalam menjaga alam akan sangat berpengaruh bagi keindahan danau Poso dan kelangsungannya. Banyak orang akan terpanggil untuk datang berkunjung. Menikmati pesona keindahan Danau Poso sambil menggunakan sarana wisata air. Untuk menunjang kelengkapan sarana wisata air yang ada di Desa Tonusu, akan dibuat jalan tembus di pinggir danau yang menuju ke anjungan Festival Pesona Danau Tektonik Poso. Manfaatnya, selain dapat digunakan sebagai jalan untuk menikmati keindahan danau poso sembari berfoto, juga dapat digunakan untuk joging. Bupati Poso menambahkan, kita patut bersyukur bahwa keberadaan sarana wisata permainan air ini akan membantu masyarakat dalam meningkatkan perekonomian terutama bagi 5 desa yang tergabung dalam Bumdesa Bersama Lemba Mesale. Meningkatkan dan menguatkan ekonomi masyarakat melalui kegiatan UMKM. Lembah mesale merupakan kawasan prioritas yang telah mendapatkan bantuan baik untuk peningkatan Pertanian maupun Wisata.

Lebih lanjut Bupati Poso menyampaikan, Camat Pamona Puselemba sebagai perpanjangan tangan Pemerintah Daerah, harus terus mendampingi dan melakukan pengawasan secara terstruktur dan konsisten agar apa yang sudah diberikan ini, akan mampu mengangkat status sosial masyarakat. Karena hal ini menjadi tanggung jawab Bupati dan Wakil Bupati Poso untuk mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat secara adil, dengan demikian kenyamanan akan tercapai. Campur tangan dari pihak perbankan sangat diharapkan untuk mendukung pengembangan kawasan wisata melalui penyertaan modal usaha. Menutup rangkaian acara, Bupati Poso menyempatkan untuk Dero bersama kepala-kepala OPD dan masyarakat. Selanjutnya mengunjungi tempat dilaksanakannya Posyandu Lansia. Bupati Poso memberikan motivasi agar para Lansia selalu menjaga kesehatan serta melakukan sesuatu hal yang masih bisa dilakukan. Bupati Poso memberikan tantangan bagi para Lansia untuk membawakan cerita rakyat/dongeng daerah Poso serta bernyanyi. Bagi lansia yang berhasil, Bupati Poso langsung mmberikan hadiah kepada mereka. Masih diwilayah Kecamatan Pamona Puselemba, Bupati Poso bersama rombongan melakukan kunjungan di desa Wera untuk melihat sarana penggilingan padi serta melihat lokasi didalam lingkungan air terjun Saluopa dengan menekankan bahwa didalam lokasi air terjun tidak dapat dibuat tempat hunian permanen karena akan merusak alam. //ca’/pul

alt


alt

Pembukaan Festival Pesona Danau Tektonik Poso (FPDTP) ke-20 tahun 2017 dan Festival Budaya Daerah (FBD) ke-11

