Sel10212014

Last update09:52:47 PM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel

Back BARUGA BARUGA Sosial Budaya Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke IX

Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke IX

Poso, (Tentena) – Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke IX yang dilaksanakan di Kecamatan Pamona Puselemba tepatnya di Desa Buyumpondoli, juga dilangsungkan dengan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 40 dan pembukaan Kemah Kerja Perdamaian – PM tingkat Kabupaten Poso.

Pelaksanaan BBGRM adalah merupakan suatu tujuan untuk masyarakat dengan dukungan dari instansi pemerintah dan lembaga non pemerintah serta dengan melibatkan semua elemen masyarakat dan lembaga-lembaga yang ada di desa dan kelurahan yang merupakan bagian dari nilai-nilai budaya bangsa yang tumbuh dan berkembang dalam kehidupan masyarakat. “Bulan bhakti gotong royong masyarakat dilaksanakan di setiap desa/kelurahan selama satu bulan dan sepanjang tahun melalui kegiatan fisik dan non fisik,” jelas ketua panitia pelaksana melalui laporan panitia oleh Kaban PMPD Kabupaten Poso Drs Jefferson Gaibu.
BBGRM yang dilatarbelakangi sebagai pengembangan dan pelestarian nilai budaya baik dari kegiatan fisik maupun non fisik, yang diperuntukan kepada masyarakat sebagai aktifitas dalam menjalankan kegotong royongan secara bersama-sama. “Beberapa kegiatan yang dilaksanakan dalam kegiatan ini, diantaranya penyuluhan dan sosialisasi, pelayanan KB, kemah kerja perdamaian PNPM-MP, lomba dan pameran,” tambah Kaban PMPD.


Wakil Bupati Poso Samsuri M.Si dalam sambutan Bupati Poso mengatakan, pelaksanaan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat, Hari Kesatuan Gerak PKK, dan pembukaan Kemah Kerja Perdamaian – PM tingkat Kabupaten Poso merupakan sebuah kegiatan yang positif dan bermanfaat untuk masyarakat maupun untuk pemerintah, sebab kegiatan ini adalah dapat menyatukan masyarakat dan pembederdayaan masyarakat melalui aktifitas kegotong royongan dari berbagai penduduk desa di setiap kecamatan yang ada di kabupaten Poso. “Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. Intinya untuk kepentingan masyarakat dan desa di Buyumpondoli,” harap Wabup Samsuri.
Dikatakan Wabup Samsuri, bahwa kegiatan Hari Kesatuan Gerak PKK yang dirangkaikan dengan BBGRM secara nasional telah dilaksanakan di Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur pada tanggal 22 Mei kemarin (2012), dan untuk forum propinsi dipilih di Desa Urundata, Kabupaten Tojo Una-Una, yang dilaksanakan pada tanggal 29 Mei 2012.


Dicanangkan kegiatan ini, ditambahkan wabup, bahwa dengan kegiatan kegotong royongan di seluruh wilayah bisa digerakan kembali, karena momen gotong royong diistimewakan dengan diperingati dengan hari gerak kesatuan PKK dan BBGRM. “Kegotong royongan ini merupakan warisan nenek moyang kita sejak dahulu kala yang perlu dilestarikan dan dikembangkan, sebab kegotong royongan ini berdimensi pada pemberdayaan masyarakat,” tambah Wabup.
Pada kegiatan ini juga Wabup Samsuri mengunjungi dan meresmikan program bedah rumah di Desa Buyumpondoli, sekaligus melantik kembali Kades Buyumpondoli Tande Patunde dengan masa bhakti 2012 – 2018