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu membuka secara resmi Festival Pesona Danau Tektonik Poso (FPDTP) ke-20 tahun 2017 dan Festival Budaya Daerah (FBD) ke-11 ditandai dengan pemukulan gong bertempat di anjungan wisata kota wisata tentena kabupaten poso, 5/11/17. Hadir dalam kegiatan tersebut ketua BPK perwakilan sulawesi tengah, ditjen kebudayaan kementerian pendidikan dan kebudayaan RI Drs. Yunus Arbi, MA, ketua DPRD provinsi sulawesi tengah yang diwakili oleh Wiwid Kurniawati, forum koordinasi pimpinan daerah provinsi sulawesi tengah dan kabupaten poso, sekretaris daerah kabupaten sigi, asisten pemerintahan dan kesra setda kota palu, ketua umum majelis sinode GKST, pimpinan komisi V DPR RI H. Muhifin Moh. Said, Anggota DPR RI dr. Verna Inkiriwang, para kepala OPD, para camat, kepala desa, lurah sekabupaten poso, tokoh agama, tokoh perempuan, tokoh adat, tokoh pemuda, para kepala sekolah bersama dewan guru, siswa-siswi serta undangan lainnya.
Dalam laporan ketua panitia Drs. Joksan Lakuka memyampaikan dalam acara pembukaan dari rangkaian tiga even yang dilaksanakan secara bersama-sana yaitu FBD, FPDTP serta tour de central celebes (TdCC) yang akan digelar dari tanggal 5 sampai dengan 7 november 2017, dari keyiga rangkaian acara tersebut panitia didukung oleh pihak sponsor yang mendatangkan artis-artis ibukota yang akan tampil menghibur masyarakat posi dalam acara hiburan rakyat yaitu group band ungu, NTT vouce dan Mita Talahatu yang akan tampil minggu malam serta group band slank yang akan tampil dalam penutupan senin malam.
Sementara ditempat yang sama Bupati Poso dalam sambutannya menyampaikan pelaksanaan FBD dan FPDTP tahun 2017 patut bersyukur dan berbangga karena kegistan ini juga dirangkaikan beberapa agenda penting yang berskala lokal, regional, nasional bahkan internasional antara lain TdCC, apel akbar pemuda seindonesia, reuni akbar orang poso serta kegiatan penting yang menarik lainnya yang akan dipersembahkan untuk masyarakat poso, masyarakat sulawesi tengah bahkan masyarakat indonesia dan dunia "dari poso untuk indonesia dan dunia".
Darmin Agustinus Sigilipu juga katakan bahwa even FBD dan FPDTP telah menjadi kalender daerah dan nasional tahunan juga sudah dikenal sampai di mancanegara sehingga pelaksanaannya dari tahun ketahun harus kita tingkat kualitasnya terutama tujuan untuk melestarikan budaya-budaya yang ada di daerah dapat dikemas dengan baik menjadi sebuah alternatif psket budaya wisata yang mempedona bagi para calon wisatawan yang datang berkunjung ke sulawesi tengah khususnya di kabupaten poso.
Diakhir sambutannya Bupati Poso berharap sgar pelaksanaan FBD dan FPDTP tahun ini menjadi momentum bersama seluruh elemen masyarakat poso untuk terus bersatu bergandengan tangan, berkarya demi tanah poso yang lebih baik, yang lebih maju dan mideren agar dapat sejajar dengan daerah lainnta di indonesia dan mengajak kepada seluruh masyarakar poso agar lebih meningkatkan kinerja sesuai bidang tugas dan profesi masing-masing berkreasi dan berinovasi menciptakan karya dan prestasi untuk dipersembahkan bagi daerah tercinta yang tengah berbenah menapak hari esok yang cemerlang.
Kegiatan ini berjalan dengan meriah dan sukses, meskipun ditengah guyuran hujan yang deras, antusias masyarakat, peserta devile dan para penari masal tetap semangat. Dalam kegiatan ini ditampilkan juga beberapa lomba diantaranya lomba solo dan penobatan putra-putri ongga bale tahun 2017. //ca’/pul

alt

alt

alt

Penutupan Pesona Budaya Dan Pariwisata Dan Pekan Olah Raga Pelajar Daerah (POPDA) ke-XVI Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah

Penutupan Pesona Budaya Dan Pariwisata Dan Pekan Olah Raga Pelajar Daerah (POPDA) ke-XVI Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2017 yang dilaksanakan di kabupaten poso berlangsung dengan hikmat, tertib dan aman, dalam kegiatan tersebut ditampilkan atraksi parade budaya daerah dari kabupaten buol dan atraksi parade lagu daerah yang dikolaborasikan dengan tari dan musik tradisional dari kabupaten poso dan juga dimeriahkan oleh artis ibu kota beby zu, ayi aidol junior dan isak malewa, bertempat di lapangan sintuwu maroso poso, jumat malam 12/05/17, kegiatan pesona budaya dan pariwisata dan pekan olah raga pelajar daerah ke-XVI tingkat provinsi sulawesi tengah dihadiri oleh Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si, Wadan Kolaops Tinombala Kol. Inf. Lubis, dan Satgaspur TNI tinombala Kol. Inf. Purba, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Poso, kepala dinas pariwisata provinsi sulawesi tengah H. Ardiansyah, S.Pd, M.Si, para pimpinan OPD kabupaten/kota terkait se sulawesi tengah, instansi vertikal, BUMN/BUMD, pemerhati seni budaya dan olah raga, tokoh adat, tokoh pemuda, organisasi perempuan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para peserta kontingen kabupaten/kota se sulawesi tengah bahkan seluruh warga masyarakat kabupaten poso dengan antusiasnya menyaksikan penutupan kegiatan tersebut.

Sementara Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu secara langsung membacakan sambutan tertulis Gubernur Sulawesi Tengah menyampaikan pemerintah provinsi sulawesi tengah sangat bangga akan kesuksesan penyelenggaraan ajang seni budaya dan POPDA yang dilaksanakan di bumi sintuwu maroso kota poso yang telah memberikan kesan dan prestasi yang membanggakan, hal ini sejalan dengan tema yaitu pesona budaya merajut kebersamaan membangun pariwisata berdaya saing agar sulawesi tengah lebih maju, mandiri dan mampu berdaya saing disemua bidang termasuk seni budaya dan bidang olah raga. Darmin Agustinus Sigilipu juga mengatakan dengan berakhirnya pesona budaya dan pariwisata serta POPDA telah memberikan ruang bagi masyarakat untuk terus berkarya , berpartisipasi dalam menuangkan kreativitasnya,memberikan yang terbaik pada pesona budaya dan pariwisata juga diajang POPDA sudah tentu diberikan penghargaan dan kiranya dapat dimanfaatkan dan digunakan dengan sebaik-baiknya. Diakhir sambutannya Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu mengatakan bagi yang belum meraih terbaik atau juara itu bukan suatu kegagalan akan tetapi sebagai motivasi untuk lebih giat lagi berlatih sebab kekecewaan itu hanya membuat kemunduran semangat kalian untuk berkarya, jadikan kegagalan itu sebagai sumber semangat agar mau berbuat, memperbaiki kesalahan karena kuncinya adalah belajar dan berlatih.


Penyerahan piagam penghargaan berupa plakat dan bonus dari pemerintah provinsi sulawesi tengah dalam hal ini dinas pariwisata provinsi sulawesi tengah diserahkan langsung oleh Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu , Wakil.Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si, wadan kolaops tinombala kol. inf. Lubis, dansatgaspur TNI tinombala kol. inf. Purba, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Poso dan kepala dinas pariwisata provinsi sulawesi tengah H. Ardiansyah, S.Pd. M.Si kepada kabupaten/kota yang telah turut berperan pada suksesnya kegiatan pesona budaya dan pariwisata ke-XVI tingkat provinsi sulawesi tengah tahun 2017 dan penyerahan piala bergilir gubernur sulawesi tengah yang diserahkan langsung bupati poso Darmin Agustinus Sigilipu kepada kontingen kota palu sebagai juara umum POPDA ke-XVI tingkat provinsi sulawesi tengah tahun 2017, dan penyerahan piagam penghargaan dan bonus kepada pemenang film pendek dari beberapa komunitas, sekolah dan universitas yang ada di kabupaten poso yang disponsori oleh rumah katu juara 3 diraih oleh pamona present dari tentena, juara 2 diraih oleh multi media inside dari poso pesisir dan juara 1 diraih oleh poltekes production dari poso kota. kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan bendera pataka oleh gubernur sulawesi tengah yang diwakili bupati poso Darmin Agustinus Sigilipu kepada kabupaten toli-toli sebagai tuan rumah pelaksanaan pekan olah raga pelajar daerah ke-XVII tingkat provinsi sulawesi tengah tahun 2018. //ca’/pulaltaltalt

PEMBUKAAN PESONA BUDAYA DAN PARIWISATA DAERAH DAN PEKAN OLAH RAGA PELAJAR DAERAH (POPDA) KE XVI SE-SULAWESI TENGAH TAHUN 2017

Pembukaan pesona budaya dan pariwisata daerah dan pekan olah raga pelajar daerah (POPDA) ke XVI se sulawesi tengah tahun 2017 dibuka secara langsung Gubernur Sulawesi Tengah yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Moh. Arif Latjuba ditandai dengan pemukulan gong oleh Kementerian Pariwisata RI Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Dan Industri Pariwisata, Dadang Rizki Ratman yang dilaksanakan di kabupaten poso berlangsung dengan lancar, aman, tertib dan meriah bertempat di lapangan sintuwu maroso, pada Rabu (10/05/27).

altaltaltaltalt


Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu dalam sambutannya mengucapkan selamat datang di kabupaten poso yang telah menginjakan kaki di bumi sintuwu maroso untuk melihat keindahan panorama alam dengan berbagai destinasi wisatanya yang sudah terkenal di dunia seperti danau poso yang eksotik, padang marari yang indah, wilayah dataran lore yang dikenal dengan seribu patung megalit, taman anggrek bancea dengan anggrek hitamnya, pantai pasir siuri, air terjun saluopa yang bertingkat-tingkat, wisata laut dan pemancingan lalanga dan masih banyak lagi yang lainnya apalagi ditambah dengan keramahan orang-orang poso yang sudah dikenal dengan zaman peradaban warisan budaya masa lalu yang selalu menganggap tamu adalah raja yang harus dihormati dan dilayani dengan baik, penuh keramahan dan sopan santun.


Bupati Poso juga mengatakan bahwa kegiatan kali ini juga dirangkaikan bersamaan dengan pekan olah raga pelajar daerah (POPDA) se-sulawesi tengah dimana merupakan salah satu pilar pembinaan olah raga yang akan melahirkan atlit-atlit berbakat dan berprestasi ditingkat daerah maupun nasional.


Diakhir sambutannya Bupati Poso menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh partisipan dan pemerintah daerah provinsi sulawesi tengah yang memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada kabupaten poso untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan dua kegiatan se-sulawesi tengah sekaligus.

Bupati Poso Melepas Pawai Karnaval Budaya Dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Tengah Ke-XVI

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu secara resmi melepas puluhan kendaraan hias pada pawai dan karnaval budaya dan pariwisata sebagai rangkaian kegiatan Pesona Budaya dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Tengah XVI tahun 2017 di Poso yang dirangkaikan dengan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) ke-16  dilapangan Sintuwu Maroso Poso, Pada Selasa, ( 09/05/17).

Dalam Sambutannya Bupati menyampaikan kegiatan ini merupakan momentum dan kesempatan bagi semua peserta untuk berpartisipasi memeriahkan dan mengikuti event dalam rangkaian promosi budaya dan pariwisata daerah dan POPDA ke-16 di Poso, selaku tuan rumah Bupati Poso memberikan apresiasi yang tinggi kepada para utusan kabupaten/kota, OPD, kelompok etnis, pelajar, para seniman, budayawan yang telah berkarya dengan maksimal untuk ikut serta memeriahkan dua rangkaian kegiatan ini.

Menurut Bupati Poso, keberhasilan suatu daerah dalam membangun pariwisata bukan hanya tugas pemerintah tetapi menjadi tugas dan peran dari semua pihak, sehingga dapat membuka ruang dan memberi kesempatan kepada masyarakat luas untuk berkarya dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan pendapatan masyarakat disektor pariwisata.

Menurutnya dengan moto “Sintuwu Maroso” yang dipadu dengan tema “Budaya Merajut Kebersamaan Membangun Pariwisata Berdaya Saing”, tidak akan dapat dilepas atau dipisahkan oleh siapapun demi kemajuan daerah yang kita cintai ini.

Sementara itu Kepala Dinas pariwisata Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, H. Ardiansyah, .S.Pd, M.Si, dalam laporannya menyampaikan bahwa pelaksanaan Pawai Karnaval Budaya ini merupakan rangkaian materi dari Acara Pesona Budaya dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Tengah ke-16.

Rencananya acara pekan budaya dan pariwisata ini di buka secara resmi pada Rabu pagi (10/5/17). Seluruh kegiatan dan olahraga dipusatkan di alun-alun Sintuwu Maroso Poso.

Pelepasan pawai karnaval budaya dan pariwisata dihadiri Pangdam XIII Merdeka Mayjen. TNI Ganip Warsito, Dansatgas Operasi Tinombala, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Poso, ketua-ketua kontingen dan peserta pawai karnaval budaya dan pariwisata serta undangan lainnya.

.//ca’/pul

altaltaltalt

Peresmikan Obyek Wisata Bahari - Rumah Pemancingan Lalanga 1

  Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu bersama rombongan menggunakan kapal motor nelayan 2016-73 menuju lalanga 1 dalam rangka meresmikan obyek wisata bahari - rumah pemancingan lalanga 1 di desa tumora kecamatan poso pesisir utara kabupaten poso ditandai dengan penandatanganan prasasti pada hari sabtu 8/4/13, dihadiri oleh Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Poso, Wakil Ketua DPRD kabupaten poso Suharto Kandar bersama anggota, komandan tempur khusus marinir M. Ali Wardana, Dansub Den Pom 1322 Poso I Gusti Nyoman Darmayasa, para pejabat dilingkungan pemerintah daerah kabupaten poso, unsur Tripika kecamatan poso pesisir utara serta warga masyarakat desa tumora. Wisata bahari ini berada di tengah laut dikelilingi oleh bebatuan karang sepanjang mata memandang yang merupakan salah satu spot mancing andalan yang berada di kabupaten poso dan secara geografis dan administratif wisata bahari ini berada di desa tumora kecamatan poso pesisir utara kabupaten poso.Rumah Pemancingan Lalanga1 ini dibangun dengan tujuan untuk memanjakan para pemancing-pemancing local maupun wisatawan para pemancing dari luar,sebagai tempat peristirahatan sekaligus tempat menikmati pemandangan bahari Lalanga 1 yang begitu indah.//ca’/pul

altaltaltalt

1 Abad Usia Desa Dulumai

  Masyarakat desa Dulumai merayakan Perayaan hari ulang tahun Desa Dulumai yang ke-100 tahun dengan sederhana namun hikmat bertempat di desa Dulumai , Kecamatan Pamona Puselemba, Kabupaten Poso Sabtu,14 januari 2017 yang di hadiri oleh Bupati Poso, Darmin Agustinus Sigilipu dan wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si, Kapolres Poso, para pimpinan SKPD, tokoh agama,tokoh masyarakat serta undangan lainnya.

 Momentum hut ke-100 desa dulumai bagi kita semua tentunya menjadi refleksi kembali tentang sejarah perjuangan para pendahulu, nenek moyang dan leluhur kita yang telah mendirikan dan melestarikan perkampungan dulumai satu abad yang lampau sehingga masih dapat berdiri kokoh sampai sekarang ini.Perjalanan panjang sejarah yang telah dilalui pemerintah dan warga masyarakat desa dulumai menjadi catatan sendiri untuk dikisahkan kepada orang-orang luar, bahwa desa dulumai yang asri dan indah dengan dilatari panorama pesisir danau poso yang menakjubkan, menjadi daya tarik bagi siapa saja yang ingin mengunjungi desa dulumai untuk dijadikan salah satu tempat destinasi wisata di kabupaten poso. Untuk itu pemerintah daerah mengajak kepada warga masyarakat desa dulumai bersama seluruh stakeholder yang ada di desa ini untuk secara bersama-sama tetap menjaga kelestarian lingkungan hidup sekitar danau poso agar ekosistem dan keindahan alam desa dulumai tetap terpelihara dengan baik. Pemerintah daerah terus berupaya mendorong peningkatan pendapatan masyarakat desa dulumai melalui sektor pariwisata sehingga masyarakat desa dulumai lebih sejahtera.

  Dalam sambutannya Bupati Poso menghimbau kepada masyarakat bersama pemerintah desa dulumai harus bersinergi dengan pemerintah daerah didalam mendukung berbagai program pembangunan dan kebijakan lainnya untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi yang dimulai dari desa ke desa agar memberi kontribusi untuk mendongkrak pendapatan asli daerah kabupaten poso.

   Melalui perayaan hari ulang tahun desa dulumai ini, Bupati Poso mengajak kepada seluruh masyarakat desa dulumai pada khususnya serta masyarakat kecamatan pamona puselemba pada umumnya untuk terus memberikan kontribusi yang berharga bagi pemerintah daerah dengan terus mendukung kegiatan penyelenggaran pemerintahan, pembangunan dan kegiatan sosial kemasyarakatan, sehingga apa yang kita cita-citakan melalui program-program yang telah ditetapkan, dapat kita wujudkan bersama dalam waktu yang tidak begitu lama. Sehingga kabupaten poso cerdas dapat dinikmati seluruh masyarakat Kabupaten Poso./ca'/Pul

altaltalt

Penutupan Festival Pesona Danau Tektonik Poso ke-19 Meriah

altaltalt

Tentena_Selama empat hari panggung Festival Pesona Danau Tektonik Poso atau FDP ke-19 menampilkan berbagai atraksi sajian festival dengan kemasan menarik. Mulai dari pertunjukkan atraksi budaya, kesenian dan pertandingan olah raga disekitar Danau Poso dan telah menyita banyak pengunjung dari berbagai daerah.


Bahkan Penutupan Festival Pesona Danau Tektonik Poso yang berlangsung Sabtu Malam (5/11/16) di Lokasi FDP tepian Danau Poso Tentena oleh Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu yang diperkirakan dihadiri tidak kurang dari 10 ribuan penonton memadati area festival sejak siang hari.

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu menutup kegiatan tersebut memuji dan mengapresiasi seluruh kerja panitia serta masyarakat dan stakeholder lainnya yang turut berpartisipasi mensukseskan penyelenggaraan festival yang paling meriah sepanjang pelaksanaan fdp di Poso. Bupati juga mengungkapkan sukses pelaksanaan fdp memberikan gambaran bahwa Daerah Poso memiliki potensi budaya dan kesenian serta destinasi obyek wisata yang indah dan mengagumkan bisa dekemas sebagi paket wisata menarik untuk dipasarkan di dunia Internasional.

Kemeriahan penutupan festival juga ditandai dengan pesta kembang api, pelepasan lampion, serta hiburan artis ibu kota. Turut hadir dalam penutupan festival tersebut Wakil Bupati Poso Ir, Samsuri, M.Si bersama ibu,  Ketua DPRD Poso Ellen Ester Pelealu, SE, rekan FKPD Poso, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan wanita serta beberapa tamu dari Jakarta, Palu dan Kabupaten tetangga lainnya